Integrating Pancasila Student Profile Values into Islamic Religious Education at Sekolah Penggerak
Abstract
Keywords
References
Alim, A., Patahuddin, A., Hamka, S., & Amirullah, M. (2022). The Concept of Personality and Its Relevance to Character Education in The Light of The Islamic Worldview. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 903–918.
Anam, M. A. S. (2016). Pendidikan Karakter: Upaya Membentuk Generasi Berkesadaran Moral. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 2(2), 388. https://doi.org/10.15642/pai.2014.2.2.388-426
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(1), 35–48.
Arafah, A. A., Sukriadi, S., & Samsuddin, A. F. (2023). Implikasi teori belajar konstruktivisme pada pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan MIPA, 13(2), 358–366.
Banks, J. A. (2015). The dimensions of multicultural education. In Cultural Diversity and Education (pp. 3–22). Routledge.
Djamdjuri, D. S., Mujahidin, E., Retnowati, N., & Halim, A. K. (2022). Incorporating Character Education in ELT through Islamic Teaching Materials. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 11(03), 611–626.
Fahmi, M. N., & Susanto, S. (2018). Implementasi Pembiasaan Pendidikan Islam dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 7(2), 85–89. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1592
Fauzi, M. I. R., Rini, E. Z., & Qomariyah, S. (2023). Penerapan Nilai-Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Kontekstual Di Sekolah Dasar. Confrence Of Elementary Studies, 483.
Fu’ad, M. (2017). Agama Dan Pendidikan Karakter: Pengembangan Keilmuan Dan Kompetensi Program Studi Pada Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(2), 149–168. https://doi.org/10.14421/jpai.2014.112-01
Guilford, J. P. (2017). Creativity: A quarter century of progress. In Perspectives in creativity (pp. 37–59). Routledge.
Harto, K. (2018). Tantangan Dosen Ptki Di Era Industri 4.0. Jurnal Tatsqif, 16(1), 1–15. https://doi.org/10.20414/jtq.v16i1.159
Indonesia, M. P. D. K. R. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal. In Permendikbud Nomor 20 tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter pada Satuan Pendidikan Formal (Issue 20), pp. 8–12). https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/Permendikbud_Tahun2018_Nomor20.pdf
Kemendikbud. (2021). Program Sekolah Penggerak - Home. In Kemendikbud (Issue 371/M/2021). https://psp-web.pauddikdasmen.kemdikbud.go.id/#/home
Kosim, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter di Era Industri 4.0: Optimalisasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 88. https://doi.org/10.19105/tjpi.v15i1.2416
Kurniastuti, R., Nuswantari, N., & Feriandi, Y. A. (2022). Implementasi profil pelajar pancasila sebagai salah satu bentuk pendidikan karakter pada siswa SMP. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 1(1), 445–451.
Lickona, T. (2012a). Educating For Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter : Bagaimana Sekolah dapat Memberikan Pendidikan tentang Sikap Hormat dan Bertanggung Jawab (U. Wahyudin & Suryani (eds.); J. A. Wamaungo (trans.)). Bumi Aksara.
Lickona, T. (2012b). Educating for Character: Mendidik untuk Membentuk karakter: Bagaimana Sekolah dapat Mengajarkan Rasa Hormat dan Tanggung Jawab (Uyu Wahyudin dan Suryani (ed.); terj. Juma). Bumi Aksara.
Maragustam, M. (2015). Paradigma Revolusi Mental Dalam Pembentukan Karakter Bangsa Berbasis Sinergitas Islam Dan Filsafat Pendidikan. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2), 161–175. https://doi.org/10.14421/jpai.2015.122-03
Murdianto, M. (2018). Stereotip, prasangka dan resistensinya (studi kasus pada etnis Madura dan Tionghoa di Indonesia). QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 10(02).
Nabavi, R. T. (2012). Bandura’s social learning theory & social cognitive learning theory. Theory of Developmental Psychology, 1(1), 1–24.
Ngamanken, S. (2014). Pentingnya Pendidikan Karakter. Humaniora, 5(1), 72. https://doi.org/10.21512/humaniora.v5i1.2983
PERMENDIKBUDRISTEK. (2022). Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar Dan Menengah. Kemendikbud-Ristek, 151(2), 10–17.
Prasetyo, B., & Trisyanti, U. (2018). Revolusi Industri dan Tantangan Revolusi Industri 4.0. IPTEK Journal of Proceedings Series, 5(0), 22–27. http://iptek.its.ac.id/index.php/jps/article/view/4417
Pratama, D. A. N. (2019). Tantangan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Membentuk Kepribadian Muslim. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 198–226. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.518
Pudjiastuti, S. R. (2020). Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam mencegah paham radikal. Jurnal Ilmiah Mimbar Demokrasi, 19(2), 32–39.
Rohman, A., & Ningsih, Y. E. (2018). Pendidikan multikultural: penguatan identitas nasional di era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Multidisiplin, 1, 44–50.
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249.
Santika, R., & Dafit, F. (2023). Implementasi profil pelajar pancasila sebagai pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 6641–6653.
Saputra, H. (2023). Me metode pembelajaran berbasis proyek dalam pendidikan agama Islam. JURNAL ABSHAR: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam Dan Humaniora, 2(1), 17–26.
Sofiasyari, I., Atmaja, H., & Suhandini, P. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Di Era 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS (pp. 734–743).
Sutarna, N. (2018). Urgensi Penguatan Pendidikan Karakter di Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasioanal PGSD UNIKAMA, 2(0), 58–65. https://semnas.unikama.ac.id/pgsd/artikel.php
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i1.6741
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Anis Joko Santoso, Kasinyo Harto, Fitri Oviyanti
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.