Development of Research-Based Science Literacy Learning at State Madrasah Aliyah in Banda Aceh City
Abstract
Keywords
References
Amanah, N., & Hariyanto, W. (2022). Manajemen Literasi Sains Sebagai Upaya Mengukuhkan Budaya Menulis Karya Ilmiah Bagi Peserta Didik (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Darul Huda Ponorogo). Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 3(2), 263–276. https://doi.org/10.21154/sajiem.v3i2.113
Ardianti, R., Surahman, E., & Sujarwanto, E. (2022). Pengembangan Instrumen Penilaian Literasi Sains pada Bahasan Usaha dan Energi di Madrasah Aliyah. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 4(1), 9–14.
Asmaturisa, S., Ramadani, R., & Zebua, D. R. (2023). Tingkat Literasi Sains Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Kota Sungai Penuh. Natural Science, 9(1), 46–56.
Astuti, S. P. (2015). Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(1).
Irsan, I. (2021). Implemensi Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5631–5639.
Jauhar, S. (2018). Pengembangan bahan ajar IPS berbasis pendekatan Sains Teknologi Masyarakat (STM) untuk meningkatkan kreativitas siswa. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 1.
Maulinda, U. (2022). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Tarbawi, 5(2), 130–138.
Musfiqon. (2012). Pengembangan Media 7 Sumber Pembelajaran. Prestasi Pustakarya.
Nasrulloh, I., & Ismail, A. (2017). Analisis kebutuhan pembelajaran berbasis ICT. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 28–32.
Nurhanifah, A., & Diah Utami, R. (2023). Analisis Peran Guru dalam Pembudayaan Literasi Sains pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 463–479. https://doi.org/10.31949/jee.v6i2.5287
Parinduri, W. M., Lubis, R. R., Rambe, T. R., & Rambe, N. (2022). Development of Flipbook Based Smart Card Learning Media in Science Learning to Improve Student Learning Motivation Class III Elementary School. School Education Journal PGSD FIP Unimed, 12(3).
Ramadhan, A., & Siregar, B. (2020). Peningkatan Literasi Sains melalui Pembelajaran Berbasis Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri Kota Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Sains, 8(2), 105–117.
Ridwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Alfabeta.
Sanjaya, H. W. (2016). Media komunikasi pembelajaran. Prenada Media.
Sari, E. R., Haryadi S, E. F., & Lestari, N. (2022). Pembelajaran Kontekstual Untuk Melatih Kemampuan Literasi Sains Siswa. QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA Dan Aplikasinya, 2(1), 1–4. https://doi.org/10.46368/qjpia.v2i1.551
Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russell, J. D. (2014). Instructional technology & media for learning: Teknologi pembelajaran dan media untuk belajar. Prenada Media.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alphabet.
Sunantri, A., Suyatna, A., & Rosidin, U. (2016). Pengembangan modul pembelajaran menggunakan learning content development system materi usaha dan energi. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Lampung, 4(1), 116144.
Sutarno, & Al Jumadi, N. Z. (2022). Implementasi Pembelajaran Agama Islam Multiliterasi dalam Kurikulum Berbasis Riset Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 7(1), 106–125. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2022.vol7(1).9409
Wati, R. W. I., Lesmono, A. D., & Prastowo, S. H. B. (2019). Pengembangan modul fisika interaktif berbasis hots (high order thinking skill) untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa sma pada pokok bahasan suhu dan kalor. Jurnal Pembelajaran Fisika, 8(3), 202–207.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i3.5509
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muzakkar Usman, Jamaluddin Idris, Fakhri Yacob, Silahuddin Silahuddin
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.