Instilling Faith and Noble Morals: The Implementation of Tauhid Education at a Madrasah Tsanawiyah
Abstract
Keywords
References
Abidin, Z. (2021). Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Karakter Berbasis Agama, Budaya, Dan Sosiologi. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies.
Agus, Z. (2018). Pendidikan Islam dalam perspektif al-Ghazali. Raudhah Proud To Be Professionals: Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 3(2), 21–38.
Asyari, N. (2023). Pendidikan Tauhid: Sarana Pembinaan Karakter Rabbani. CV. Bildung Nusantara.
Baitiyah, B., Nafilah, A. K., & Mabnunah, M. (2024). Strategi Pengembangan Pendidikan Madrasah di Bangkalan (Sinergi Tradisi dan Modernitas). Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(1), 186–198.
Budiarto, G. (2020). Indonesia dalam Pusaran Globalisasi dan Pengaruhnya Terhadap Krisis Moral dan Karakter. Pamator Journal, 13(1). https://doi.org/10.21107/pamator.v13i1.6912
Helmi, H. R. (2020). Hubungan Lingkungan Sekolah Dengan Akhlak Siswa Kelas VIII di MTS AL-Muhajirin Tanah Sareal Kota Bogor. Inspiratif Pendidikan, 9(1), 205–224.
Iskarim, M. (2016). Dekadensi moral di kalangan pelajar (revitalisasi strategi PAI dalam menumbuhkan moralitas generasi bangsa). Edukasia Islamika: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 1–20.
Jondra, J., Fakhruddin, F., & Bin Ridwan, R. (2022). Pola Pembinaan Akhlakul Karimah Remaja Untuk Menghadapi Tantangan Era Society 5.0. IAIN Curup.
Karyanto, D. (2019). Upaya Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Menengah Pertama. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(2), 97–103.
Melani, M., Siregar, B., Simarmata, J., Al Farizi, M. R., Astuti, K., & Lubis, T. (2024). Hubungan Pendidikan Spiritual Dengan Tingkat Kedisiplinan Siswa. Journal on Education, 6(2), 14475–14481.
Muhibin, M., & Hidayatullah, M. A. (2020). Implemntasi Teori Belajar Konstruktivisme Vygotsky Pada Mata Pelajaran Pai Di SMA Sains QurAn Yogyakata. Belajea: Jurnal Pendidikan Islam, 5(1), 113–130.
Puslitdatin. (2019). Penggunaan Narkotika di Kalangan Remaja Meningkat. Bnn.Go.Id. https://bnn.go.id/penggunaan-narkotika-kalangan-remaja-meningkat/
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi filosofi pendidikan ki hajar dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187.
Raudhatinur, M. (2019). Implementasi Budaya Sekolah Islami dalam Pembinaan Akhlak Siswa SMP Negeri 19 Percontohan Banda Aceh. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(1).
Robana, R., Hikmawati, F., & Ningsih, E. (2012). Hubungan Antara Religiousitas Dengan Kenakalan Remaja Pada Siswa Kelas XI MAN Surade Kabupaten SukABUMI. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2), 655–666.
Rohayah, A. A., Lathifah, H., Adelin, N., Saleha, T. N., & Khasanah, U. (2024). Efektifitas Penggunaan Metode Ceramah Dan Diskusi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMAN 3 BABELAN. Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 6(2), 130–139.
Rubini, R. (2021). Efektivitas pembelajaran aqidah akhlak di Madrasah Tsanawiyah Sunan Kalijaga Gunungkidul Yogyakarta. Humanika: Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 83–98.
Rulmuzu, F. (2021). Kenakalan remaja dan penanganannya. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(1).
Samad, A. W., Askar, A., & Syahid, A. (2024). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Siswa di Sekolah Menengah. Prosiding Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society (KIIIES) 5.0, 3(1), 439–445.
Setiawan, A. (2017). Konsep pendidikan tauhid dalam keluarga perspektif pendidikan Islam. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 2(1).
Shafwan, M. H., & Abdullah, M. M. (2024). Implementasi Pendidikan Tauhid dalam Membentuk Karakter Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Imam An Nawawi Batam: Implementasi Pendidikan Tauhid dalam Membentuk Karakter Santri Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Imam An Nawawi Batam. Jurnal Staika: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 7(1), 33–46.
Solihat, Y. N., Andiani, L., Lestari, T. D., & Bandawati, S. (2024). Strategi Guru melalui Pendekatan Sosiologi dalam Penanaman Karakter Peserta Didik. Literasi: Journal of Innovation Literacy Studies, 1(1), 40–51.
Thomas Lickona. (2012). Educating for Character: Mendidik untuk Membentuk karakter: Bagaimana Sekolah dapat Mengajarkan Rasa Hormat dan Tanggung Jawab (Uyu Wahyudin dan Suryani (ed.); terj. Juma). Bumi Aksara.
Widyawati, T. (2019). Berantas Bullying, Mahasiswa Unnes Sosialisasi Anti Kenakalan Remaja. Okezone.Com. https://edukasi.okezone.com/read/2019/11/12/65/2128962/berantas-i-bullying-i-mahasiswa-unnes-sosialisasi-anti-kenakalan-remaja?page=all
Zohar, D., & Marshall, I. (2001). SQ: Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual Dalam Berfikir Integralistik Dan Holistik Untuk Memaknai Kehidupan. Pustaka Mizan.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i1.6463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Dadang Zenal Mutaqin, Muhammad Usman Apandi, Jenal Aripin Yusuf, Asep Rusdianto, Tedi Sopyan
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.