Exploring the Link Between Emotional Intelligence and Mathematical Problem-Solving Skills Among Grade V Elementary Students in Kepanjen Sub-district
Abstract
Keywords
References
Anglim, J., Dunlop, P. D., Wee, S., Horwood, S., Wood, J. K., & Marty, A. (2022). Personality and intelligence: A meta-analysis. Psychological Bulletin, 148(5–6), 301–336. https://doi.org/10.1037/bul0000373
DIKDASMEN. (2019). Silabus sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah (SD/MI) kurikulum 2013 revisi 2017 matematika kelas 5: Pendidikan penguatan karakter.
Goleman, D. (2018). Emotional intelligence: Kecerdasan emosional. Jakarta: PT Gramedia.
Hilbe, J. M. (2014). Modeling count data. Cambridge, UK: Cambridge University Press.
In’am, A. (2014). The implementation of the Polya method in solving Euclidean geometry problems. International Education Studies, 7(7), 149–158. https://doi.org/10.5539/ies.v7n7p149
MacCann, C., Jiang, Y., Brown, L. E. R., Double, K. S., Bucich, M., & Minbashian, A. (2019). Emotional intelligence predicts academic performance: A meta-analysis. Psychological Bulletin. https://doi.org/10.1037/bul0000219
Mahmudah, & Lestariningsih. (2018). Profil kemampuan siswa dalam memecahkan masalah fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Mayer, J. D., Salovey, P., Caruso, D. R., & Taylor, P. (2012). Emotional intelligence: Theory, findings, and implications. 15(3), 197–215.
Pehkonen, E., Choe, Y. H., Cai, J., Ishida, J., Stacey, K., Yabe, T., & Nohda, N. (2004). TSG 11: Problem solving in mathematics education. In Proceedings of the Ninth International Congress on Mathematical Education. https://doi.org/10.1007/978-94-010-9046-9_81
Pekrun, R. (2014). Educational practices series – 24.
Priyatno, D. (2018). SPSS: Panduan mudah olah data bagi mahasiswa dan umum. Yogyakarta: ANDI.
R, Inda I., Ahmad, Y., & N, Y. (2019). Hubungan kecerdasan emosional terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah I Remu Kota Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 1(1), 23–28. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v1i1.310
Rahma, F. W. (2017). Hubungan kecerdasan emosional dengan hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 4 Metro Pusat.
Riduwan. (2015). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.
Rospitasari, M., Hartoyo, A., & Nursangaji, A. (2017). Hubungan kecerdasan emosional dan kemampuan menyelesaikan masalah matematika siswa di SMP Bumi Khatulis. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 6(8), 1–12.
Sapitri, D. W. (2019). Korelasi kecerdasan emosional, kemampuan membaca pemahaman dan kemampuan penyelesaian masalah matematika siswa kelas V di MIN 1 Ponorogo tahun pelajaran 2018/2019.
Schukajlow, S., Rakoczy, K., & Pekrun, R. (2023). Emotions and motivation in mathematics education: Where we are today and where we need to go. ZDM - Mathematics Education, 55(2), 249–267. https://doi.org/10.1007/s11858-022-01463-2
Sudijono, A. (2018). Pengantar statistik pendidikan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Supriadi, D., Mardiyana, & Subanti, S. (2015). Analisis proses berpikir siswa kelas VIII SMP Al Azhar Syifa Budi tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(2), 204–214.
Suyani, Y. Y. (2019). Hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali tahun pelajaran 2018/2019.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i4.5911
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Tety Nur Cholifah
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.