Development of Case Study Based Learning Strategy Textbook to Improve Critical Thinking Ability of University Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, S., Hudha, M. N., & Rismawati, A. (2017). Pengembangan modul pembelajaran fisika berbasis problem-based learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah fisika. SEJ (Science Educatioan Jurnal), Vol 1(No.1), 36-51
Born, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1983). Educational Research: An Introduction., Fifth Edition. New York: Longman
Cahyadi, R.A.H. (2019). Pengembangan bahan ajar berbasis ADDIE model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35-42
Dila, Wahyuni. Milya, Sari. Hurriyah. (2020). Efektifitas e- Modul Berbasis Problem Solving Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Natural Science: Jurnal Pendidikan Bidang IPA dan Pendidikan IPA, 6(2), 180-189
Dina, F.R., Hariyono., Sudarmiatin (2017). Pengembangan Buku Ajar IPS SD Berbasis Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume: 2 Nomor: 5 Bulan Mei Tahun 2017 Halaman 719-723.
Erawanto, U., & Santoso, E. (2016). Pengembangan modul pembelajaran berbasis masalah untuk membantu meningkatkan berpikir kreatif mahasiswa. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 2(2), 427-436
Fauziah, R., Abdullah, A.G., &Hakim, D. L. (2017). Pembelajaran saintifik elektronika dasar berorientasi pembelajaran berbasis masalah. Inoovation of Vocational Tecnologi Education, 9(2)
Febriana, R., Yusri, R., & Delyana, H. (2020). Modul Geometri Ruang Berbasis Problem Based Learning Terhadap Kreativitas Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1),93
Gustiawati, Resty, Fahrudin, dan Muhamad Mury Syafei. (2014). Implementasi Model-Model Pembelajaran Penjas Dalam Meningkatkan Kemampuan Guru Memilih dan Mengembangkan Strategi Pembelajaran Penjasorkes. Jurnal Ilmiah Solusi 1(3) 33-40
Juliawan, D. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kuta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 2(1)
Mashud, Syahroni. Fifit, Firmadani. (2022). Pengembangan Modul Mata Kuliah Profesi Kependidikan Berbasis Case Study. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran, 3(3), 236-243
Misnah, M. (2020). Desain Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Pendidikan IPS Di Universitas Tadulako. Nosarara: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 8(1), 15– 22.
Oktaviyanti, I., & Novitasari, S. (2019). Analisis Penerapan Problem Based Learning pada Mata Kuliah Pendidikan IPS. Musamus Journal of Primary Education, 50– 58.
Panen dan Purwanti. (2001). Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Prayitno, S.H., & L. adyawati, E. (2017). Pengembangan Modul Matematika Diskrit Untuk Meningkatkan Multiple Intelligences Mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Seminar Nasional Matematika dan Aplikasinya. 28 Oktober 2017. Universitas Airlangga Surabaya.
Perwitasari, S., & Wahjoedi, W. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasisi Kontekstual. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 3(3), 278-285.
Rodi’ah, S., &Hasanah, I. (2021). Eksplorasi Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek Berbantu E-Modul Ditinjau dari Berpikir Kreatif Siswa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial dan Budaya, 7(3), 107-114)
Safitri, P. T., & Purbaningrum, K. A. (2020). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Kasus (Case Based) Pada Mata Kuliah Statistika Pendidikan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13 (1), 256–267
Suarsana, I. M (2013). Pengembangan e-module berorientasi pemecahan masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2)
Tanjung, R., Dalimunthe, E. M., Ramadhini, F., & Sari, D. M (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Kepedulian Siswa Terhadap Lingkungan Pada Pembelajaran IPS Kelas IV B MI Model Penyabungan. ITTIhad, 5(1)
Taufiqy, I.R, Sulthoni, & Kuswandi, D. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Digital Berdasarkan Model Guidde Project Based Learning. Jurnal Pendidikan, 1 (4): 705-711
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children. In A sourcebook. Indiana University, Bloomington, Indiana.
Utomo, T., Wahyuni, D., &Hariyadi, S. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa (Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumber Malang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi,1(1)5-9
Wagner, T. (2008). The Global Achievement Gap: Why Even Our Best School Don’t Teach The New Survival Skills Our Children Need, and What We Can Do about It. New York: Basic Book
Wahyuni, Sri. 2011. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Melalui Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning. Diakses melalui http://ebookbrowsee.net/40-sri-wahyuni-pdf-d243266722
Yohana, Wuri, Santika, Hermien, Laksmiwati, Riza, Noviana Khoirunnisa (2018). Penerapan Model Problem Base Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan (Teori dan Praktik) 3(1)
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i3.4743
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mifta Rizka
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.