Analyzing the Relationship Between Education Budget Allocation and Gross Participation Rate in West Java (2018–2022)
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiputri, R. D. (2023, December 11). PISA 2022 dan refleksi pendidikan Indonesia. Kompas.com. https://www.kompas.id/baca/opini/2023/12/10/pisa-2022-dan-refleksi-pendidikan-indonesia
Baltagi, B. H. (2005). Econometric analysis of panel data (3rd ed.). Antony Rowe Ltd.
Badan Pemeriksa Keuangan. (2019). Laporan hasil pemeriksaan atas pengelolaan anggaran pendidikan di Jawa Barat.
Badan Pusat Statistik. (2024, December 2). Angka partisipasi kasar (APK) menurut provinsi dan jenjang pendidikan. https://www.bps.go.id/id/statistics-table/2/MzAzIzI=/angka-partisipasi-kasar--apk--menurut-provinsi-dan-jenjang-pendidikan.html
Damayanti, F., Vivien, H., Situmorang, M., Trianung, T., Management, E., & Vivien Management, H. (2023). The problem of education in Indonesia: Is the independent curriculum the solution? Scholar: Educational Scientific Journal Media, 13(5).
Hasanah, Y. H. (2023). Hubungan tingkat persentase alokasi anggaran pendidikan dengan tingkat persentase angka partisipasi kasar pendidikan di Jawa Barat pada tahun 2018–2021 [Undergraduate thesis, Universitas Pasundan]. http://repository.unpas.ac.id/67372/
Hendajany, N., & Rizal, D. (2023). Analisis ketimpangan pendidikan di Jawa Barat dengan model imbal jasa pendidikan. Ekono Insentif, 17(2), 123–134. https://doi.org/10.36787/jei.v17i2.1183
Lamere, M. (2024). Dampak otonomi khusus pada pembangunan ekonomi di Papua. Journal of Governance and Local Politics (JGLP). https://journal.unpacti.ac.id/index.php/JGLP/article/download/1548/875/
Lubis, B. R. (2024, June 11). Provinsi paling mandiri di Indonesia. GoodStats. https://goodstats.id/infographic/provinsi-paling-mandiri-di-indonesia-dKTSi
Mardiasmo. (2018). Akuntansi sektor publik. Andi.
Mauludi, D. R. (2023). Bentuk penanggulangan tindak pidana korupsi dana BOS oleh tenaga kependidikan di lingkungan sekolah berdasarkan perspektif kriminologi [Undergraduate thesis, Universitas Pasundan]. http://repository.unpas.ac.id/67409/
Arromy, M. M., Gunawan, A., Bachtiar, M., & Fauzi, A. (2023). The effect of human resource management and principal leadership on improving the quality of education. Daengku: Journal of Humanities and Social Sciences Innovation, 3(1), 97–109. https://doi.org/10.35877/454ri.daengku1418
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Neraca pendidikan daerah. https://npd.kemdikbud.go.id/
QS World University Rankings. (2025). QS world university rankings. IDP Hotcourses. https://www.hotcourses.co.id/study/rankings/qs-world.html
Safira, N., & Wibowo, Y. H. (2021). Angka partisipasi kasar dan angka partisipasi murni sebagai indikator keberhasilan pendidikan Indonesia. Pakar: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 19(2). http://pakar.pkm.unp.ac.id
Savitri, C., Faddila, S. P., Irmawartini, Iswari, H. R., Anam, C., Syah, S., Mulyani, S. R., Sihombing, P. R., Kismawadi, E. R., Pujianto, A., Mulyati, A., Astuti, Y., Adinugroho, W. C., Imanuddin, R., Kristia, Nuraini, A., & Siregar, M. T. (2021). Statistik multivariat dalam riset. Widina Bhakti Persada.
Sudarmono, S., Hasibuan, L., & Us, K. A. (2021). Pembiayaan pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1). https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1
Suncaka, E. (2023). Meninjau permasalahan rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia. UNISAN Jurnal, 36–49. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/unisanjournal
Sutriyani, S. (2023). Sistem e-budgeting dalam meningkatkan akuntabilitas: Perspektif Maqashid Syari’ah. Jurnal Ekonomi Syariah dan Keuangan Islam, 4(2), 513.
Tarigan, R. A., Saptono, A., & Muchtar, S. (2023). Enhancing Indonesia’s education quality: Identifying and addressing key challenges. International Symposium on Character Building and Education Management (ISC-BEAM). https://doi.org/10.21009/ISC-BEAM.011.47
Tobing, J. N. H. L. (2022). Efektivitas alokasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) bagi pelayanan publik pada bidang pendidikan di Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimantan Barat [Undergraduate thesis, Institut Pendidikan Dalam Negeri]. http://eprints.ipdn.ac.id/7737/
Wooldridge, J. M. (2002). Econometric analysis of cross section and panel data. MIT Press.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i3.7395
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Saiful Almujab, Yosi Hurifatul Hasanah
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.