The Effectiveness of the Value Clarification Technique in Learning History for High School Students in Bekasi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, I. N. N., & Suprianto, A. (2020). Permasalahan Pendidikan Di Indonesia. Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19. Malang: Universitas Negeri Malang. Retrieved from http://conference.um.ac.id/index.php/apfip/article/view/396
Akhwani, A., & Nurizka, R. (2021). Meta-Analisis Quasi Eksperimental Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 446–454. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.706
Dinata, T. P., & Reinita, R. (2020). Pendekatan Value Clarification Technique sebagai Upaya Penanaman Nilai Karakter dan Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu di SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1189–1202. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.584
Djahiri, A. K. (1985). Strategi pengajaran Afektif nilai-moral VCT dan games dalam VCT. Bandung: Penerbit Ganesha. Retrieved from https://www.semanticscholar.org/paper/Strategi-pengajaran-afektif-nilai-%0A%09moral-VCT-dan-VCT-Djahiri/538cad74f3d9961478994de6b8deee7432030dbc
Ekayani, N. W., Antara, P. A., & Suranata, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Karakter. Mimbar PGSD Undiksha, 7(3), 163–172. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i3.19386
Ermawati, E., Sofiarini, A., & Valen, A. (2021). Penerapan Model Value Clarifications Technique (VCT) pada Pembelajaran PKn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3541–3550. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1372
Isk, W. S., & Munastiwi, E. (2022). Implementasi Metode Value Clarification Technique pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(3), 1071–1714. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i3.938
Maulana, S. A. (2020). Peningkatan Nilai Karakter Disiplin Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar melalui Penerapan Model Value Clarification Technique. Didaktika Dwija Indria, 8(2). https://doi.org/10.20961/ddi.v8i03.39839
Muslim, A. (2020). Telaah Filsafat Pendidikan Esensialisme dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.33394/vis.v5i2.3359
Rispan, R., & Sudrajat, A. (2019). Integrasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal Kalosara dalam Pembelajaran Sejarah di SMA sebagai Penguatan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Sejarah, 8(2), 148–169. https://doi.org/10.21009/JPS.082.04
Rodiyana, R. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Vct (Value Clarification Technique) untuk Meningkatkan Sikap Demokratis Siswa Dalam Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1140
Rohmah, M., Zainuddin, M., & Untari, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique terhadap Nilai Kemandirian Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(10), 1473. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i10.14132
Sadono, M. Y., & Masruri, M. S. (2014). Keefektifan VCT dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Nilai Nasionalisme, Demokrasi, dan Multikultural. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 1(1). https://doi.org/10.21831/hsjpi.v1i1.2429
Sari, D. A. R. P., Tegeh, I. M., & Pudjawan, K. (2020). Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Microsoft Powerpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 183–195. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.29071
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan ( Kuantitatif,kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sulfemi, W. B., & Mayasari, N. (2019). Peranan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan, 20(1), 53–68. Retrieved from https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/view/235
Suryani, N. (2010). Implementasi Model Pembelajaran Kolaboratif untuk Meningkatkan Ketrampilan Sosial Siswa. Majalah Ilmiah Pembelajaran, 8(2). Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/mip/article/view/3654
Syaputra, E., Sariyatun, S., & Sunardi, S. (2018). The Strategy of Enhancing Student’s Social Awareness through History Learning Based on Selimbur Caye Oral Tradition Values. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 5(4), 22–29. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v5i4.161
Theofilus, P. (2019). Model pembelajaran value clarification technique (VCT). Riksa Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 5(2), 215–220. https://doi.org/10.17509/rb.v5i2.21759
Ula, R. Y., Sarikadi, S., & Badrujaman, A. (2021). The Effectiveness of Value Clarification Technique Learning Model on Students’ Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 54(1), 38–45. https://doi.org/10.23887/jpp.v54i1
Umami, R., Umamah, N., Sumardi, & Surya, R. A. (2021). Development of Historical Learning E-Module Based Value Clarification Technique (VCT). Jurnal Historica, 5(1), 19–36. Retrieved from https://repository.unej.ac.id/xmlui/bitstream/handle/123456789/111802/FKIP_JURNAL_Development of Historical Learning E-module Based Value Clarification Technique %28VCT%29.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Widiyarto, S., Mubasyira, M., Tiwinyanti, L., Sartono, L.N., Alifah, S & Pamungkas, A.D. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter dan Budi Pekerti melalui Metode Story Telling Bagi Guru Pondok Darunnadwah Cikarang - Bekasi. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(2), 222–227. https://doi.org/10.37859/jpumri.v4i2.2137
Widiyarto, S., Sunendar, D., Sumiyadi, & Permadi, T. (2023). Pengenalan Sastra untuk Siswa Taman Kanak-kanak (Studi Kasus pada Tradisi Gawai Dayak). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 467–478.
Yudiana, I. K. (2020). Effectiveness of Value Clarification Technique (VCT) in Learning History to Increase the Value Nationalism, Democracy, and Multiculturalism. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 3(1), 552–563. https://doi.org/10.33258/birle.v3i1.851
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3551
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Budi Purnomo, Sigit Widiyarto
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.