Vocational Education at Special School in North Sumatra
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriliani, L. (2016). Fungsi Bimbingan Keterampilan Vokasional (Vocational Skill) Bagi Penyandang Disabilitas Netra (Studi di Balai Rehabilitasi Sosial Disabilitas Netra “Pendowo” Kudus). Universitas Negeri Semarang.
Ainun, S. N., & Martias, Z. (2020). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Kue Brownies Melalui Metode Pembelajaran Langsung bagi Anak Tunarungu. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), 36–40.
Akrim, M., & Harfiani, R. (2019). Daily learning flow of inclusive education for early childhood. Utopia y Praxis Latinoamericana, 24(Extra6), 132–141.
Amelia, H., & Armaini. (2020). Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Keterampilan Vokasional Membuat Souvenir Boneka dari Kaus Kaki bagi Anak Tunagrahita Ringan. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(1), 136–143.
Anisa, A. N. (2020). Penggunaan Media Berbasis Video Untuk Pembelajaran Keterampilan Vokasional Tata Boga Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Khusus, 1–7.
Breyer, C., Wilfling, K., Leitenbauer, C., & Gasteiger-Klicpera, B. (2020). The self-efficacy of learning and support assistants in the Austrian inclusive education context. European Journal of Special Needs Education, 35(4), 451–465. https://doi.org/10.1080/08856257.2019.1706255
Cendaniarum, W. B. (2020). Pengelolaan Layanan Keterampilan Vokasional Siswa Tunarungu. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(3), 167–177.
Creswell, J. W. (2010). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Pustaka Pelajar.
Dasel, J., & Marcus, E. (2019). Vocational Skills and its Importance to Persons with Special Needs in Nigeria. International Journal of Innovative Science and Research Technology, 4(10), 8–11.
Ekosiswoyo, R., & Sutarto, J. (2015). Model Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Berbasis Keterampilan Vokasional. Journal of Nonformal Education, 1(1), 35–42. https://doi.org/10.15294/jne.v1i1.3981
Evers, R. B. (1996). The positive force of vocational education: Transition outcomes for youth with learning disabilities. Journal of Learning Disabilities, 29(1), 69–78. https://doi.org/10.1177/002221949602900109
Faroga, A., Mulyasana, D., & Hanafiah. (2018). Manajemen pembelajaran keterampilan handycraft untuk meningkatkan wirausaha siswa slb. NER SPs Uninus, 1(1), 63–74.
Harfiani, R., & Akrim, A. (2020). Alternative of troubleshooting inclusive education in kindergarten. Utopia y Praxis Latinoamericana, 25(Extra 6), 229–239. https://doi.org/10.5281/zenodo.3987612
Haryeti, E., Sopandi, A. A., & Iswari, M. (2013). Meningkatkan Keterampilan Membuat Palai Rinuak Melalui Metode Latihan Pada Anak Tunagrahita Ringan. E-JUPEKhu (JURNAL), 2(3), 537–547.
Idrus, M. (2009). Metode Penelitian Ilmu Sosial. Erlangga.
Iswari, M. (2008). Kecakapan Hidup Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. UNP Pres.
Jaya, H., Haryoko, S., Saharuddin, Suhaeb, S., Sabran, & Mantasia. (2018). Life Skills Education for Children with Special Needs in order to Facilitate Vocational Skills. Journal of Physics: Conference Series, 1028(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1028/1/012078
Lia, N., Syamwil, R., & Widayani, S. (2017). Model Pembelajaran Keterampilan Vokasional Berbasis Potensi Lokal di SMA Wilayah Kalimantan. Journal of Vocational and Career Education, 2(2), 50–58. https://doi.org/10.15294/jvce.v2i2.13836
Marjuki. (2010). Penyandang Cacat Berdasarkan Klasifikasi ICF. Kepala Badan Penelitian dan Pendidikan Kemensos RI. Kementerian Sosial RI.
Miles, M. ., & Huberman, A. (1994). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Method. CA: Sage.
Mufiddah, R. K., Efendi, M., & Sulthoni. (2019). Program Vokasional Siswa Tunagrahita di SMALB Malang ( Studi multi situs di Sekolah Menengah Atas Luar Biasa Malang ). Jurnal Ortopedagogia, 5(November), 74–80.
