Integrating STEM into Religious Education: Exploring the Role of University Lecturers in Merging Science, Technology, Engineering, and Mathematics with Faith-Based Pedagogy
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aghni, AZ (2018). Implementasi Pembelajaran I-STEM (Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika) untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Menumbuhkan Karakter Positif pada Siswa . Universitas Negeri Semarang.
Agry, FP, & Kartono, K. (2021). Implementasi untuk Model STEAM (Sains, Technology, Engineering, Art, and Mathematic): Pembelajaran Matematika untuk Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana , 4 (1), 126–129. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/834
Ardana, IC, Aritonang, LR, & Dermawan, ES (2013). Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Kesehatan Fisik untuk Memprediksi Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Tingkat Akhir (Skripsi) S1 Akuntansi FE Untar). Jurnal Akuntansi , XVII (03), 444–458. https://adoc.pub/kecerdasan-intelektual-kecerdasan-emosional-kecerdasan-spiri.html
Atmojo, IRW, Ardiansyah, R., Saputri, DY, Mulyono, H., & Adi, FP (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Engenering, Art And Mathematich (STEAM) untuk Meningkatkan Kompetensi Paedagogik dan Profesional Guru SD Melalui Metode Lesson Study. Jurnal Pendidikan Dasar , 8 (2), 119–123. https://doi.org/https://doi.org/10.20961/jpd.v8i2.44214
Bal, AP (2022). Pendapat Calon Guru Kelas tentang Pendidikan STEM STEM Eğitimine Yönelik Sınıf Öğretmeni Adaylarının Görüşleri. Jurnal Pendidikan Kastamonu , 30 (1), 196–204. https://doi.org/https://doi.org/10.24106/kefdergi.
Basri, H. (2014). Menggunakan Penelitian Kualitatif dalam Studi Akuntansi dan Manajemen: Bukan Agenda Baru. Jurnal Administrasi Publik AS-Tiongkok , 11 (10), 831–838. https://doi.org/10.17265/1548-6591/2014.10.003
Becker, K., & Taman, K. (2011). Pengaruh Pendekatan Integratif Antara Mata Pelajaran Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika (STEM) terhadap Pembelajaran Siswa: Analisis Meta Awal. Jurnal Pendidikan STEM , 12 (5), 23–38. https://eric.ed.gov/?id=EJ943196
Fathoni, A., Muslim, S., Ismayati, E., Rijanto, T., Munoto, & Nurlaela, L. (2020). TANGKAI : Inovasi dalam Pembelajaran Vokasi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan , 17 (1), 33–42. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22832
Febriana, F., & Cecep Anwar. (2022). Manajemen Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur'an dan As-Sunnah. Konferensi Kajian Ushuluddin ke-2 (hlm. 396-403). Bandung: Rangkaian Konferensi Gunung Djati .
Fraillon, J., Ainley, J., Schulz, W., Friedman, T., & Gebhardt, E. (2014). Mempersiapkan Hidup di Era Digital. Dalam Mempersiapkan Hidup di Era Digital . https://doi.org/10.1007/978-3-319-14222-7
Hatip, M., Sanosra, A., & Qomariah, N. (2018). Kompetensi Dosen, Profesionalisme Dosen, dan Kecerdasan Spritual Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Kompetensi Dosen, Profesionalisme Dosen, dan Kecerdasan Spiritual Dampaknya Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia , 8 (1), 112–130. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/smbi.v8i1.1770
Havice, W., Havice, P., Waugaman, C., & Walker, K. (2018). Mengevaluasi Efektivitas Pendidikan STEM Integratif: Pengembangan Profesional Guru dan Administrator. Jurnal Pendidikan Teknologi , 29 (2), 73–90. https://doi.org/10.21061/jte.v29i2.a.5
Ishak, AMF, Israwaty, I., & Halik, A. (2021). Penerapan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas Lima di Kabupaten Barru. Jurnal Pendidikan Pinisi , 1 (3), 38–58. https://ojs.unm.ac.id/PJE/article/view/26603/13495
Khairani, Mukhni, & Aini, FQ (2018). Pembelajaran Berbasis STEM dalam Perkuliahan Kalkulus di Perguruan Tinggi. UJMES (Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Uninus) , 3 (2), 104–111. https://doi.org/https://doi.org/10.30999/ujmes.v3i2.544
Milner-Bolotin, M. (2018). Penelitian Berbasis Bukti dalam Pendidikan Guru STEM: Dari Teori ke Praktek. Perbatasan dalam Pendidikan , 3 (November), 1–9. https://doi.org/10.3389/feduc.2018.00092
Nasional, DP (2018). Kamus Besar Bahasa Indonesia (hlm. 1–1701). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Nuragnia, B., Nadiroh, & Usman, H. (2021). Pembelajaran STEAM di Sekolah Dasar: Implementasi dan Tantangan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan , 6 (2), 187–197. https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i2.2388
Nurwahyunani, A. (2021). Tinjauan Pustaka: Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmuwan Muda Berbakat , 9 (5), 11–17. https://doi.org/https://doi.org/10.17478/jegys.853203
Permanasari, A. (2016). Pendidikan STEM : Inovasi dalam Pembelajaran Sains. Seminar Nasional Pendidikan Sains “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains Dan Kompetensi Guru Melalui Penelitian & Pengembangan Dalam Menghadapi Tantangan Abad-21” Surakarta, 22 Oktober , 23–34. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snps/article/view/9810
Pramudiyani, A., & Indratno, TK (2021). Peningkatan kompetensi profesional guru dalam penerapan STEAM pada PAUD. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan , 000 (Agustus), 623–629.
