Development of a 2-D Motion Tracker Application Project Assisted By Computer Vision to Enhance Student’s Laboratory Skills
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akçayir, M., Akçayir, G., Pektaş, H. M., & Ocak, M. A. (2016). Augmented reality in science laboratories: The effects of augmented reality on university students’ laboratory skills and attitudes toward science laboratories. Computers in Human Behavior, 57, 334–342. https://doi.org/10.1016/J.CHB.2015.12.054
Ardiansyah, N. F., Rabi’, A., Minggu, D., & Dirgantara, W. (2019). Computer Vision Untuk Pengenalan Obyek Pada Peluncuran Roket Kendaraan Tempur. JASIEK (Jurnal Aplikasi Sains, Informasi, Elektronika Dan Komputer), 1(1). https://doi.org/10.26905/jasiek.v1i1.3142
Candra, R., & Hidayati, D. (2020). Penerapan Praktikum dalam Meningkatkan Keterampilan Proses dan Kerja Peserta Didik di Laboratorium IPA. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 26–37. https://doi.org/https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.1289
Erviani, F. R., Sutarto, & Indrawati. (2016). Model Pembelajaran Instruction, Doing, dan Evaluating (MPIDE) Disertai Resume dan Vdeo Fenomena Alam dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1).
Fatmawati, F., Sofyan, E., & Eko Prasetyo, E. (2021). PEMODELAN DAN SIMULASI GERAK DUA DIMENSI ROKET BALISTIK 122. Teknika STTKD: Jurnal Teknik, Elektronik, Engine, 7(2). https://doi.org/10.56521/teknika.v7i2.323
Gurusinga P., Sibarani R. (2011). Analisis Rata-rata Nilai Fisika dengan Metode Ekspositori dan Inkuiri. Jurnal Ilmiah Satya Negara Indonesia, 4(2), 28–36.
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. Unpublished.[Online] URL: Http://Www. Physics. Indiana. Edu/~ Sdi/AnalyzingChange-Gain. Pdf.
Holinda Sari, E. (2022). Sistem Tracking Multi Object Yang Bergerak Di Jalan Raya Dengan Metode Frame Difference Dan Edge Detection. Jurnal Impresi Indonesia, 1(9). https://doi.org/10.36418/jii.v1i9.456
Ilahi, T. D. W., Mufit, F., Hidayati, H., & Afrizon, R. (2021). Disain dan Validitas Multimedia Interaktif Berbasis Konflik Kognitif pada Materi Vektor untuk Kelas X SMA/MA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 12(2). https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.9324
Imama, N., Sutarto, S., & Harijanto, A. (2021). MODEL PEMBELAJARAN DENGAN KEGIATAN MENDESKRIPSIKAN DEMONSTRASI SECARA KONSEPTUAL DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2).
Khoirunnisa, I., Linuwih, S., Fisika, J., Matematika, F., Ilmu, D., & Alam, P. (2020). Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Tahfidz dan Reguler Materi Gerak Parabola. Unnes Physics Education Journal, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/upej.v9i2.41915
Kulsum, U., & Nugroho, S. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Problim Solving untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Komunikasi Ilmiah Siswa pada Mata Pelajaran Fisika. UPEJ Unnes Physic Education Jurnal, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/upej.v3i2.3600
Mahmuda, M., Nafaida, R., Mustika, D., & Saputra, H. (2022). Media Simulasi Gerak Peluru Menggunakan VBA Excell Dalam Pembelajaran Fisika Pada Materi Gerak Parabola. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Sains, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33059/gravitasi.jpfs.v5i02.6490
Murlin, A., Tawil, M., & Samad, A. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Eksperimen dengan LKPD Terstruktur Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 2 Sukamaju. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26618/jpf.v3i2.265
Nasution, S. H. (2018). Pentingnya literasi teknologi bagi Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 14–18. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um076v2i12018p14-18
Naufal, M., Wiyuna, T., Bintarum, A. D., & Burhanudin, A. F. (2022). Desain Simulasi Gerak Parabola Sebagai Pemanfaatan Pembelajaran Fisika SMA Kelas X Menggunakan Pygame. Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, Dan Terapan Teknologi, 1(2). https://doi.org/10.58797/pilar.0102.08
Nurullaeli, N. (2022). MEDIA ANALISIS DAN SIMULASI GERAK MENGGELINDING DI BIDANG DATAR BERBASIS MATLAB. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi). https://doi.org/10.30998/semnasristek.v6i1.5817
