Learning Strategies for Islamic Religious Education to Prevent Radicalism at Tertiary Level
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifinsyah, A., Andy, S., & Damanik, A. (2020). The Urgency of Religious Moderation in Preventing Radicalism in Indonesia. ESENSIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Ushuluddin, 21(1), 91–108. https://doi.org/10.14421/esensia.v21i1.2199
Ansor, AS, dan Muttahidah. 2016. Pengantar Manajemen.
Yogyakarta: Fajar Media Press.
Danim, Sudarwan. 2010. Paedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Alfabet.
Darjat, Zakiah. 2010. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta,Bulan Bintang.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rinka Cipta.
Khamdan, Sidiq dan Rohmad. 2012. Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Pada Remaja Dalam Perspektif Psikologis, Purwokerto: STAIN Purwokerto.
Gumilang, Prima. 2016. “Radikalisme Ideologi Menguasai Kampus.” CNN Indonesia, February 18.
Accessed May 13, 2020. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20160218193025-12-111927/
radikalisme-ideologi-menguasai-kampus?
Hasan, M. S. (2020). Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman Vol. 6, No. 1, Maret 2020. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas– Probolinggo, 6(1), 84–100.
Hijriyani, Y. S., & Aswan, K. (n.d.). Peran Guru PAI dalam Mencegah Paham. 124–135.
Izzah, H., Fahmi, M., & Thobroni, A. Y. (2022). Strategi Guru Pai Dalam Mencegah Nilai-Nilai Radikalisme Pada Peserta Didik. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 56–78. https://doi.org/10.21274/taalum.2022.10.1.56-78
Umro, J., Stit, D., & Pasuruan, P. (2017). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Radikalisme Agama Di Sekolah. Journal Of Islamic Education (JIE), II(1), 89–108.
Khozin, 2013. Khazanah Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Kementerian Agama RI. 2016. Panduan Organisasi Pengelola Zakat. Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Direktorat Pemberdayaan Zakat, Kementerian Agama.
Khozin. 2013. Khazanah Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Luluk Ifadah , Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0, Jurnal Kajian Pendidikan Islam dan Studi Islam, Vol. 2 No.2 Desember 2021 E-ISSN:2599-2724.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Muhammad Tang, Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Merespon Era Digital, Fikrotun: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam. Jilid 7, No 1, Juli 2018; p-ISSN 2442-2401; e-ISSN 2477-5622.
Mulyasa, E. 2014. Manajemen Pendidikan Karakter, Jakarta: Bumi Aksara.
Mun’im Sirry (2020). Muslim Student Radicalism and Self-Deradicalization in
Indonesia, Islam and Christian–Muslim Relations, DOI: 10.1080/09596410.2020.1770665
Nata, Abudin. 2011. Perspektif Islam tentang Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Kencana.
Prima, Mutohar. 2013. Manajemen Mutu Pendidikan, Yogyakarta:Ar Ruzz.
Qomar, Mujammil. 2013. Strategi Pendidikan Islam. Jakarta: Erlangga.
Sri Suyanta dan Wahidin, Warul. 2018. Metodologi pembelajaran Pendidikan Agama Islam kajian teori dan aplikasi pembelajaran PAI, Banda Aceh : Yayasan Pena Banda Aceh
Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT. Kencana.
Suharti, Atiyah. Model Pembelajaran Emosional Inquiry pada Orang Dewasa di Balai Keagamaan Diklat Keagamaan Bandung, Jurnal PENAMAS: Jurnal Penelitian Keagamaan, Vol.31, No.1, Januari-Juni 2018.
Suharsaputra, Uhar. 2015. Manajemen Pendidikan Perguruan Tinggi. Bandung: PT. Refika Aditama.
Sultoni, Sehat Delimunthe, 2018. Ontologi pendidikan Islam, Padangsidimpuan: Deepublish
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Syaifurahman. 2013. Manajemen dalam Pembelajaran. Jakarta: Indeks
Tafisr, Ahmad. 2011. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Wahab, Rochidin. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Mewarnai Kualitas Pendidikan di Sekolah. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, UNY. Jil. 41, No.2, November 2011. eISSN : 25805533 | pISSN : 25805533.
Wahid, Abdul. Dilema Pluralitas Dan Peranan Pendidikan Agama Islam. Fitrah: Jurnal Studi Pendidikan, Vol 1 No.1November-2019. https://doi.org/https://doi.org/10.47625/fitrah.v1i1.142
Santinah. (2016). Konsep Strategi Pembelajaran dan Aplikasinya. Islamic Social Sciences, 1(1), 13–25. Retrieved from www.syekhnurjati.ac.di/jurnal/index.php/holistik
Wahyujati, B. B. (2006). Strategi Pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah. Jiv, 1(1), 91–98. https://doi.org/10.21009/jiv.0101.11
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.2818
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Moch Yasyakur, M Hidayat Ginanjar, Saripudin Saripudin, Agus Mailana
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.