Integrating Moral Education in Islamic Boarding Schools Through the Washoya Book: A Qualitative Study
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. (2016). Akhlak: Menjadi seorang Muslim berakhlak mulia. Raja Grafindo Persada.
Afriantoni. (2015). Prinsip-prinsip pendidikan akhlak generasi muda: Percikan pemikiran ulama sufi Turki Bediuzzaman Said Mursi. Deepublish.
Al-Maraghi, A. M. (1993). Tafsir Al-Maraghi (B. A. Bakar, Trans.). Darul Kutub.
Armai, A. (2002). Pengantar ilmu dan metodologi pendidikan Islam. Ciputat Press.
Asy-Suyuthi, J. (2007). Tafsir Jalalain (B. A. Bakar, Trans.). Sinar Baru Algensindo.
Barizi, A. (2002). Pendidikan integratif: Akar tradisi & integrasi keilmuan pendidikan Islam. UIN Maliki Press.
Berkowitz, M. W., & Bier, M. C. (2005). What works in character education: A research driven guide for educators. Character Education Partnership.
Bruinessen, M. van. (1995). Kitab kuning, pesantren dan tarekat: Tradisi Islam di Indonesia. Mizan.
Bugin, B. (2005). Analisis data penelitian kualitatif. Raja Grafindo Persada.
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Daulay, H. P. (2014). Pendidikan Islam dalam sistem pendidikan nasional di Indonesia. Kencana Prenada Media Group.
Damanhuri. (2015). Implementasi pendidikan akhlak di Pondok Pesantren Miftahul Huda di Malang. Jurnal As-Salam, IV(1).
Ghazali, M. B. (2001). Pendidikan pesantren berwawasan lingkungan. Pedoman Ilmu Jaya.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (2010). Al-Qur'an dan terjemahannya. Diponegoro.
Kohlberg, L. (1984). Essays on moral development: Volume II. The psychology of moral development. Harper & Row.
Khozin. (2013). Khazanah pendidikan agama Islam. Remaja Rosdakarya.
Lickona, T. (1991). Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam Books.
Lutfah, L. (2022). Pendidikan akhlak bagi santri pada kitab Washoya Al-Abaa’ li al-Abnaa’ karya Syaikh Muhammad Syakir (Studi kasus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi-ien Asrama Putri Sunan Pandanaran Ngunut Tulungagung) [Undergraduate thesis, UIN Tulungagung].
Maemun, M. (2022). Implementasi Kitab Washoya dalam pembentukan akhlak santri (Studi kasus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin anak tahap remaja) [Undergraduate thesis, IAIT].
Moleong, L. J. (2006). Metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mustiqon. (2012). Panduan lengkap metodologi penelitian pendidikan. PT Prestasi Pustakaraya.
Nasrodin, N., Triyana, T., & Yusuf, M. (2022). Etika peserta didik dalam Kitab Washoya Al-Abaa li al-Abnaa karya Syekh Muhammad Syakir dan relevansinya pada mata pelajaran pendidikan agama Islam sekolah menengah pertama. MUMTAZ: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1).
Nata, A. (2012). Akhlak tasawuf. Raja Grafindo Persada.
Nucci, L. P., & Narvaez, D. (Eds.). (2008). Handbook of Moral and Character Education. Routledge.
Patton, M. Q. (2015). Qualitative research & evaluation methods: Integrating theory and practice (4th ed.). SAGE Publications.
Rusman. (2011). Model-model pembelajaran: Pengembangan profesionalisme guru. Raja Wali Pers.
Sagala, S. (2009). Konsep dan makna pembelajaran. Alfabeta.
Shabir, M. (2004). Terjemah Riyadhus Shalihin. Toha Putra.
Sumiati, & Azra. (2009). Metode pembelajaran. Wacana Prima.
Surya, M. (2013). Psikologi guru: Konsep dan aplikasi dari guru, untuk guru. Alfabeta.
Syakir, M. (n.d.). Terjemah Washoya Al-Aba’ li al-Abna’. Ampel Mulia.
Taufik, A. (2002). Ensiklopedi tematis dunia Islam: Akar dan awal. Ikhtiar Baru Van Hoeve.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v17i3.7645
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 sutrisno sutrisno
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


.png)




