Evaluation of the Impact of Video Media on Students’ Science Learning Outcomes
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiyanti, D. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas VI. National Conference for Ummah, 1(1), 11. https://103.106.72.138/index.php/NCU2020/article/view/645
Afrilia, L., Neviyarni, Arief, D., & Amini, R. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 710–721.
Amrah, Sahabuddin, E. S., & Atirah, R. D. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 24 Kalibone Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. In E-prints UNM. Universitas Negeri Makassar.
Andari, I. (2019). Pentingnya Media Pembelajaran Berbasis Video Untuk Siswa Jurusan IPS Tingkat SMA Se-Banten. Jurnal Pendidikan, 2(1), 263–275.
Bayanah, S. (2019). Pengaruh suasana kelas terhadap hasil belajar pembuatan busana industri di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Keluarga, 5(1), 160–166.
Brilianti, D. F., & Fithriyani, H. Y. (2020). The Implementation of Video Blog (Vlog) as a Teaching Media in Speaking Skill. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 5(2), 340. https://doi.org/10.26737/jetl.v5i2.1945
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1237
Hennich, R., Molenda, M., Russel, D. J., & Smaldino E Sharon. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning (Seventh Ed). Merrill Prentice Hall.
Indonesia. (2003). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Presiden Repunlik Indonesia.
Kaulan, M. (2018). Permasalahan Pembelajaran Ips dan Strategi Jitu Pemecahannya. Ittihad, 2(1), 43–53.
Limbong, A. D. W., Panjaitan, B. O., Silitonga, M. W., & Ginting, N. F. (2021). the Influence of Video-Based Learning Media (Audio-Visual) on the Learning Effectiveness of Students in Junior High School. ISER (Indonesian Science Education Research), 3(1). https://doi.org/10.24114/iser.v3i1.27928
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jurnal Pendidikan, 12(1), 187–193.
Meidawati, Sobron A.N, Bayu, R. (2019). Persepsi Siswa dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. SCAFFOLDING: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 1(2), 30–38.
Mufidah, L.-L. N. (2017). Memahami Gaya Belajar untuk meningkatkan Potensi Anak. In Martabat: Jurnal Perempuan dan Anak (Vol. 1, Issue 2, pp. 246–260). https://doi.org/10.21274/martabat.2017.1.2.245-260
Novita, L., Sukmanasa, E., & Pratama, M. Y. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.22103
Peprizal, & Syah, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Pada Mata Kuliah Fisika Modern. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 455–467. http://repository.untad.ac.id/3668/
Prastica, Y. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekoah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. http://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1347
Pratiwi, I., & Ridwan, M. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Motivasi the Effect of Using Animation Video Media on Motivation. Journal Of Sport Education (JOPE), 4(1), 77–86.
Rahmi, R. (2020). Inovasi Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 30(2), 111–123. https://doi.org/10.24235/ath.v30i2.6852
Sahabuddin, E. S., Dirawan, G. D., Mulyadi, & Hamsu Abdul Gani. (2017). The Implementation of Environmental Education Based on Action-Portofolio to Improve the Learning Participation of Student. Research Journal of Applied Sciences, 12(1), 73–77.
Sahabuddin, E. S., & Makkasau, A. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Seminar Nasional LP2M UNM, 0(0), 577–580. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/11547
Sahabuddin, E. S., Syawaluddin, A., & Salsabilla Nurzakinah. (2022). Pengembangan Media PAKEM The Box Of Pinisi Dalam 4 Pilar Budaya Bugis- Makassar (Sipakatau, Sipakainge’, Sipakalebbi, Dan Sipatokkong) Sebagai Pemberdayaan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Publikasi Jurnals Unm, 12(2), 172–181.
Ulyawati, U., & Sugito, S. (2022). Digitization of Elementary School Science Learning In The Industrial Era 4.0. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2049–2064. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i2.746
Wahyuni, J. S., & Syakur, M. (2022). fektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video melalui Website Rumah Belajar pada Materi Teks Eksplanasi. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 5(1), 22–32.
Wahyuni, N. L. P. I., Sudatha, I. G. W., & Jayanta, I. N. L. (2021). The Use of Tutorial Video in Learning Energy Sources. International Journal of Elementary Education, 5(2), 479. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i3.36596
Wati, U., Hastuti, W. S., & Mustadi, A. (2021). Analysis of Student Creativity in Developing Science Learning Media during the COVID-19 Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2790–2799. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.612
Wibowo, D. R. (2021). Problematika Guru SD dalam Pembelajaran IPS Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 167–176. https://doi.org/10.24042/terampil.v7i2.7538
Winda, R., & Dafit, F. (2021). Analisis Kesulitan Guru dalam Penggunaan Media Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(2), 211. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i2.38941
Yulinar, D. P. P. G. P. M. D. (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ). Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–8. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit%0AE
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Erma Suryani
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.