The Initiatives to Strengthen Teachers' Online Learning Skills During the Covid-19 Pandemic
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agung, I. (2012). Menghasilkan Guru Kompeten dan Profesional. Jakarta : Bee Media Indonesia.
Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta
Basori, B. (2017). Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Media E-Learning Pada Perkuliahan Body Otomotif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 7(2), 39–45. https://doi.org/10.20961/jiptek.v7i2.12 722.
Darmalaksana, W. (2020). WhatsApp Kuliah Mobile . Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Enriquez, M. A. S. (2014). Students ’ Perceptions on the Effectiveness of the Use of Edmodo as a Supplementary Tool for Learning. DLSU Research Congress. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Fadli, A., Suharno, S., & Musadad, A. A. (2017). Deskripsi Analisis Kebutuhan Media Pembelajaran Berbasis Role Play Game Education untuk Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.
Gikas, J., & Grant, M. M. (2013). Mobile computing devices in higher education: Student perspectives on learning with cellphones, smartphones & social media. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016/jjheduc.2013.06.002
Hamzah dan Nurdin (2011). Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksar
Hidayatullah, Muhammad Syarif. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berba sis Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Sampang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 83-88.
He, W., Xu, G., & Kruck, S. (2014). Online IS education for the 21st Century . Journal of Information Systems Education.
Iftakhar, S. (2016). Google Classroom: What Works and How? Journal of Education and Social Sciences
Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Indonesian Language Education and Literature, 03, 102.
Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and elearning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j. sbspro.2011.04.029
Kumar, V., & Nanda, P. (2018). Social Media in Higher Education. International Journal of Information and Communication Technology Education. https://doi.org/10.4018/ijicte.2019010107
Kemdikbud RI. (2020). Pedoman Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Covid-19
Molinda, M. (2005), Instructional Technology and Media for Learning New Jersey Colombus, Ohio
Nuroifah, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Materi Sistem
Ekskresi Siswa Kelas XI SMAN1 Dawarblandong Mojokerto. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 1(1).
Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155-165.
Niarsa dan Aditya. (2013). Studi kompetensi guru dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komonikasi (TIK) di SD NEGERI 01 Ledok Kecematan Sambong Kabupaten Blora. jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan UNS Semarang.
Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).
Oknisih, N., & Suyoto, S. (2019). Penggunaan Aplen (Aplikasi Online) Sebagai Upaya Kemandirian Belajar Siswa. In SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR (Vol. 1, No. 01).
Sicat, A. S. (2015). Enhancing College Students’ Proficiency in Business Writing Via Schoology. International Journal of Education and Research.
So, S. (2016). Mobile instant messaging support for teaching and learning in higher education. Internet and Higher Education. https://doi.org/10.1016Zj.iheduc.2016.06.001
Sun, S. Y. H. (2014). Learner perspectives on fully online language learning.
Distance Education. https://doi.org/10.1080/01587919.2014.891428
Sobron, A. N., & Bayu, R. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar Ipa. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam dan Multikulturalisme, 1(2), 30-38.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Usman Husaini. (2013). Manajemen Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara.
Yusrizal. (2017). Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Sd Negeri 16 Banda Aceh Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Volume 2 Nomor 2, 126- 134.
Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker, J. F. (2004). Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM. https://doi.org/10.1145/986213.986216
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.883
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Tengku Muhammad Sahudra, Raja Novi Ariska, Nursamsu
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.