Enhancing 4C Skills Through Project-Based Learning: A Needs Analysis and Impact Study in Cosmetology Education
Abstract
Keywords
References
Andriani, E., & Hidayat, R. (2021). Penerapan Project-Based Learning dalam Meningkatkan Keterlibatan Mahasiswa di Perguruan Tinggi Indonesia. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Vokasi, 15(210–220).
Astuti, W., & Ningsih, M. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kreativitas Mahasiswa pada Pendidikan Tinggi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 18, 215–224.
Bell, S. (2020). Project-based learning for the twenty-first century: The potential and the promise. International Journal of Educational Research, 104, 1–13.
Brookhart, S. M. (2010). How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom.
Dewa, I. G., & Ardianti, D. (2022). Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Mahasiswa melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6, 103–112.
Fauzan, A., Suharyat, Y., & Wulandari, D. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dalam Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Basicedu, 5, 778–789.
Fauzan, A., Suharyat, Y., & Wulandari, R. (2022). Effectiveness of PJBL in Developing 4C Skills: A Meta-Analysis. Education & Training Journal, 38, 89–101.
Fauzan, A., et al. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Peningkatan Kreativitas Mahasiswa di Pendidikan Vokasional. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14, 130–137.
Fitria, M., & Suyanto, E. (2022). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di Perguruan Tinggi. Jurnal Pendidikan Vokasional, 10, 231-239.
Forum, W. E. (2020). The Future of Jobs Report 2020.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational research: An introduction (7th ed.). Allyn & Bacon.
Griffin, P., & Care, E. (2019). Assessment and Teaching of 21st Century Skills: Research and Applications.
Haryati, Y., & Wangid, M. N. (n.d.). Implementation of Project-Based Learning to Improve Collaboration and Creativity in Higher Education. International Journal of Educational Research, 50, 132–145.
Haryati, Y., & Wangid, M. N. (2023). Pengaruh keterampilan abad ke-21 dalam pendidikan vokasional terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 13(112–125).
Hmelo-Silver, C. E., et al. (2022). Facilitating Inquiry-Based and Project-Based Learning in Higher Education: Strategies and Outcomes. Academic Press.
Ilmiyatni, N., et al. (2019). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Mahasiswa melalui Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 12, 213–220.
Johnson, L., Brown, R., & Carter, M. (2020). The Role of Teamwork in Beauty Industry Innovation. Journal of Beauty and Innovation, 34(150–165).
Joseph F. Hair Jr., Barry J. Babin, Rolph E. Anderson, W. C. B. (2019). Multivariate Data Analysis (Edisi ke-8). Cengage.
Krajcik, J., & Shin, N. (2018). Project-based learning. In F. Fischer, C. E. Hmelo-Silver, S. R. Goldman, & P. Reimann (Eds.),. International Handbook of the Learning Sciences, 275–288.
Larmer, J., Mergendoller, J. R., & Boss, S. (2015). Setting the Standard for Project-Based Learning: A Proven Approach to Rigorous Classroom Instruction.
Lintang, D., et al. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Vokasional Indonesia, 8, 78–85.
Miftakhurrohmah Miftakhurrohmah, & Rahmiati Rahmiati. (2024). Pengaruh Penggunaan E-Modul Berbasis Strategi Meta Kreatif terhadap Kreativitas Mahasiswa dalam Pembelajaran Penelitian Tata Rias dan Kecantikan. Garina, 16(2), 122–141. https://doi.org/10.69697/garina.v16i2.139
Miller, T., & Stevenson, G. (2021). Enhancing Competitiveness in the Cosmetic Industry: The Importance of 4C Skills. Cosmetic Education Review, 29, 80–95.
Nuraeni, R., & Utami, T. (2021). Penerapan Project-Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa di Pendidikan Tinggi Indonesia. Jurnal Pendidikan Vokasi, 14, 102–112.
Nurliastuti, M., et al. (2018). Kolaborasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Berbasis Proyek di Pendidikan Vokasional. Jurnal Pendidikan Dan Keterampilan, 6, 89-95.
Plomp, T., & Nieveen, N. (2019a). An Introduction to Educational Design Research. Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO).
Plomp, T., & Nieveen, N. (2019b). Educational design research. Enschede: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO).
Putri, A., & Hidayati, N. (2024). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dan Hasil Belajar Mahasiswa.
Rahmat, D. (2018). Analisis Penerapan Project-Based Learning dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Abad Ke-21, 5, 45–52.
Rahmawati, Y., et al. (2017). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Komunikasi Mahasiswa di Program Pendidikan Kosmetologi. Jurnal Pendidikan Vokasional, 10, 120-126.
Rina, E., & Suryani, H. (2022). Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa dengan Pembelajaran Berbasis Proyek di Universitas di Indonesia. Jurnal Pendidikan Inovasi, 5, 89–97.
Rojas, F., & Chen, S. (2022). Augmented Reality in Beauty: Revolutionizing Makeup Training. International Journal of Digital Beauty, 15, 202–215.
Saavedra, A. R., & Opfer, D. (2020). Teaching and learning for the twenty-first century: Disciplinary literacy and the future of education. American Educational Research Journal, 57 (1), 1–23.
Saavedra, A. R., & Opfer, V. D. (2012). Teaching and learning 21st century skills: Lessons from the learning sciences. Asia Society.
Safitri, D., & Putra, H. (2022). Pengembangan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 11(145–155).
Santosa, T. R., & Kusuma, H. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Kolaborasi Mahasiswa di Pendidikan Vokasional. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5, 87–95.
Sari, A., & Santosa, D. (2022). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Abad ke-21 di Pendidikan Tinggi Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 10.
Sari, R., & Sihombing, F. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Abad ke-21 Mahasiswa di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 16, 124–131.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharyat, E., et al. (2022). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Kolaborasi Mahasiswa di Pendidikan Kosmetologi. Jurnal Kosmetologi Indonesia, 9, 101-108.
Trilling, B., & Fadel, C. (2021). 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. Jossey-Bass.
Voogt, J., Erstad, O., Dede, C., & Mishra, P. (2018). Challenges to learning and schooling in the digital networked world. Journal of Computer Assisted Learning, 34, 403–411.
Wahyuni, L., & Pratiwi, D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Komunikasi Mahasiswa di Pendidikan Tinggi Indonesia. Jurnal Pendidikan Dan Komunikasi, 19, 134–142.
Wulandari, D., et al. (2021). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Keterampilan Mahasiswa di Pendidikan Vokasional di Indonesia. Jurnal Pendidikan Vokasional Indonesia, 9, 56–63.
Wulandari, D., et al. (2023). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa Kosmetologi. Jurnal Pendidikan Kosmetologi, 11(23–31).
Yuliani, E., Suharyat, T., & Wulandari, R. (2020). Project-Based Learning Implementation in Vocational Education. International Journal of Vocational Education Research.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i3.7066
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Laila Fajri
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.