Rotation Station and Learning Motivation: Effects on Job Application Letter Writing Skills in Indonesian Senior High Schools
Abstract
Keywords
References
Achmad, A., Anuar, Chuzaimah, & Hilmi, H. S. (2022). Peningkatan keterampilan menulis isi surat lamaran pekerjaan menggunakan metode model bermedia LKPD. Jurnal Pembelajaran Bahasa dan Sastra, 1(1), 121–130. https://doi.org/10.55909/jpbs.v1i1.20
Aditiawarman, M., Dewirahmadanirwati, D., & Ulya, R. H. (2025). Sociolinguistic insights into youth language phenomena: Patterns and influences in South Jakarta through the lens of #BeritaAkhirPekan podcast. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 17(1), 707–719. https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i1.3312
Aditiawarman, M., Ulya, R. H., Chairani, Z., & Yunita, W. (2025). A mixed-methods study of Creole Minangkabau language of Chinese speakers in Padang, Indonesia: Implications for second or third language learning. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 24(6), 1–18. https://doi.org/10.26803/ijlter.24.6.1
Alwi, N. A., Kenedi, A. K., Azizah, Z., Zulkarnain, A. P., Mardin, A., Irwandi, I., & Ulya, R. H. (2025). Pelatihan cerita anak berbasis budaya Minangkabau untuk literasi bagi guru sekolah dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat (ABDIRA), 5(3), 1288–1295. https://doi.org/10.30605/abdira.v5i3.3210
Arianti. (2023). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(6), 1304–1309. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i6.284
Bruner, J. S. (1966). Toward a theory of instruction. Harvard University Press.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2000). The "what" and "why" of goal pursuits: Human needs and the self-determination of behavior. Psychological Inquiry, 11(4), 227–268. https://doi.org/10.1207/S15327965PLI1104_01
Deliani, S., Syafira, L., & Lubis, P. (2023). Upaya menulis surat lamaran kerja bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 119–127.
Dewi, K. S. (2021). Meningkatkan keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan pada siswa kelas XII RPL SMK Al-Ma’arif Bumiayu Brebes melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) [Unpublished manuscript].
Durrari, U., & Kamal, M. (2020). Toward applying ARCS model for a blended teaching methodologies: A quantitative research on student motivation amid the COVID-19. International Journal of Educational Research and Development, 2(1), 45–58.
Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–180. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838
Erni, E., Ulya, R. H., Marhamah, M., & Nurmalinda, N. (2024). Pemanfaatan gamifikasi dalam penyusunan asesmen formatif pembelajaran diferensiasi di SMP Nurul Falah Kulim Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 50037–50046.
Ferdiansyah, H. M., Rizal, F., & Ulya, R. H. (2023). Problem-based blended learning models in vocational education: A developmental research. International Journal of Information and Education Technology, 13(12), 1003–1010. https://doi.org/10.18178/ijiet.2023.13.12.1954
Ferlianti, S., Muiz, M. S., & Chandra, D. T. (2022). Penerapan pembelajaran diferensiasi dengan metode blended learning’s station rotation untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi tekanan hidrostatis. Jurnal Pendidikan Sains dan Teknologi, 3(3), 266–272.
Gidion, M. Z., & Ulya, R. H. (2025). Struktur, isi, dan unsur kebahasaan teks berita siswa kelas VII MTsN 7 Tanah Datar. EDU RESEARCH, 6(1), 1835–1849.
Handoko, R. (2018). Peningkatan hasil belajar menulis surat lamaran dengan menggunakan skenario. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2, 325–337.
Husda, N. E. (2019). Pembekalan memasuki dunia kerja atau kuliah. Jurnal Pengabdian Barelang, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.33884/jpb.v1i02.1044
Islami, F., & Ulya, R. H. (2025). Pengaruh model Project Based Learning berbantuan media audiovisual terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP. EDU RESEARCH, 6(1), 1388–1398.
