Assessing the Need for Disaster Mitigation-Based Textbooks in Indonesian Language Learning: A Study of Junior High Schools in Palu City
Abstract
Keywords
References
Angela, L., & Alfian, M. (2024). Islamic Values in Conservation Biology: Feasibility Analysis of a Religious-Integrated Textbook for Biology Education. Pedagogi Hayati, 8(1), 53-66.
Azhar, M., Wahyudi, H., & Yolanda, D. (2024). Integrasi teknologi dalam buku ajar: menyongsong keterampilan abad 21. Uluwwul Himmah Educational Research Journal, 1(1), 43-55.
Fitriani , AA (2023). Penerapan Simulasi Mitigasi Bencana dalam Pembelajaran IPS Terpadu untuk Meningkatkan Pengetahuan Kebencanaan Siswa Kelas VII di MTs Negeri 1 Pacitan tahun Ajaran 2021/2022 (Disertasi Doktor, IAIN Ponorogo).
Hariyono, H. (2023). Penggunaan teknologi augmented reality dalam pembelajaran ekonomi: Inovasi untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(11), 9040-9050.
Hasanah , KD, Wahab, DAS, Nawali, J., Savika, HI, & Yaqin , MZN (2024). Peran Dan Ragam Jenis Bahan Ajar ( Cetak Dan Non Cetak ) Yang Relevan Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Seni Budaya Di Sdi Surya Buana Malang. Ebtida ': Jurnal Pendidikan Dasar Islam , 5 (01), 361-378.
Huang, Z., Peng, L., Li, S., Wu, W., & Liu, F. (2024). Menentukan probabilitas rantai bencana geo dan cara mitigasi bencana: Perspektif meta-analitis. Ecological Indicators , 163 (Mei), 112074. https://doi.org/10.1016/j.ecolind.2024.112074
Johan , H. (2021). Integrasi Pendidikan Mitigasi Dalam Konten Pembelajaran Sains Sebagai Upaya Membangun Kesadaran Mitigasi Dari Jenjang Sekolah . Dharma Raflesia : Jurnal Ilmiah Pengembangan dan Penerapan IPTEKS , 19 (1), 186-196.
Kusnaeni , PBB, & Wardana, AE (2024). Pembelajaran Luar Ruangan Sebagai Alternatif Pembelajaran Mitigasi Bencana Di Sekolah Dasar. Penerbit EDUPEDIA , 1-116.
Ningsih , SD, Sayekti , IC, Susilawati , SA, & Pramudita , DA (2022). Analisis kebutuhan pengembangan e-Book mitigasi Bencana tanah longsor berbasis Android untuk cacat anak di Kabupaten Klaten . Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan , 9 (3), 277-287.
Nugrahani , F. (2017). Pendidikan Karakter melalui Pembelajaran bahasa Indonesia dengan Materi Membaca Novel Sastra. Edudikara : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran , 2 (2), 113-125.
Pohan , AE (2020). Konsep pembelajaran berbasis keberanian pendekatan ilmiah . Penerbit CV. Sarnu Untung.
Pratama, M. I. L., Yusuf, D., Rusiyah, R., Kobi, W., Pambudi, M. R., & Hendra, H. (2024). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Geografi Kebencanaan Berbasis Flip Book. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 8(4), 651-663.
Rustandi, A. (2021). Penerapan model ADDIE dalam pengembangan media pembelajaran di SMPN 22 Kota Samarinda. Jurnal Fasilkom, 11(2), 57-60.
Safitri , A., Rusmiati, MN, Fauziyyah, H., & Prihantini, P. (2022). Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai , 6 (2), 9333-9339.
Safitri, D. I. Pengembangan Digital Game Ular Tangga Mitigasi Bencana Dalam Pembelajaran Ipas Untuk Mengembangkan Literasi Mitigasi Bencana (Bachelor's thesis, (Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).
Samsiyah, N., & SD, S. P. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia: Di Sekolah Dasar Kelas Tinggi. CV. AE MEDIA GRAFIKA.
Sobari , T. (2012). Penerapan teknik siklus belajar dalam pembelajaran menulis laporan ilmiah berbasis vokasional. Semantik , 1 (1).
Sunarti , S., Rahmawati, S., & Wardani, S. (2016). Pengembangan game petualangan “si bolang” sebagai media pembelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Cakrawala Pendidikan , 35 (1).
Susetyo , S. (2023). Optimalisasi Peran Pembelajaran Bahasa Indonesia Untuk Menanamkan Wawasan Mitigasi Bencana. Dalam Prosiding Seminar Nasional PIBSI Ke-44 Yogyakarta (Vol. 1, No. 1, pp. 48-66).
Sylvia , ILA, SS, ST, Purwati, ST, Sriyami , Y., Th, S., & Rukiyem , ST (2021). Guru hebat di era milenial . Penerbit Adab.
Tyas , RA, Pujianto , P., & Suyanta , S. (2020). Evaluasi manajemen program sekolah siaga Bencana ( ssb ). Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan , 8 (1), 10-23.
Wang, J. (2024). Dampak bencana alam terhadap pendaftaran mahasiswa di program pendidikan tinggi: Tinjauan sistematis. Heliyon , 10 (6), e27705. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e27705
Wendo, ES, Wau, MP, & Noge, MDD (2022). Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis kearifan lokal ngada pada tema Selalu Berhemat Energi untuk siswa sekolah dasar kelas IV di Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan , 2 (1), 190-203.
Widayati , EF, & Pariyanti , P. (2020). Layanan Pengiriman Pustakawan Di Era New Normal. Pustakaloka , 12 (2), 152-170.
Yuniar, M. S., & Zuchdi, D. (2018). Pengembangan buku teks pembelajaran menulis teks nonsastra berbasis pendekatan proses. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(1), 106-113.
Yusmaniar, N., & Munawwarah, M. (2024). Pengembangan Media Disaster Mitigation Berbasis Digital untuk Pembelajaran Mitigasi Bencana. Aulad: Journal on Early Childhood, 7(3), 909-917.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i1.5996
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Ulfah, Juniati, Hasnur Ruslan, Nur Halifah
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.