Evaluating the Impact of the Pancasila Student Profile Project on Developing Student Competencies
Abstract
Keywords
References
Akademik Badan Standar, K., Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, dan, & Teknologi Republik Indonesia Edisi, dan. (2022). Kurikulum untuk Pemulihan Pembelajaran.
Anton, & Trisoni, R. (2022). Konstribusi Keterampilan 4c Terhadap Projek Penguatan Propil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka Afiliation: Corresponding email. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(3), 528–535. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i3.1895
Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH PENGGERAK. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78
Badan Standar, Kurikulum, dan A. P. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Dharmawan, D., & Irawan, D. (n.d.). THE IMPLEMENTATION OF THE REINFORCEMENT PROJECT OF PANCASILA LEARNER PROFILE AT ELEMENTARY SCHOOL.
Doni Ferdiansyah, & Honest Ummi Kaltsum. (2023). Teacher’s Strategy in Growing Student Creativity through the Pancasila Student Profile Strengthening Project. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(1), 46–54. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i1.55198
Dwiyani, N. A. A. S. W. (2023). implementasi P5 sebagai penguatan karakter. Jurnal Artefak, 10(2), 159–170.
Hariawan, R., & Tsamara, N. (n.d.). IMPLEMENTASI PROGRAM KEARIFAN LOKAL UNTUK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMKN 3 MATARAM. https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/visionary
Hidayati, A. N., & Wahyuni, A. (2023). Implementation of the project-based learning (PjBL) model in sharpening students’ critical thinking as an effort to strengthen the profile of Pancasila students. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 424. https://doi.org/10.29210/1202322929
Intan Maharani, A., & Arinda Putri, P. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. 1(2), 176–187. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.153
Kahfi, A. (2020). IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER SISWA DI SEKOLAH IMPLEMENTATION OF PANCASILA STUDENT PROFILE AND IMPLICATIONS FOR STUDENT CHARACTER AT SCHOOL.
Keguruan, J. P., Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, D. M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang.
Lestari, N. P., Khosiyono, B. H. C., Cahyani, B. H., & Nisa, A. F. (2023). Analisis Penerapan P5 Untuk Pembentukan Karakter Mandiri Pada Siswa Sd. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(03), 4091–4097.
Luthfia, R. A., Dewi, D. A., Furnamasari, Y. F., Indonesia, P., Cibiru, K. D., & Barat, J. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Tema Kewirausahaan dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa ( Penelitian Mixed method terhadap Siswa Kelas IV SD Negeri Jamali ). PENDAHULUAN Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 6943–6952.
Maruti, E. S., Malawi, I., Hanif, M., Budyartati, S., Huda, N., Kusuma, W., & Khoironi, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Jenjang Sekolah Dasar. 2(2), 85–90. https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ
Muktamar, A., Yusri, H., Reski Amalia, B., Esse, I., & Ramadhani, S. (2024). Transformasi Pendidikan: Menyelami Penerapan Proyek P5 untuk Membentuk Karakter Siswa. Journal of International Multidisciplinary Research, 2(2), 5. https://journal.banjaresepacific.com/index.php/jimr
Nafaridah, T., Maulidia, L., Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang, M., Maya Kesumasari, E., Lambung Mangkurat Jl Brig Jend Hasan Basri, U., & Banjarmasin, K. (n.d.). Analisis Kegiatan P5 sebagai Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kurikulum Merdeka Era Digital di SMA Negeri 2 Banjarmasin The Analysis of P5 Activities as the Application of Differentiated Learning in the Free Curriculum of the Digital Era at SMA Negeri 2 Banjarmasin.
Non Tarisa, L., Ravelia, S. C., Putri, S., Raviqi, A., Dewi, A., & Erlangga, I. (2024). Peningkatan Kreativitas Siswa SD Melalui Proyek Kerajinan Tangan Pada Aktivitas P5 Kurikulum Merdeka. Journal of Elementary School Education, 4(1).
Purwanto, M., & Mp. (2009). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3613–3625. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2714
Safitri, Andriani, Dwi Wulandari, Y. T. H. (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 7076–7086. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3274
Sam, A., Tarsan, V., Leonangung Edu, A., Pgsd, P., Santu, U., Ruteng, P., Yani, J. A., Projek, K. K., Profil, P., Pancasila, P., Penggerak, S., & Dasar, S. (2023). IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4(1), 65–72. https://doi.org/10.36928/jlpd.v4i1.2103
Sarah, S., & Gani Jamora Nasution, A. (n.d.). Fostering Pancasila Student Profile through Learning Civics at Mis Weigh Opponents. 8(2), 890–903.
Sari, F. I. D. S. D. A. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Merdeka (Vol. 5).
Sriyono, A. D. A., Rusijono, R., & Karwanto, K. (2023). Student Response to Teachers in the Implementation of Pancasila Student Profile Strengthening Project. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(2), 722–733. https://doi.org/10.51276/edu.v4i2.343
Sufren, Y. N. (2013). Mahir Menggunakan SPSS secara Otodidak - Sufren,Yonathan Natanael - Google Books. Elex Media Komputindo. https://books.google.co.id/books/about/Mahir_Menggunakan_SPSS_secara_Otodidak.html?id=h4ZKDwAAQBAJ&redir_esc=y
Sugiharti, L. (2021). Statistik multivariat untuk ekonomi dan bisnis: menggunakan software SPSS. Airlangga University Press. https://scholar.unair.ac.id/en/publications/statistik-multivariat-untuk-ekonomi-dan-bisnis-menggunakan-softwa
Sultan, U., & Tirtayasa, A. (2022). Implementasi kurikulum merdeka ditinjau dari pembelajaran matematika dan pelaksanaan P5 (studi di SMA Negeri 12 Kabupaten Tangerang) 1 Awaliyah Septiani, 2 Novaliyosi, 3 Hepsi Nindiasari (Vol. 13, Issue 3).
Susanti, A., Darmansyah, A., Tyas, D. N., Hidayat, R., Syahputri, D. O., Wulandari, S., & Rahmasari, A. (2023). The Implementation of Project for Strengthening the Profile of Pancasila Students in the Independent Curriculum for Elementary School Students. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 6(2), 113. https://doi.org/10.31764/ijeca.v6i2.15474
Susanti, M., Rahmadona, T., & Fitria, Y. (2023). Studi Literatur: Perbedaan Penilaian Kurikulum 2013 dengan Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 7(1), 339–350. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4444
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309
Wahidah, N., Zubair, M., Fauzan, A., & Alqodri, B. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 696–703. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1287
Yuliastuti, S., Ansori, I., & Fathurrahman, M. (n.d.). Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas 4 SD Labschool UNNES Kota Semarang. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i3.5031
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Yustina, Resma Wahyuni, Suhara, Darmawati, Putri Adita Wulandari, Rio Rasdian Saputra
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.