Development of Students Worksheets Based on Local Wisdom of the Kampar Community for Social Studies Learning of Elementary School
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afandi, R. (2011). Integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran ips di sekolah dasar. Jurnal Pedagogia, 1(1), 85–98. https://doi.org/https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i1.32
Ananda, R. (2017). Penggunaan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV SD Negeri 016 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 1(1), 23–27.
Anggraini, F., Frima, A., & Valen, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Pada Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 2883–2891. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2515
Anggreani, C. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Bermuatan Budaya Lokal untuk Anak Usia Dini. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3500–3508. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.882
Aristiadi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Konsep Pemanasan Global. Bioedusiana, 4(2), 77–84. https://doi.org/10.34289/277886
Dermawati, Suprapta, & Muzakkir. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Lingkungan. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 74.
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846
Faqih, N. ., & Fauzi, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Buku Teks IPS Tema Indahnya Kebersamaan Pada Peserta Didik Kelas 4 MI An Nuriyah Kwanyar Bangkalan. FIKROH: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam, 13(2), 132–143. https://doi.org/https://doi.org/10.37812/fikroh.v13i2.98
Firmansyah, I., Asril, & Bedriati Ibrahim. (2022). Peran Lembaga Adat Kampar Dalam Mempertahankan Nilai Budaya Lokal Di Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(2), 423–430.
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Analisis kebutuhan pengembangan LKPD berbasis kearifan lokal daerah Banyuwangi di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar), 10(1), 62–73. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10il.20396
Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), 97. https://doi.org/10.33394/jk.v7i1.3462
Gustiawati, R., Arief, D., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Cerita Fabel Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 355–360. https://doi.org/https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V4i2.339
Hutama, F. S. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbasis Nilai Budaya Using Untuk Siswa Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 113. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8359
Jumriani, Syaharuddin, & Mutiani. (2021). Komponen Kurikulum IPS di Sekolah Dasar pada Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(3), 1120–1129. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1111
Krismona Arsana, I. W. O., & Sujana, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Project Based Learning Dalam Muatan Materi IPS. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1), 134. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i1.32817
Mubah, A. . (2011). Strategi Meningkatkan Daya Tahan Budaya Lokal Dalam Menghadapi Arus Globalisasi. Jurnal Unair, 24(4), 302–308.
Mukti, F., Connie, C., & Medriati, R. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMA Sint Carolus Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3), 57–63. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jkf.1.3.57-63
N.F., I. A., Roesminingsih, M. V., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatankan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8153–8162. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3762
Prastowo, A. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Panduan Lengkap Aplikatif. Diva Press.
Sabdarini, C., Egok, A. S., & Aswarliansyah, A. (2021). Pengembangan LKS Tematik Berbasis Kearifan Lokal pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3765–3777. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1393
Sapriya. (2017). Pendidikan IPS: Konsep dan Pembelajaran (8th ed). PT Remaja Rosda Karya.
Saputri, L., Destiniar, & Murjainah. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal dengan Pendekatan PMRI untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(03), 2949–2961. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1664
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Alfabeta.
Sulistyani, N., & Deviana, T. (2021). Pengembangan LKPD Matematika HOTS (Higher of Order Thinking Skills) Berorientasi Kearifan Lokal Daerah untuk Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(1), 304–312. https://doi.org/10.36312/jime.v7i1.1722
Supriatna, N. (2019). Pengembangan Kreativitas Imajinatif Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Sejarah. Historia: Jurnal Pendidik dan Peneliti Sejarah., 2(2), 73. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/historia.v2i2.16629
Susilawati, W. O. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4922–4938. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2909
Umar, Hasratuddin, & Surya, E. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Model Think Aloud Pair Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SD Negeri 067248 Medan. 06(03), 3402–3416. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1884
Vebrianti, Y., Noviana, E., & Kurniaman, O. (2017). Development of Student Worksheet Based on Local Wisdom Ips Studies Fourt Grade Iv Sdn 161 Pekanbaru Berbasis Kearifan Lokal Mata Pelajaran Ips Kelas Iv Sdn 161 Pekanbaru. 1–12.
Wahyudi, A. (2022). Pentingnya Pengembangan Bahan Ajar Dalam Pembelajaran Ips. Jurnal Education Social Science, 2(46), 51–61.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.3146
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yuyun Santika, Otang Kurniaman, Munjiatun Munjiatun, Zufriady Zufriady
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.