Optimizing Teachers’ Potential as Youtubers to Face Merdeka Belajar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulloh, A., Fahmi, M. Z., & Siswanto, I. (2019). Penggunaan Media Sosial (Youtube) Sebagai Media Inovatif Dalam Pembelajaran Di Madrasah Gresik. 5(1), 33–37.
Ahdan, S., Sucipto, A., Priandika, A. T., Setyani, T., Safira, W., & Sari, K. (2021). Peningkatan Kemampuan Guru SMK Kridawisata di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pengelolaan Sistem Pembelajaran Daring. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 5(2), 390–401.
Amada, N. Z., & Hakim, A. (2022). Analisis Penggunaan Youtube sebagai Media Ajar Pendidikan Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Riset Pendidikan Guru Paud, 8–14. https://doi.org/10.29313/jrpgp.vi.612
Azizan, N., Lubis, M. A., & Muvid, M. B. (2020). Pemanfaatan Media Youtube untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Darul ’Ilmi, 08(02), 195–212.
Februesty Maya Lestari, I. B. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Berbasis Youtube dalam Pembelajaran Tematik Kelas 2 Di Masa Pandemi Covid-19. Journal Elementary Education, 1(1).
Hamidah, F. N., Yanuarmawan, D., & Sukya, F. (2021). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Youtube untuk Meningkatkan Kualitas dan Kreativitas Guru Bahasa Inggris SMK. Jurnal ABDINUS : Jurnal Pengabdian Nusantara, 4(2), 365–374. https://doi.org/10.29407/ja.v4i2.15216
Hasan, K. (2020). Relationship of Professionalism With Religious Moderation In Islamic Religious Education Teachers. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 119–130. Retrieved from http://jurnal.staiannawawi.com/index.php/At-Tarbiyat/article/view/223
Hasan, K. (2023). the Four Pillars of Education By Unesco and the Metaverse: Repositioning Islamic Education. Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman, 14(1), 85–105. https://doi.org/10.47498/bidayah.v14i1.1928
Hasan, K., & Hasan, K. (2023). Characteristics Of Islamic Education In West Aceh as a Sharia Autonomous Region. 6(1), 73–87.
Hasmiza, H., & Humaidi, M. N. (2023). Efektivitas Youtube Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digitalisasi. Research and Development Journal of Education, 9(1), 97. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.13928
Istarani, & Pulungan, I. (2015). Ensiklopedi Pendidikan Jilid I. Medan: Media Persada.
Kusumaningrum, H., Unik Hanifah Salsabila, Nanik Rahmanti, Istiani Nur Kasanah, & Dian Sidik Kurniawan. (2022). Optimalisasi Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Daring. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 5(1), 92–114. https://doi.org/10.54396/saliha.v5i1.223
Lestari, R. (2013). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris. Seminar Nasional Kedua Pendidikan Berkemajuan Dan Menggembirakan (The Second Progressive and Fun Education Seminar), 607–612. Retrieved from https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/9566/68.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Muhammad, M., & Nudyansyah, N. (2015). Pendekatan Pembelajaran Saintifik. Sidoarjo: Nizamiah Learning Center.
Nur Setiyana, F., & Badu Kusuma, A. (2021). Potensi Pemanfaatan Youtube Dalam Pembelajaran Matematika. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 6(1), 71–90. https://doi.org/10.33541/edumatsains.v6i1.2945
Nurhidayati, T. (2015). Inovasi Pembelajaran PAI Berbasis Multiple Intelligences. Pendidikan Agama Islam, 3(1).
Parinata, D. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Youtube Dan Facebook Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 2(1), 11–17. https://doi.org/10.33365/ji-mr.v2i1.1061
Permatasari, D., Amirudin, A., & Sittika, A. J. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Youtube Dalam Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Glasser, 6(1), 10. https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1164
Purwandari, E. (2019). Pemanfaatan Youtube sebagai Sumber Belajar Fisika. 2, 83–90.
Salsabila, U. H., & Dkk. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajan di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(2).
Suradika, A., Gunadi, A. A., & Jaya, S. A. (2020). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh pada Kelas III Sekolah Dasar Islam An - Nizomiyah. Jakarta: LPPM UMJ. Retrieved from http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit
Suwarno, M. (2017). Potensi Youtube Sebagai Sumber Belajar Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i1.1989
Yudha, J. R. P. A., & Sundari, S. (2021). Manfaat Media Pembelajaran YouTube terhadap Capaian Kompetensi Mahasiswa. Journal of Telenursing (JOTING), 3(2), 538–545. https://doi.org/10.31539/joting.v3i2.2561
Yusi Kamhar, M., & Lestari, E. (2019). Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia DI Perguruan Tinggi (Utilizing Youtube Social Media as Indonesian Language Learning Media in Higher Education). Inteligensi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2), 1–7.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.4921
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Masni Masni, Maya Agustina, Khairuddin Hasan
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.