Developing Pragmatic Learning on Hybrid Learning Model for Indonesian Language and Literature Education Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aksenta. (2023a). Hybrid learning dan pengembangan keterampilan pragmatik di era digital. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi, 15(1), 2023.
Aksenta. (2023b). LITERASI DIGITAL: Pengetahuan & Transformasi Terkini Teknologi Digital Era Industri 4.0 dan Sociaty 5.0. PT. In Sonpedia Publishing Indonesia.
Bailey, J. (2013). Blanded Learning Implementation Guide. In USA : Excelence in Education.
Fauziah. (2020). Metode Pembelajaran Berbasis Web (E-Learning) Dalam Proses Belajar Mengajar Secara Virtual. Jurnal Terapung: Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 35–44.
Gultom. (2022). Pembelajaran Hybrid Learning Model Sebagai Strategi Optimalisasi Sistem Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19 Pada Perguruan Tinggi Di Jakarta. Mediastima, 28(1), 11–22.
Harahap, M. S., & Fauzi, R. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Web. Jurnal Education and Development, 4(5), 13.
Hardyanto, R. H. (2017). Konsep Internet Of Things Pada Pembelajaran Berbasis Web. Jurnal Dinamika Informatika, 6(1), 87–97.
Hartini, L., Saifullah, A. R., & Sudana, D. (2020). Linguistik Forensik terhadap Perbuatan Tidak Menyenangkan di Media Sosial (Kajian Pragmatik). Deiksis, 12(03), 259.
Harun, A., Asyiah, N., Wijaya Kuswanto, C., Iqbal, A. H., Diadara, N., & Islam Negeri Raden Intan Lampung Indonesia, U. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Hybrid Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 349–359.
Huda, M. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. In Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Idris, H. (2018). Pembelajaran Model Blended Learning. Jurnal Ilmiah Iqra’, 5(1), 61–73.
Indarto, P., Fatoni, M., & Surakarta, U. M. (2018). Model Pembelajaran Hybrid Learning Pada Mata Kuliah Sepakbola Di Pendidikan Olahraga FKIP UMS. Seminar Nasional Pendidikan, 3(6), 55–63. http://hdl.handle.net/11617/10550
Jaelani, A. (2020). Penggunaan Media Online Dalam Proses Kegiatan Belajar PAI di Masa Pandemi Covid-19. Ika Pgsd Unars, 8(1), 12–24.
Januarisman. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas Vii. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166.
Krisma. (2021). The Realization Of The Directive’s Speech Action In The Dialogue Of Teaching Learning Processes In Biological Lessons At Santo Aloysius Private Vocational School, Palangka Raya. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 2(1), 79–90.
Lawanto, O., & Ketua. (2013). Pembelajaran Berbasis Web Sebagai Metoda Komplemen Kegiatan Pendidikan Dan Pelatihan. Unitas, 9(1), 44–58.
Maria. (2018). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning Pada Mata Pelajaran Etimologi Multimedia. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 152–165.
Mubarok, R. (2022). Manajemen Lembaga Pendidikan dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 01–09.
Muhammad. (2022). Aktivitas Komunikasi Non Verbal Antara Guru Dan Murid Penyandang Tuna Rungu Di Sekolah Luar Biasa (SDLB) Kasih Ibu Pekanbaru. In (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).
Olifia. (2024). Seni Komunikasi: Membangun Keterampilan Komunikasi yang Kuat di Era Digital. In PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Prananda, G., & Hadiyanto, H. (2019). Korelasi antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(3), 450107.
Raes. (2020). A systematic literature review on synchronous hybrid learning: gaps identified. In Learning environments research.
Rahmani, A. P. (2022). Penerapan Metode Blended learning untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik Selama Masa Pandemi Covid-19. EduBase : Journal of Basic Education, 3(1), 21–34.
Rusman. (2012). Model – Model Pembelajaran. In Depok : PT Rajagrafindo Persada.
Saifudin, A. (2018). Teori Tindak Tutur dalam Studi Linguistik Pragmatik. Urnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya, 2(1).
Sari, H. V. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Webuntuk Mengukur Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer Jaringandasar Program Keahlian Teknik Komputer Dan Jaringan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(1), 1008–1016.
Silahuddin, S. (2015). Penerapan E-Learning dalam Inovasi Pendidikan. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 48–59.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Sukanto, D. (2020). Pembelajaran Jarak Jauh Dengan Media E-Learning Sebagai Solusi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Syntax Idea, 2(1), 1–12.
Susanti. (2021). Pembelajaran aktif, Kreatif, dan Mandiri pada mata kuliah algoritma dan pemrograman. In Samudra Biru.
Triyono, M. G. (2021). Analisis efektivitas penggunaan model pembelajaran hybrid learning di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal IT-EDU., 5(2), 647.
Wahyudi, N. G., Studi, P., & Pendidikan, M. (2024). Indonesian Research Journal on Education. Ndonesian Research Journal on Education, 4(1), 444–451.
Zulaicha, D. F., Safitri, T., Istiqomah, I. A., Rahmadini, A. L., Permatasari, D., Dayu, K., & Pembelajaran, M. (2022). Model Pembelajaran Hybrid Learning Untuk Meningkatkan Pembelajaran Luring. Seminar Nasional Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pendidikan Dasar 2, 2(1), 240–246.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i4.3514
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Andiopenta, Akhyaruddin, Yusra D, Eddy Pahar Harahap
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.