EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DENGAN MENGGUNAKAN METODE LANGSUNG DI SDS HUBBULWATHAN DURI

nova yanti, Nurul Afrani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Bahasa Arab dengan menggunakan metode langsung kelas VI SDS Hubbulwathan Duri. Berdasarkan temuan di lapangan bahwa kemampuan siswa berbeda-beda dalam memahami materi pembelajaran bahasa Arab. Masih ada siswa yang kurang terampil dan bersemangat ketika proses pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat dilihat dari proses serta hasil nilai yang didapat oleh siswa tersebut. Lokasi penelitian ini dilakukan di SDS Hubbulwathan Duri pada tahun akademik 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Arab beserta siswa sebanyak 71 responden di SDS Hubbulwathan Duri. Metode yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif persentase yang bersifat deduktif kualitatif dengan sampel siswa kelas VI SDS Hubbulwathan Duri. Dari perhitungan diperoleh persentase efektivitas metode langsung yaitu 66,2 yang jika ditafsirkan pada kalimat kualitatif, angka tersebut berada pada angka 56%—75% yang bermakna cukup. Jadi, kualitas metode langsung pada kelas VI di SDS Hubbulwathan berada pada posisi cukup.

This study aims to determine how the effectiveness of learning Arabic by using the SDS Hubbulwathan Duri Direct Class Method. Based on the findings in the field that students' abilities differ in understanding Arabic learning material. There are still students who are less skilled and less enthusiastic when the learning process takes place. This can be seen from the process and the results obtained by the student. Location This research was conducted at SDS Hubbulwathan Duri in the 2017/2018 academic year. The sample in this study were Arabic language teachers and students namely as many as 71 respondents in SDS Hubbulwathan Duri. The method used is a descriptive qualitative data analysis technique that is deductive in nature with a sample of SDS Hubbulwathan Duri VI grade students. From the calculation obtained the direct method effectiveness percentage is 66.2 which if interpreted in the qualitative sentence, the number is at the rate of 56%—75% which means enough. So, the quality of the direct method in class VI at SDS Hubbulwathan is in a sufficient position.


Keywords


Pembelajaran Bahasa Arab , Metode Langsung

Full Text:

PDF

References


Ahmad Fuad Efendy, 2012, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab, Malang, Misikat.

Aziz Fachrurrozi, 2016, Pembelajaran Bahasa Asing Tradisional dan Kontemporer, Jakarta, Raja Grafindo Persada.

Bisri Mustofa dan Abdul Hamid, 2012, Metode dan Strategi Pembelajaran Bahasa Arab, Malang, Maliki Press.

Fathur Rohman, 2015, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Malang, Madani.

Imam Asrori, 2011, Strategi Belajar Bahasa Arab Teori dan Praktek, Malang, Misykat.

Nana Sudjana, 2002, Dasar-Dasar Prestasi Belajar Mengajar, Bandung, Sinar Baru Grasindo.

Radliyah Zaenuddin, 2005, Metodologo dan Strategi Alternatif Pembelajaran Bahasa Arab, Cirebon, Pustaka Rihlah Grup.

Suetopo, Henyat dan Wasty Sumanto, 1989, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum, Jakarta, Bina Aksara.

Sugiyono, 2017, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung, Alfabeta.

Suja’I, 2008, Inovasi Pembelajaran Bahasa Arab, Semarang, Walisongo Press.

Syaiful Mustofa, 2011, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, Malang, Maliki Press.

Ulin Nuha, 2016, Ragam Metodologi dan Media Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta, Diva Press.

W. Poewadarminta, 1976, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta, Balai Pustaka.

Wa Muna, 2011, Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab, Yogyakarta, Sukses Offset.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 nova yanti

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

AL-ISHLAH Journal Indexed by: