Shaping Noble Character: The Impact of Islamic Religious Education on Student Morals at Junior High School
Abstract
Keywords
References
Anggreani, P., & Ali, M. (2024). Peranan Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Akhlak Siswa SMPN 24 Surakarta. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1277–1284.
Bahri, S. (2021). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Keluarga dan Masyarakat. Jurnal KeIslaman, Sosial, Hukum Dan Pendidikan, 6(2).
Bitu, Y. S., Setiawi, A. P., Bili, F. G., Iriyani, S. A., & Patty, E. N. S. (2024). Pembelajaran interaktif: meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa. J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 5(2).
Daradjat, Z. (2000). Ilmu Pendidikan Islam. Bumi Aksara.
Febrianto, A., & Shalikhah, N. D. (2021). Membentuk akhlak di era revolusi industri 4.0 dengan peran pendidikan agama Islam. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 105-â.
Firmansyah, B., aliyah, N. D., & darmawan, D. (2024). Pengaruh Kompetensi Guru Pai, Perhatian Orang Tua, dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MA Unggulan Nur Al-Jadid Waru Sidoarjo. TEACHING: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(3), 203–214.
Firmansyah, M., & Akbar, R. (2023). Konsep Modelling Albert Bandura Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam. IAIN Ponorogo.
Hazami, H., & Herminingsih, A. (2017). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 3(3), 364–384.
Helandri, J., & Supriadi, S. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Konteks Modern: Tinjauan Terhadap Praktik Dan Tantangan. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 7(1), 93–116.
Jannah, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 2758–2771.
Jasman, J. (2016). Pendekatan Holistik dalam Pendidikan Agama Islam. Studia: Jurnal Hasil Penelitian Mahasiswa, 1(2), 1–15.
Judrah, M., Arjum, A., Haeruddin, & Mustabsyirah. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik Upaya Penguatan Moral. Journal of Instructional and Development Researches, 4(1), 25–37.
Khusnia, A. (2023). Strategi Kepala Sekolah Dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Melalui Habitual Curriculum Pembelajaran Al Quran. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran Hadits Syari’ah Dan Tarbiyah, 8(2), 177–189.
Mbagho, F. I., Khulailiyah, A., & Naelasari, D. (2021). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Di Smp Negeri 2 Diwek Jombang. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(2), 116–130.
Muzaini, M. C., & Salamah, U. (2023). Pembentukan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal At-Tarbiyyah: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 9(1), 82–99.
Nasution, A. R. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Akhlak Mulia Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Sibolangit. Manajia: Journal of Education and Management, 1(2), 77–86.
Nasution, Y. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(2), 336–344.
Ningsih, W., & Zalisman, Z. (2024). Pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) dalam konteks global. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Nuraya, H. (2024). Integrasi Nilai Toleransi dalam Pembelajaran PAI. Pedagogik: Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(3), 459–466.
Parnawi, A., & Ridho, D. A. A. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moral Dan Etika Siswa Di Smk Negeri 4 Batam. Berajah Journal, 3(1), 167–178.
Rahayu, D., Endah, E., Ahmad, A., Intan, D., & Santika, T. A. (2023). Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat Dalam Meningkatkan Kualitas Belajar dan Pembentukan Karakter Peserta Didik. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(4), 551–554.
Rohman, Z., Muttaqin, A. I., & Nasrodin, N. (2023). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Toleransi Antar Umat Beragama. Tarbiyatuna Kajian Pendidikan Islam, 7(2), 240–252.
Safana, W. N. L., & Andriyani, S. (2024). Pendidikan Akhlak Pembinaan Akhlak Siswa: Peran Guru Pendidikan Agama Islam di Madrasah Aliyah Kabupaten Jepara. Indonesian Journal of Humanities and Social Sciences, 5(3), 1507–1516.
Sari, M. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam dalam Pembentukan Karakter dan Etika Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Al-Mujahadah: Islamic Education Journal, 1(1), 54–71.
Subianto, J. (2013). Peran keluarga, sekolah, dan masyarakat dalam pembentukan karakter berkualitas. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2).
Syafii, H., & Purnomo, H. (2024). Analisis Komparatif Pendekatan Behavioristik dan Konstruktivisme Sosial dalam Pembentukan Akhlak: Perspektif Neurosains Kognitif Islam: Comparative Analysis of Behavioristic Approaches and Social Constructivism in the Formation of Morals: Islamic Cognitive Neuroscience Perspective. TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 155–167.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i1.6462
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Euis Latipah, Ita Nurwita, Lia Amelia Z, Dede Fatimah
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.