The Role of Islamic Higher Education Institution in Developing Students' Character Value

Wati Oviana, Fakhrul Rijal

Abstract


The development of character values for students is an obligation for every higher education institution to ensure that students' national education goals and competency achievements can be carried out correctly. This study aims to describe and obtain data about the role of Islamic  Higher Education Institution (PTKIN) Aceh in fostering student character values. The method used in this research is descriptive. Data was collected using qualitative research methods with data collection techniques in interviews, documentation, observation, and FGD. Data analysis was performed using data reduction techniques, data presentation and data verification and conclusion drawing. The results showed that the role of PTKIN Aceh in fostering student character values was carried out through the formulation of a vision and mission, curriculum, programs, rules, facilities, and the implementation of lecture activities that were oriented towards student character. Character planting in lecture activities is still carried out in various ways by each course instructor.

Keywords


Role of PTKIN Aceh, Character Value, Student

Full Text:

PDF

References


Agustian, Ary Ginanjar. (2009). Bangkit dengan Tujuh Budi Utama. Jakarta: PT Arga Publishing.

Amin, M. Maswardi. (2011). Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Jakarta: Badouse Media.

Andrianto, Tuhana Tufiq. (2011). Mengembangkan Karakter Sukses Anak di Era Cyber. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

B. Suryosubroto. (2002). Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Challagam,Michael dan Joan Rotheri.(1993). Teaching Factual Writing. Erskineville: MEDSP.

Dahliyana, Asep. (2017). “Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakulikuler di Sekolah”. Jurnal Sosiologi 15 (1): 59. Diakses pada tanggal 9 Juli 2020 dari situs: https://ejournal.upi.edu/index.php/SosioReligi/article/viewFile/5628/3821.

Depdiknas, Undang-Udang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses tanggal 10 Juli 2020 dari situs: http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional.

Fauzi Anis dan Mujibuddda’wah. (2016). “Implementasi Pendidikan Karakter dalam Menumbuhkan Perilaku Sosial dan Keagamaan Siswa”. Jurnal Latera Pendidikan. 19 (2): 158. Diakses pada tanggal 11 Juli 2020 dari situs:http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/lentera pendidikan/article/view/2056.

Fitri, Agus Zaenal. (2012). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Ginting, Abdorrakhman. (2008). Esensi Praktis Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Grabe, W. & Kaplan R. (Ed.). (1992). Introduction to Applied Linguistics. New York: Addison-Wesley Publishing Company.

Graff, Harvey J. (2006). Literacy. Microsoft® Encarta® [DVD]. Redmond, WA: Microsoft Corporation 2005.

Hauw Sin, Tjung. (2019). “Penerapan Karakter Pada Mata Kuliah Atletik Dasar”. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 4 (2): 107. Diakses tanggal 10 Juli 2020 dari situs: https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/download/467/437.

Hidayatullah, M. Furqon. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Johansyah. (2011). “Pendidikan Karakter dalam Islam: Kajian dari Aspek Metodologis”. Jurnal Ilmiah Islam Futura. 11 (1): 86. Diakses pada tanggal 10 Juli 2020 dari situs:

https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/islamfutura/article/view/63.

KKNI. (2018). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam: Jakarta.

Diakses pada tanggal 10 Juli 2020 dari situs: http://diktis.kemenag.go.id/NEW/file/dokumen/2815324462893281MFULLpdf.

Kemendikbud. (2013). Buku Diklat Guru dalam Rangka Implementasi Kurikulum 2013, Mata Diklat: 2. Analisis Materi Ajar, Jenjang: SD/SMP/SMA, Mata Pelajaran: Konsep Pendekatan Scientific. Jakarta.

Kemendikbud. (2017). Modul Penilaian dan Pemantauan Pembelajaran SMP: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Jakarta.

Kemendiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter, Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Pembukuan. Jakarta.

Kern, R. (2000). Literacy and Language Teaching. Oxford: Oxford University Press.

Kurniawan, Syamsul. (2013). Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasi Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lamada, Mustari dkk. (2019). “Analisis Kemampuan Literasi SMK Negeri Di Kota Makassar”. Jurnal Mekom. 6 (1): 36. Diakses pada tanggal 11 Juli 2020 dari situs: https://ojs.unm.ac.id/mkpk/article/view/12000.

Majid, Abdul. (2005). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Megawangi, Ratna. (2004). Pendidikan Karakter Solusi Yang Tepat Untuk Membangun Bangsa. Jakarta: Indonesia Heritage Foundation.

Muslich. Mansur (2007). Sertifikasi Guru Menuju Profesionalisme. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Miles dan Hubermen. (2007). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press. Diakses pada tanggal 10 Juli 2020 dari situs: http://lib.ui.ac.id/detail?id=76.

Musan Bali, Markus. (2013). “Peran Dosen Mengembangkan Karakter Mahasiswa”. Jurnal Homuniara. 4 (2): 804. Diakses tanggal 10 Juli 2020 dari situs: https://jounal.binus.ac.id/index.php/Humaniora/articel/view/3508.

Mulyasa, E. (2013). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 22 tahun 2016 tentang standar proses pelaksanaan pembelajaran Sekolah Dasar dan Menengah.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SD/MI.

Peraturan Pemerintah RI No.74 Tahun 2008.

Powerpoint, Rambu-rambu penyusunan RPP kurikulum 2013. Departemen Pendidikan nasional: Jakarta. Dari situs: https://www.slideshare.net/GubhanfGubhanf/rambu-rambu-penyusunan-rpp-45556893.

Permenrisdikti No. 44 tahun 2015 tentang Standar Kompetensi Lulusan Perguruan Tinggi.

Sari, N.K. (2013). Pendidikan dan Pembinaan Karakter Bangsa. http://nuriithaa.blogspot.com/2013/04/pendidikan-dan-pembinaan-karakter bangsa.html. .

Suzanna, Yenni. (2011). “Pengembangan Nilai-nilai Karakter Mahasiswa dalam Pembelajaran Melalui Metode Blended Learning”. Jurnal LSM XIX STAIN Zawiyah Cot Kalla Langsa, 6(1).

Syarif, Elinadkk. (2009). Pembelajaran Menulis. Jakarta: Depdiknas.

Syaodih Sukmadinata, Nana. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tim Bahasa Pustaka Agung Harapan. (2003). Kamus Cerdas Bahasa Indonesia Terbaru. Surabaya: CV Pustaka Agung Harapan.

Widayanto. (2013). Mengimplementasikan Pendidikan Karakter Bangsa di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat. Widyaiswara Madya BDK Surabaya. http:// bdsurabaya.kemenag.go.id/file/dokumen/PBKB1.pdf.

Zahir, Abdul dkk. (2016). “Pengembangan Karakter Mahasiswa Melalui Praktek Dunia Kerja”. Prosiding Seminar Nasional, 2 (1). Diakses pada tanggal 8 Juli 2020 dari situs:

https://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/487/421.




DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.418

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Wati Oviana, Fakhrul Rijal

Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:

    

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.