Kumalasari, N. S., & Pramono, R. (2024). Penerapan model Problem Based-Learning berdiferensiasi metode Station Rotation untuk meningkatkan literasi, keterampilan berpikir kritis, serta kreativitas pada mata pelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(8), 637–649. https://doi.org/10.59141/japendi.v5i8.3264
Maidah, B. N., Sugiarti, & Putra, B. A. P. (2020). Peningkatan aktivitas dan kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan melalui metode Sibomber berbantuan kuis interaktif pada peserta didik kelas I-4 SMA Negeri 3 Malang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 6(1), 87–98. https://doi.org/10.22219/jinop.v6i1.8011
Masripah, S. (2013). Meningkatkan keterampilan menulis surat lamaran pekerjaan pada siswa kelas XII BOGA-1 SMK Negeri 4 Balikpapan melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 7(2), 38–54.
Moslem, M. C., Komaro, M., & Yayat. (2019). Faktor-faktor yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Aircraft Drawing di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 6(2), 258–265.
Naini, I., & Ulya, R. H. (2025). Reasoning patterns and sentence construction errors in students’ scholarly articles: A content analysis of academic writing in Padang City. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 17(2), 1023–1036. https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i2.3421
Najamudin, N., & Sukarismanti. (2020). Analisis kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan pada siswa kelas XII Madrasah Aliya Imam Ufairah Diha, Kecematan Belo Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2020/2021. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(4), 1–12. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i4.1528
Nariyah, A., Arifin, M., & Ariesta, R. (2021). Kemampuan menulis surat lamaran kerja berdasarkan iklan siswa kelas XII SMK Negeri 2 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(1), 35–44.
Ningsi, T. N., & Ulya, R. H. (2025). Pengaruh Project Based Learning terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa fase E SMA Negeri 1 Sutera. EDU RESEARCH, 6(1), 1892–1903.
Novitasari, A. T. (2023). Motivasi belajar sebagai faktor intrinsik peserta didik dalam pencapaian hasil belajar. Journal on Education, 5(2), 5110–5118. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1248
Nuri Rizki, J. M., & Akbar, R. (2024). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia dalam menulis surat lamaran pekerjaan oleh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Badar Tahun Pembelajaran 2021/2022. Tuwah Pande: Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 1–10. https://doi.org/10.55606/tuwahpande.v2i2.318
Rahman, S. (2024). Pentingnya motivasi belajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(3), 61–68. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i3.843
Ramadhan, S., Dewirahmadanirwati, D., Ulya, R. H., & Jamaluddin, N. B. (2025). The coagulation of politeness and character in Indonesian language learning in the digital era. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 17(2), 1–15. https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i2.3500
Sari, C., Efriyanti, L., Derta, S., & Okra, R. (2022). Pengaruh model pembelajaran Rotation Model pada mata kuliah Model dan Simulasi terhadap hasil belajar mahasiswa. Pendidikan dan Konseling, 4(3), 1707–1715.
Sari, H. Y., Rachman, A., Putri, D. S., Ulya, R. H., & Widhyah, D. Y. (2024). The narrative of crime in Andrea Hirata's novel Orang-Orang Biasa: A formulaic study. Lensa: Kajian Kebahasaan, Kesusastraan, dan Budaya, 14(2), 258–270. https://doi.org/10.30738/lensa.v14i2.12045
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan. Alfabeta.
Teni, & Yudiyanto, A. (2021). Pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kedokan Bunder Kabupaten Indramayu. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(1), 105–117. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i1.73
Tomlinson, C. A. (2017). How to differentiate instruction in academically diverse classrooms (3rd ed.). ASCD.
Ulya, R. H. (2025). Korelasi keterampilan menyimak dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII UPT SMP Negeri 4 Sungai Tarab. EDU RESEARCH, 6(1), 1172–1179.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Harvard University Press.
Wulandari, A. R., & Ulya, R. H. (2025). Korelasi keterampilan membaca pemahaman dan keterampilan menulis teks negosiasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan. EDU RESEARCH, 6(2), 2560–2565. https://doi.org/10.31539/edures.v6i2.421
Zulhafizh, A., & Syahrul, R. (2013). Kontribusi sikap dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 13–28.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i3.7738
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Yeni Afdal, Syahrul Ramadhan
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.