Oktaviastuti, R., & Anggaryani, M. (2014). Implementasi Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Fisika sebagai Upaya Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI di SMA Wachid Hasyim 2 Taman Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 3(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ipf.v3n1.p%25p
Ottander, C., & Grelsson, G. (2006). Laboratory work: the teachers’ perspective. Journal of Biological Education, 40(3), 13–118. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/00219266.2006.9656027
Pasaribu, D. S. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas X Sman 10 Muaro Jambi. EduFisika, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edufisika.v2i01.4043
Prastya, B. M. Y., Sri, B., & Daru, W. (2023). Development Of Physics Learning Media PHY-ART (Physics With Augmented Reality Technology) To Empower Student’s Laboratory Skills. JIPF (JURNAL ILMU PENDIDIKAN FISIKA), 8(2), 192–199. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jipf.v8i2.3730
Puryadi. (2017). IMPLEMENTATION OF EXPERIMENT METHOD TO INCREASE STUDY ATTITUDES AND STUDENT LEARNING ACHIEVEMENTS. DIADIK : Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33369/diadik.v7i2.3691
Puspitasari, W. D., & Febrinita, F. (2020). Persepsi mahasiswa tentang pemahaman konsep kinematika gerak ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.15294/upej.v9i2.41927
Qomariyah, N., Wirawan, R., Minardi, S., Alaa’, S., & Yudi Handayana, I. G. N. (2020). PENDALAMAN KONSEP FISIKA MENGGUNAKAN ALAT PERAGA BERBASIS MIKROKONTROLER PADA SISWA SMA. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1). https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3225
Rajagukguk, J., & Sarumaha, C. (2017). Pemodelan Dan Analisis Gerak Parabola Dua Dimensi Dengan Menggunakan Aplikasi Gui Matlab. Jurnal Saintika, 4(4). https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jiaf.v4i4.11378
Rosyanti, A. (2018). PENGARUH METODE EKSPERIMEN DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 LHOONG ACEH BESAR PADA MATERI GERAK PARABOLA. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Rustan, R. (2021). Pemodelan Gerak 2 Dimensi Berbasis GUI Matlab dengan Ketinggian Awal Tertentu. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 14(2). https://doi.org/10.37729/radiasi.v14i2.1288
Sari, S. R. (2013). Simulasi Gerak Peluru Yang Dipengaruhi Gaya Hambat Udara Beserta Analisisnya Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Delphi 7.0. Inovasi Fisika Indonesia, 2(1), 0–4. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/ifi.v2n1.p%25p
Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran Fisika dengan Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar kognitif dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan Ipa, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.6278
Swandi, A., Rahmadhanningsih, S., Viridi, S., Nurhayati, N., Putri, R. A., & Suryadi, A. (2021). Simulasi Gerak Translasi Dan Gerak Melingkar Menggunakan Vba Macro Excel Melalui Project Based Learning (Pbl). JPF (Jurnal Pendidikan Fisika), 9(1), 33. https://doi.org/10.24252/jpf.v9i1.20519
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System. Education Resources Information Center (ERIC).
Tjolleng, A. (2017). Pengantar Pemrograman Matlab. Elex Media Komputindo.
Toar-lumimuut, Tolah, R. E. P., Sengkey, R., & Rindengan, Y. D. Y. (2015). Perancangan Simulasi Otomatis Traffic light Menggunakan Citra Digital Studi Kasus. E-Journal Teknik Elektro Dan Komputer, 4(4). https://doi.org/https://doi.org/10.35793/jtek.v4i4.8971
Widodo., & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49). https://doi.org/10.22146/jfi.24410
Zulkarnain, Z., Islahudin, I., Isnaini, M., Utami, L. S., Anwar, K., & Darmayanti, N. W. S. (2023). Project 2-D Motion Simulation Based on Matlab Graphical User Interface in Physics Learning. Radiasi : Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 16(1), 9–16. https://doi.org/10.37729/radiasi.v16i1.2149
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.4736
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Zulkarnain Zulkarnain, N. W. S Darmayanti, L.S Utami, Johri Sabaryati, M. Isnaini
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.