Development of Interactive Multimedia Indonesian Language Teaching Material Based on Problem-Based Learning (PBL) in Elementary Schools
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20–31. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891
Agustina, U., & Elan, E. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Articulate Storyline Pada Materi Keragaman Budaya Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas V SDN Sindangheula 02. Js (Jurnal Sekolah), 5(3), 165–169. https://doi.org/10.24114/js.v5i3.26827
Agustina, Y., & Desyandri, D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif Macromedia Flash 8 Berbasis Pendekatan Steam Pada Pembelajaran Tematik …. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 13(2), 294–308.
Aini, A. Z., Fatmawati, P., & Isfihana, E. (2021). Penggunaan Google Form Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Volume Bangun Ruang SDN 1 Kwagean. Prosiding Sendika, 7(2), 530–536.
Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.
Amiroh. (2019). Mahir Membuat Media Interaktif Articulate Storyline. Cipta Artha Media.
Apriati, L., Mulawarman, W. G., & Ilyas, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Menyimak Berbasis Multimedia Interaktif pada Pelajaran Tematik dengan Tema “Indahnya Kebersamaan” untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 4(1), 13–22. https://doi.org/10.30872/diglosia.v4i1.73
Arisanti, Y., & Adnan, M. F. (2021a). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Software Macromedia Flash 8 untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2122–2132.
Aulia, D., Firman, & Desyandri. (2023). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Canva Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Siswa Sekolah Dasar. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1), 32–41.
Desyandri, V. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Identifikasi Masalah. 163–174. https://doi.org/10.31227/osf.io/h86jp
Diyana, T. N., Supriana, E., & Kusairi, S. (2020). Pengembangan multimedia interaktif topik prinsip Archimedes untuk mengoptimalkan student centered learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 171–182. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27672
Fadilah, S. N., & Erita, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Aplikasi Articulate Storyline pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V Sekolah Dasar Keywords: Instructional Media, Articulate Storyline. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3173–3186.
Mastroleo. (2020). Initial testing of a computer-based simulation training module to support clinicians’ acquisition of CBT skills for substance use disorder treatment. Journal of Substance Abuse Treatment, 114.
Mawarsari, N., & Wardani, K. W. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Numerasi pada Kurikulum Merdeka Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(12), 5461–5465. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i12.1177
Mufidah, E., & Khori, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Articulate Storyline untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid 19. Ibtida’, 2(2), 124–132. https://doi.org/10.37850/ibtida.v2i2.214
Nahdiah, U., Sunaryo, H., & Susiani, R. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Materi Perubahan Energi Melalui Model Problem Based Learning Didukung Media Multimedia Interaktif Pada Kelas IV SD Negeri Cangkringan Nganjuk. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1925–1938.
Nasril, U., & Desyandri. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Articulate Storyline 3 Berbasis Project Based Learning ( PjBL ) di Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Practice Learning and Educational Development, 3(1), 77–88. https://doi.org/10.58737/jpled.v3i1.97
Nazhiroh, S. A., Jazeri, M., & Maunah, B. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif E-Komik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 405–411. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.193
Novelita, N., & Darmansyah. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Kurikulum Merdeka Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik :Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 08(02), 1538–1550. https://doi.org/10.56304/s0040363622080021
Oktavi, W., & Taufina, T. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar Oktavia. … Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah …, 8(6), 78–88. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/9057
Oktavia, N., & Desyandri, D. (2021). Validitas dan Praktikalitas Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Sekolah Dasar Kota Padang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(2), 58. https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i2.112704
Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 56–65. https://doi.org/10.33365/jm.v3i1.1008
Prananda, G., Wardana, A., & Darniyanti, Y. (2021). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tema 6 Subtema 2 Untuk Siswa Kelas SD Negeri 17 Pasar Masurai 1. Jurnal Dharma PGSD, 1(1), 38–45. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha/article/view/104
Pratiwi, K. I. A., Margunayasa, I. G., & Trisna, G. A. P. S. (2023). Project-Based Learning Interactive Multimedia with Orientation of Environmental Problems Assisted by Articulate Storyline 3 for Grade V Elementary Schools. Journal of Education Technology, 7(2), 332–342. https://doi.org/10.23887/jet.v7i2.59615
Rahmadani, R., & Taufina, T. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 938–946. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.465
Ridho, H., & Didah, N. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pena Literasi, 6(1), 54–64.
Roza, N. A., & Desyandri. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4817–4825. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v11i3.27213
Salwani, R., & Ariani, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Tema 3 Subtema 3 Berbasis Articulate Storyline 3 di Kelas VA SDIT Mutiara Kota Pariaman. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 409–415. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/963
Sari, D. P., & Sukma, E. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Cooperative Learning Tipe Team Assisted Individualized ( TAI ) untuk Siswa Sekolah Dasar. 4(1), 1027–1040.
Sunarto, R. (2015). Pengantar Statistika Untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Cetakan Ke-4. Alfabeta.
Tambunan, L. R., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2020). Implementasi E-book Berbasis Smartphone pada Materi Polinomial di Kelas XI SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah.
Tasya, N., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 660–662.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.4742
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fitra Ramadani, Desyandri Desyandri, Elfia Sukma, Yeni Erita
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.