Sa'ida, N. (2021). Implementasi Model Pembelajaran STEAM pada Pembelajaran Daring. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian , 7 (2), 123–128. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n2.p123-128
Sakti, I., Nirwana, & Defianti, A. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis STEM pada Mata Kuliah Kajian IPA-1 Materi Suhu dan Kalor untuk Meningkatkan Literasi Sains Mahasiswa. Jurnal Kumparan Fisika , 5 (2), 131–140. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jkf.5.2.131-140
Setyaningsih, E., Adnan, M., Ahmad, CNC, & Anif, S. (2021). Tinjauan Pustaka: Perkembangan Pembelajaran STEM di Indonesia Berdasarkan Variasi Mata Pelajaran, Media, dan Strategi Pembelajaran Tahun 2015 hingga 2019. Review International Geographical Education Online , 11 (4), 1023–1033. https://doi.org/10.33403/rigeo.8006816
Shernoff, DJ, Sinha, S., Bressler, DM, & Ginsburg, L. (2017). Menilai Kebutuhan Pendidikan Guru dan Pengembangan Profesi untuk Penerapan Pendekatan Terpadu Pendidikan STEM. Jurnal Internasional Pendidikan STEM , 4 (1), 1–16. https://doi.org/10.1186/s40594-017-0068-1
Sinambela, LP (2017). Profesionalisme Dosis dan Kualitas Pendidikan Tinggi. populis : Jurnal Sosial Dan Humaniora , 2 (2), 579–596. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.47313/pjsh.v2i2.347
Siron, Y., Nuryanah, AI, Huraerah, H., & Rahmani, NF (2020). Wajah TK Berbasis Islam: Kesiapan Guru dalam Penerapan Pembelajaran STEM. Al-Hikmah: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia , 4 (2), 171–192. https://doi.org/https://doi.org/10.35896/ijecie.v4i2.146
Stohlmann, M., Moore, T., & Roehrig, G. (2012). Pertimbangan untuk Pengajaran Pendidikan STEM Terpadu. Jurnal Penelitian Pendidikan Teknik Pra-Perguruan Tinggi , 2 (1), 28–34. https://doi.org/https://doi.org/10.5703/1288284314653
Sunaryati, T. (2022). (Ketua Prodi PGSD), Wawancara, 28 Juni .
Supyani, Y., & F, DF (2021). Klasifikasi Kompetensi Digital Dosen Bahasa Inggris di Era Pandemi. Sebatik , 25 (2), 460–467. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1524
Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan , 9 (2), 58–64. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/jbmp.v9i2.110927
Sutrisno, RR, & Hamdu, G. (2020). Aplikasi Mobile Learning Model Pembelajaran STEM untuk Guru Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan , 3 (3), 227–238. https://doi.org/10.17977/um038v3i32020p227
Torlakson, T., & Bonilla, Susan A. (2014). Inovasi Cetak Biru untuk Pendidikan STEM - Sains (Departemen Pendidikan CA). Warga California Berdedikasi untuk Yayasan Pendidikan , Mei , 52.
Uğraş, M., & Genç, Z. (2018). Menyelidiki Niat Mengajar STEM Calon Guru Prasekolah dan pandangan tentang Pendidikan STEM. Jurnal Fakultas Pendidikan Universitas Bartin , 7 (2), 724–744. https://doi.org/https://doi.org/10.14686/buefad.408150
Wahyuni, S., Reswita, & Afidah, M. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Sains, Teknologi, Seni, Teknik Dan Matematika Pada Kurikulum PAUD. Jurnal Zaman Keemasan , 4 (02), 297–309. https://doi.org/https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i02.2441
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i4.5231
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Tri Ngudi Wiyatno, Muhammad Zaini El Wahyu, Ainur Rahman, Sarwo Edy
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.