The Role of Fresh Graduates as Learning Volunteers in the Covid-19 Pandemic
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asrianto. (2018). Peran Komunitas Sokola Kaki Langit Dalam Membina Anak Usia Sekolah Di Bonto Manai Kabupaten Maros. Pendidikan Sosiologi FIS-UNM
Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Ayi, Suprihatin, Dkk. (2020). Efektivitas Pendampingan Belajar Anak Dalam Mengatasi Kesulitan Orang Tua Saat Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi di Desa Kebulusan, Kabupaten Kebumen. Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
Damayanthi, Adriana. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. Jurnal Edutech, 8(2).
Dewi, Wahyu Aji Fatma. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2 (1). 55-61 .
Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi COVID-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https:// doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659
Ginandjar Kartasasmitha. (1996). Pembangunan Untuk Rakyat: Memadukan Pertumbuhan dan Pemerataan. Jakarta: PT Pusaka Cisendo
Hamalik, Oemar . (2004). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Isbandi. (2008). Intervensi Komunitas Pengembangan Masyarakat Sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta : PT Grafindo Persada
KBBI Daring. (2020). Efektif [daring] Dapat diakses di: https://kbbi.kemdikbud.go.id/
Munawar Noor. (2011). Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Ilmiah CIVIS, 1(2). 34-46.
Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi COVID-19 Pada MataPelajaran Matematika the Effectiveness of E-Learning Using Online Media During the COVID19 Pandemic in Mathematics. Al Asma: Journal of Islamic Education, 2(1), 1–12.
Nakayama M, Yamamoto H, & S. R. (2007). The Impact of Learner Characterics on Learning Performance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal E-Learning. Vol.5(3): 22-41
Normina. (2016). Partisipasi Masyarakat Dalam Pendidikan. Ittihad Jurnal. 14 (2).
Pujilestari, Y. (2020). Dampak positif pembelajaran online dalam sistem pendidikan Indonesia pasca pandemi covid-19. Buletin Hukum dan Keadilan, 4(1): 49-56.
Putra, Made Waisnawa. (2020). Kompleksitas Permasalahan Pada Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj Moda Daring) Di Era Covid 19 (Faktor Penguasaan Guru, Siswa, Orang Tua) “Solusi & Pemecahan Masalah” (Studi Kasus Di SMP Paramarta Semester Ganjil Ta 2020/2021). Cetta : Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(1): 23-34
Ramadhan, Rizky, Uwes Anis Chaeruman, dan Cecep Kustadi. (2020). Pengembangan Pembelajaran Bauran (Blended Learning) di Universitas Negeri Jakarta. Jurnal Pembelajaran Inovatif. Vol 1(1) : 37-48
Sadikin, Ali, dan Afreni Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, Vol 6(2) : 214-224
Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial dan Budaya Syar-i, 7(5).
Singh, G., ’donoghue, J. O., & Worton, H. (2005). A Study Into The Effects Of eLearning On Higher Education. Journal of University Teaching & Learning Practice , 2(1)
Wahyu Aji Fatma Dewi (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan. 2 (1) : 55-61
World Health Organization. Pertanyaan dan Jawaban Terkait Coronavirus [daring] Dapat diakses di: https://www.who.int/indonesia/news/novel-coronavirus/qa-for-public
Zhafira, Nabila Hilmi, Yenny Ertika, dan Chairiyaton. (2020). Presepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, Vol 4(1) : 37-45
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.457
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Bertholomeus Jawa Bhaga
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.