Designing an Expert System for Evaluating Student Stress Levels: A Novel Instrument Using Backward and Forward Chaining Methods
Abstract
Keywords
References
Amalia. (2023). Perancangan Sitem Pakar untuk Mendiagnosa Tingkat Stress Belajar pada Siswa SMA dengan Menggunakan Metode Fordward Chaining. Design Journal, 1(1).
Amparore, E. G., & Donatelli, S. (2013). Backward solution of markov chains and markov regenerative processes: Formalization and applications. Electronic Notes in Theoretical Computer Science, 296, 7–26. https://doi.org/10.1016/j.entcs.2013.07.002
Andiarna, F. (2020). Gangguan Mental Emosional. In Jurnal Psikologi. PT. Intan Pariwara.
Apriliyani. (2022). Perbandingan Metode Forward Chaining dan Backward Chaining pada sistem pakar Identifikasi Gaya Belajar. Junal Informatika Dan Teknologi Komputer, 3(2).
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi (Edisi 2). Pustaka Pelajar.
Bakri. (2021). Pengaruh Stres Akademik dan Kecanduan Smartphone Terhadap Prokrastinasi Akademik. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(3).
Doni. (2023). Analisis Metode Backward Chaining pada Sistem Pakar: Systematic Literature Review. JURIHUM: Jurnal Inovasi Dan Humaniora, 1(1).
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2010). pplying Educational Research: How to Read, Do, and Use Research to Solve Problems of Practice (6th ed.). MA: Pearson.
Gaol, N. T. . (2016). Teori Stres: Stimulus, Respown, dan Transaksional. Buletin Psikologi, 24(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.22146/buspsi.11005
Greenberg, J. S. (2011). Comprehensive stress management (12th ed.). McGraw-Hill.
Ibrahim. (2021). Perbandingan Metode Forward Chaining dan Backward Chaining dalam Mendiagnosis Perkembangan Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Sistem Informasi Dan Teknologi (SISFOTEK).
Kuswanto, J. (2022). Penerapan Metode Backward Chaining pada Sistem Pakar untuk Mendiagnosis Penyakit Mata. Jurnal Sistem Informasi, 7(2), 112–122. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jsi.v7i2.11598
Lazarus, R. S., & Folkman, S. (1984). Stress, appraisal, and coping. Springer.
Lubis, A. R., Ramadhan, S., & Hasibuan, N. A. (2023). Identifikasi Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Dengan Metode Forward Chaining Dan Backward Chaining. Jurnal Teknik Informatika, 16(1), 41–52. https://doi.org/https://doi.org/10.15408/jti.v16i1.23369
Maisa. (2021). Hubungan Stres Akademik dengan Kualitas Tidur Mahasiswa Keperawatan Tingkat Akhir Program Alih Jenjang. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1).
Najib, A. (2022). Tingkat Stres Mahasiswa Dalam Penyusunan Skripsi: Sebuah Kajian Fenomenologi. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Konseling, 8(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/jpkk.v8i1.26041
Nur, H. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penyelesaian Studi Mahasiswa. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 5(2), 25–35. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jpt.v5i2.54675
Ramadhan, S. (2018). Implementasi Metode Forward Chaining Pada Sistem Pakar Untuk Mengidentifikasi Gangguan Kehamilan. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 5(3), 253–259. https://doi.org/https://doi.org/10.30865/jurikom.v5i3.1123
Ramanda. (2020). Stres Akademik Mahasiswa dalam Menyusun Skripsi di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal KOPASTA, 7(2).
Sahrul, Dafitri, H., & Sundari, S. (2022). Sistem Pakar Mendeteksi Tingkat Stres Mahasiswa Harapan dalam Penyusunan Skripsi Teknik Informatika dengan Menggunakan Metode Teorema Bayes. Syntax: Journal of Software Engineering, Computer Science and Information Technology, 2(2), 165–171. https://doi.org/10.46576/syntax.v2i2.1678
Setiawati, Y. (2023). Educational Research and Development Method. Dinamika Pendidikan, 16(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.51276/dp.v16i1.254
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.
Wahyudi. (2023). Systematic Literature Review: Analisis Diagnosa Penyakit Kulitpada Manusia dengan Menggunakan Metode Forward Chaining dan Backward Chaining. JURIHUM: Jurnal Inovasi Dan Humaniora, 1(1).
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i3.5466
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fadriati Fadriati, Adam Mudinillah
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.