Muspita, R., Safaruddin, S., Ardisal, A., & Sopandi, A. A. (2018). Pembelajaran Keterampilan Membuat Ikan Bakar Bagi Anak Hambatan Pendengaran. Jurnal Pendidikan Kebutuhan Khusus, 2(2), 48–50. https://doi.org/10.24036/jpkk.v2i2.526
Ningtyas, T. D. D. A. (2020). Penerapan Metode Proyek Dalam Pembelajaran Keterampilan Vokasional Anak Tunagrahita Ringan Di SMALB-C. Jurnal Pendidikan Khusus.
Pratama, A., & Efendi, J. (2019). Pengaruh Model Direct Instruction dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Hiasan Kotak Tisu dari Kain Flanel bagi Anak Tunarungu Kelas VIII SLB Perwari Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 183–189.
Prayogo, M. M. (2019). Keterampilan Tata Boga Bagi Siswa Autis di SMK Inklusif Kota Bandung. Inklusi, 6(2), 179. https://doi.org/10.14421/ijds.060201
Prihatin, E., Diana, I., & Permana, J. (2018). Model Manajemen Pendidikan Life Skill pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(3), 306–317.
Purwanta, E., & Hulfa. (2018). Application of e-marketing in entrepreneurship learning for student with intellectual disability. Cakrawala Pendidikan Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(1).
Rahmawati, D. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Vokasional Laundry Anak Tunagrahita di SLB Negeri 1 Yogyakarta. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8(10), 1025–1037.
Ratnengsih, E. (2017). Implementasi Program Vokasional Bagi Anak Tunagrahita. JASSI_anakku, 18(1), 77–83.
Riyani, I., Abdurahman, M., & Tarsidi, I. (2016). Keterampilan Vokasional Pembuatan Telur Asin Bagi Anak Tunagrahita Ringan SMALB di SLB C YPLB Kota Bandung. Jassi Anakku, 17(1), 26–33.
Rizqi, A. N. (2020). Model Pembelajaran Langsung Dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Mencuci Motor Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Pendidikan Khusus.
Rusdiansyah, F., & Sujarwanto. (2013). Tracer Study Dunia Kerja Anak Tunagrahita Pasca SMALB Se-Kabupaten Sidoarjo. E-Journal UNESA: Jurnal Pendidikan Khusus, 6(6), 1–7.
Safera, O., & Hasan, Y. (2019). Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menanam Seledri melalui Metode Explicit Instruction pada Anak Tunagrahita Ringan. E-Jupekhu, 7(1), 249–257.
Sani, Y. (2016). Pengembangan Program Keterampilan Vokasional Untuk Meningkatkan Produktifitas Kerja Bagi Anak Tunarungu di SLBN Bekasi Jaya. repository.upi.edu.
Saptaringga, S. (2014). Implementasi Metode Latihan Keterampilan/Drill Pada Pembelajaran Keterampilan Vokasional Otomotif Untuk Siswa Difabel (Tunarungu) Di SMALB”. Penelitian. repository.upi.edu.
Seprinawati dan Jon Efendi. (2019). Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Vokasional Membuat Sandal Kulit bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri 2 Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Kebutuhan Khusus, 7(1), 154–159.
Subagja, R. D. (2020). Pembelajaran Keterampilan Vokasional Tata Boga Keripik Kulit Lumpia Pada Anak Tunagrahita Ringan Di SLB Hanjuang Jaya. In Universitas Pendidikan Indonesia. repository.upi.edu. https://doi.org/10.1155/2010/706872
Tomblin, M. J., & Haring, K. A. (1999). Vocational training for students with learning disabilities: A qualitative investigation. Journal of Vocational Education and Training, 51(3), 357–370. https://doi.org/10.1080/13636829900200093
Wijaya, B. (2018). Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Vokasional. http://journal2.um.ac.id/index.php/jo/article/view/4979
Wiratman, A., Yuliana, I., & Roihana. (2018). Learning of Vocational Skill For Empowerment The Spirit of Special Needs of Children. Jurnal Pendidikan Inklusi, 1(1), 21–29.
Yusof, A. M., Ali, M. M., & Salleh, A. M. (2014). Employability of Vocational School Leavers with Disabilities. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 112(Iceepsy 2013), 1064–1069. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.1270
Yustika, R. (2020). Program Pembelajaran Keterampilan Vokasional Massage Pada Anak Tunanetra di SLB Negeri Citeureup. repository.upi.edu.
Zuliansyah, Muhammad, . &, & Hasan, Y. (2018). Pelaksanaan Program Layanan Keterampilan Vokasional Pangkas Rambut Bagi Siswa SMALB Tunarungu di SLB Negeri 2 Tanjungpinang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(1), 14–21.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i2.641
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Munawir Pasaribu, Rizka Harfiani
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.