Polya Steps for Analyzing Errors in Mathematical Problem Solving
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardiawan, Y. (2015). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Induksi Matematika di IKIP PGRI Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 4(1), 147–163. https://doi.org/10.31571/saintek.v4i1.13
Asyafiq, S. (2016). Berbagai Pendekatan dalam Pendidikan Nilai dan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajran, 4(1), 29–37. https://doi.org/10.24269/dpp.v4i1.56
Aulia, J., & Kartini. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 484–500. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.503
Azhar, W. S., & Senjayawati, E. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMK dalam Menyelesaikan Soal Materi Geometri Ruang. JPM: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 185–192. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i1.p%25p
Dewi, S. P., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Berdasarkan Prosedur Kesalahan Newman. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 632–642. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.508
Dirgantoro, K. P. S. (2018). Kompetensi Guru Matematika dalam Mengembangkan Kompetensi Matematis Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(2), 157–166. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i2.p157-166
Fajar, A. P., Kodirun, Suhar, & Arapu, L. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229–239. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872
Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Jurnal Aksioma, 4(2), 42–52. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i2.306
Fitra, R. (2020). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah Pemodelan Matematika Sederhana. Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 8(1), 1–7. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/590
Haryadi, R., & Nurmaningsih. (2019). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Garis Lurus. Jurnal Elemen, 5(1), 1–11. https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jel/article/view/703
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Refika Aditama.
Hidayat, D. W., & Pujiastuti, H. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematis pada Materi Himpunan. Jurnal Analisa, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4120
Ichsan, M. (2016). Psikologi Pendidikan dan Ilmu Mengajar. Jurnal Edukasi, 2(1), 60–76. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.691
Komarudin. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Peluang Berdasarkan High Order Thinking dan Pemberian Scaffolding. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi, dan Pemikiran Hukum Islam, 8(1), 202–217. https://core.ac.uk/download/pdf/230913581.pdf
Lenchner, G. (1983). Creative Problem Solving in School Mathematics. Houghton Mifflin College Div.
Moleong, L. J. (2018). Metode Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.
Nengrum, T. A., Solong, N. P., & Iman, M. N. (2021). Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Luring dan Daring dalam Pencapaian Kompetensi Dasar Kurikulum Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Pendidikan, 30(1), 1–12. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1190
Nurkholis. (2013). Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/article/download/530/473/
Ramadhan, A., Anwar, S., & Falak, A. F. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMK Kelas X Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. JPMI-Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(2), 323–330. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.323-330
Siswandi, E., Sujadi, I., & Riyadi. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Kontekstual pada Materi Segiempat Berdasarkan Analisis Newman Ditinjau dari Perbedaan Gender (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMPN 20 Surakarta). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(7), 633–643. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/9169
Sitorus, Y. I., & Sutirna. (2021). Analisis Kesalahan Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Program Linier. Maju: Jurnal Ilmiah Pendidikan Indonesia, 8(1), 282–290. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/mtk/article/view/627
Sulistyaningsih, A., & Rakhmawati, E. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan dalam Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Matematika dan Pendidikan Matematika UNY, 123–130. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/full/M-19.pdf
Wati, M. K., & Sujadi, A. A. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika dengan Menggunakan Langkah Polya Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Prisma, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.24
Wibowo, I. S., & Farnisa, R. (2018). Hubungan Peran Guru dalam Proses Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3(2), 181–202. https://doi.org/10.22437/gentala.v3i2.6758
Widodo, S. A. (2013). Analisis Kesalahan dalam Pemecahan Masalah Divergensi Tipe Membuktikan pada Mahasiswa Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46(2), 106–113. https://www.researchgate.net/publication/311645939_ANALISIS_KESALAHAN_DALAM_PEMECAHAN_MASALAH_DIVERGENSI_TIPE_MEMBUKTIKAN_PADA_MAHASISWA_MATEMATIKA
Widyawati, A., Afifah, D. S. N., & Resbiantoro, G. (2018). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Lingkaran Berdasarkan Taksonomi Solo pada Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 6(1), 1–9. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpms/article/view/15087
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.570
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Suharti Suharti, Fitriani Nur, Bahrul Alim
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.