Clinical Supervision Based on Spiritual Quotient to Improve the Performance of Madrasah Teachers
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abas, H. E. (2017). Magnet Kepemimpinan Kepala Madrasah Terhadap Kinerja Guru (Revisi) STO Mohon Banyak Disebar Di Lampung. Elex Media Komputindo.
Abas, M. F., Mardani, R. M., & Priyono, A. A. (2020). Pengaruh Kecerdasan Emosinal dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(21).
Agustian, A. G. (2008). Rahasia Sukses Membangun ESQ Power, Sebuah Inner Journey Melalui Ihsan. Arga.
Aisyah T, N. (2017). Perbedaan persepsi kinerja guru pns dan non pns pada sekolah dasar negeri di desa saotengnga kabupaten sinjai. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Andani, Y. S. B., Yulianto, A., & Murwatiningsih, M. (2017). Model Supervisi Klinis Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Untuk Menigkatkan Kinerja Guru Produktif di SMKN 1 Kota Bima. Educational Management, 6(2), 163–169.
Arif, S. (2008). Implementasi supervisi klinis dalam pendidikan agama islam. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2).
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Baharuddin, B., & Zakaria, R. (2018). Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap peningkatan kinerja guru di SMA Negeri 3 Takalar Kabupaten Takalar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 1–10.
Ekowati, S., Finthariasari, M., Yulinda, A. T., & Sonitra, S. (2020). PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL, DAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA GURU SDN KECAMATAN PINO BENGKULU SELATAN. (JEMS) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 1(1), 10–19.
Fitriani, A., & Yanuarti, E. (2018). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Kecerdasan Spiritual Siswa. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 173–202.
Hamalik, O. (2011). Proses Balajar Mengajar. Bumi Aksara.
Hoerotunnisa. (2021). The Komplesitas Sikap Profesional Guru Dalam Pembelajaran Jarak Jauh. AL-HIKMAH (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam), 3(2), 149–156.
Ibda, H. (2017). Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Sd/Mi Melalui Menulis Di Media. Tarbawi: Jurnal Pendidikan Islam, 14(1).
Kakiay, A. N. (2018). Pengaruh kepemimpinan spiritual dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru. Jurnal Psikologi, 10(2).
Khodijah, N. (2013). Kinerja guru madrasah dan guru pendidikan agama Islam pasca sertifikasi di Sumatera Selatan. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 5(1).
Khodijah, N., & Sukirman, S. (2014). Hubungan Antara Kecerdasan Spiritual dan Self-Efficacy dengan Kinerja Guru Madrasah Aliyah Al-Fatah Palembang. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, 19(01), 1–22.
Kunandar. (2007). Implementasi Kurikulum KTSP. Raja Grafindo Persada.
Kurniawati, A. D., Sunaryo, H., & Priyono, A. A. (2018). Pengaruh kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan kecerdasan spiritual terhadap kinerja guru (studi empiris pada guru MTs Darul Hikmah Ngompak, Ngawi, Jawa Timur). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 7(03).
Lailatussaadah, L. (2015). Upaya Peningkatan Kinerja Guru. Intelektualita, 3(1).
Makhsun, N. (2020). Peningkatan Kinerja Guru MI Di Kecamatan Jumo Temanggung Dalam Penilaian Berbasis Kelas Melalui Supervisi Klinis. Wahana Akademika: Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 7(1), 53–67.
Mansir, F. (2020). Kesejahteraan Dan Kualitas Guru Sebagai Ujung Tombak Pendidikan Nasional Era Digital. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 293–303.
Masaong, A. K. (2012). Pendidikan karakter berbasis multiple intelligence. Jurnal Konaspi VII Universitas Negeri Yogyakarta.
Mukhtar. (2003). Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Misaka Galiza.
Muslim, S. B. (2017). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Alfabeta.
Nastiti, S. M. (2016). Perbedaan Kinerja Guru Berdasarkan Status Kepegawaian PNS dan Non PNS di SMA Negeri Se-Kabupaten Rembang. Universitas Negeri Semarang.
Pidarta, M. (2009). Supervisi Pendidikan Kontekstual. Rineka Cipta.
Priadi, A. (2018). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Guru (. JURNAL SeMaRaK, 1(3). https://doi.org/10.32493/smk.v1i3.2260
Putriasih, N. N. (2020). Implementasi Supervisi Klinis Berbasis Konsep Tri Hita Karana (THK) Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Journal of Education Action Research, 4(2), 185–191.
Ratnawati, & Puspitasari, R. (2013). Psikologi Pendidikan. LP2 STAIN CURUP.
Rohmatika, R. V. (2017). Model Supervisi Klinis Terpadu Untuk Peningkatan Kinerja Guru Madrasah Aliyah. IAIN Raden Intan Lampung.
Russamsi, Y., Hadian, H., & Nurlaeli, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Peningkatan Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Di Masa Pandemi Covid-19. MANAGERE: Indonesian Journal of Educational Management, 2(3), 244–255.
Sardiman, M. (2012). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Sari, S. I., Ngaba, A. L., Lalupanda, E. M., & Aji, A. G. P. (2017). Pengendalian Dan Penjaminan Mutu Pengajaran Melalui Supervisi Klinis. Satya Widya, 33(1), 1–10.
Sholiha, M., Sunaryo, H., & Priyono, A. A. (2017). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Guru Smp An-Nur Bululawang-Malang. Jurnal Warta Ekonomi, 6(01).
Simanjuntak, R. M., Simare-mare, A., & Wau, Y. (2021). Implementasi Supervisi Klinis Berbasis Soft Skill Dalam Peningkatan Kinerja Guru. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat: Kontribusi Perguruan Tinggi Dalam Pemberdayaan Masyarakat Di Masa Pandemi, 187–193.
Sinetar, M. (2001). Kecerdasan Spiritual (S. Boedidarmo (ed.)). Elex Media Komputindo.
Sonitra, S., & Ekowati, S. (2020). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Dan Spiritual Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1(1), 1–10.
Supardi, S. (2012). Kinerja Guru. Rajawali Press.
Trisoni, R. (2016). Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Mewujudkan Kualitas Pendidikan. Ta’dib, 14(2).
Zohar, D., & Marshall, I. (2007). SQ-Kecerdasan spiritual. Mizan Pustaka.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1399
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Siti Thowiyah, Yurnalis Etek, Sulthan Syahril, Ahmad Fauzan, Koderi Koderi
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.