IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL BY USING STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS)

Widia Yunita

Abstract


Kemampuan berbicara merupakan keahlian yang penting dimiliki oleh siswa. Dengan mampu berbicara yang baik, siswa akan mampu menyampaikan ide dan pendapatnya. Hasil akhir yang diharapkan dalam pembelajaran adalah kemampuan berbicara dalam bahasa inggris. Salah satu usaha dalam mencapai tujuan pembelajaran bahasa inggris adalah dengan menerapkan metode pembelajaran yang bisa merangsang siswa untuk berbicara bahasa inggris. Salah satu metode yang digunakan adalah STAD (Student Teams Achievement Divisons). STAD merupakan salah satu bentuk pembelajaran kooperatif yang menekankan siswa untuk belajar dalam kelompok dan bertanggung jawab meningkatkan kemampuan setiap anggota kelompok. Karena nilai yang dihasilkan setiap anggota kelompok mempengaruhi nilai akhir kelompok. Melalui penelitian yang dilakukan penulis, dapat disimpulkan bahwa penerapan STAD dalam proses pembelajaran bahasa inggris mampu meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Keywords


Speaking Ability, STAD

Full Text:

PDF

References


Armstrong, Scott, and Palmer, Jesse.(2000) “Student Team Achievement Divisons

(STAD) in a Twelfth Grade Classroom: Effect on Student achievement and attitude”. Retrieved, Wednesday, 14 October, 2009. http://findarticles.com/p/articles/ml_qa3823/is_199804/ai_n8783828

Brown, Douglas. H. (1994). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. New Jersey: Prentice Hall Regents.

Brown, Douglas. H.(2007). Principles of Language Learning and Teaching. New York: Pearson Education.

Brown, Gillian and Yule, George. (1989). Teaching the Spoken Language: Approach Based on the Analysis of Conversational English. Cambridge: Cambridge University Press.

Bygate, Martin. (1980). Speaking Language Teaching : A Scheme for Teacher of Education. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Davies, Paul. (2000). Success in English Teaching. Beijing: Oxford University Press.

Diaz-Rico, Lynne T. (2004). Teaching English Learners. Boston: Pearson Education, Inc.

Finocchiaro, Mary, and Sydney Sako. (1983). Foreign Language Testing: A Practical Approach. New York: Regents Publlishing Company,Inc.

Griffiths, Carol.(2008). Lessons from Good Language Learners. Cambridge: Cambridge University Press.

Hadley, Alice Ommaggio. (2001). Teaching Language in Context. London: Heinle&Heinle.

Hughes, Arthur. (1989). Testing for Language Teachers. Cambridge: Cambridge University Press.

Kayi, Hayriye.(2006).”Teaching Speaking: Activities to promote speaking in a second language”. Retrieved, Wednesday, 29 September 2010.

file:///D:/My%20Documents/Downloads/Kayi-TeachingSpeaking.html

Rogers, Alan.(1996). Teaching Adults. Buckingham: Open University Press.

SIL Inernational.(1999).”Speaking skill”. Retrieved, Monday, 26 September, 2010.

file:///D:/My%20Documents/Downloads/SpeakingSkill.htm

Slavin, E. Robert. (1995). Cooperative Learning: Theory, research, and Practice (2nd ed). Massachusetts: Allyn & Bacon. Simon &Schuster Company

Ur, Penny.(1997). A Course in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.




DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v8i1.35

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Widia Yunita

Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by: