The Opportunities and Challenges of Islam-Muhammadiyah in the Implementation of Merdeka Belajar Kampus Merdeka
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al-Faruq, U. (2020). Peluang Dan Tantangan Pendidikan Muhammadiyah Di Era 4.0. Ar-Rislalah: Media Keislaman, Pendidikan Dan Hukum Islam, XVIII.
Anwar, S. (2018). Mencari Epistemologi Alternatif. In M. Rahmanto & N. A. R. Alam (Eds.), Epistemologi Qur’ani dan Ikhtiar Pengembangan Ilmu Pengetahuan (pp. 1–13). Yogyakarta: LPPI UMY.
Bahar, H., Nuraeni, N., Ismah, I., Herli, V., Setiyanti, A., Izzah, L., … Jakarta, U. M. (2022). Level Of Understanding And Readiness Of Academic Community In MBKM Implementation At Muhammadiyah. Dinasti International Journal of Management Science, 3(3), 499–507.
Baharuddin, M. R. (2021). Adaptasi kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (Fokus: model MBKM program studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205.
Cahyono, E. (2021). SOSIALISASI PROGRAM MERDEKA BELAJAR-KAMPUS MERDEKA. Semarang.
Kholik, A., Bisri, H., Lathifah, Z. K., Kartakusumah, B., Maufur, M., & Prasetyo, T. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berdasarkan Persepsi Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 738–748.
Kuncoro, J., Handayani, A., Suprihatin, T., Kuncoro, J., Handayani, A., & Suprihatin, T. (2022). Peningkatan Soft Skill Melalui Kegiatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Proyeksi, 17(1), 112–126.
Laga, Y., Nona, R. V., Langga, L., & Jamu, M. E. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 699–706.
Mendikbudristek. Buku Panduan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. , (2020). Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek Dikti.
Nasik, K., & Setiawan, F. (2020). Model Pembelajaran Mata Kuliah Keislaman Sebagai Langkah Menyikapi Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Studi Islam, 7(2), 76–87.
Nasrulhaq, N., Harakan, A., Syukri, S., Arfah, S. R., Khaerah, N., Tahir, N., & Wahid, N. (2022). Diseminasi Kebijakan Pendidikan melalui Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka Pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Makassar Indonesia. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(1), 21–29. https://doi.org/10.37329/cetta.v5i1.1563
Nona, R. V., Banda, F. L., Leha, E., Supardi, P. N., Meke, K. D. P., & Suryani, L. (2022). Persepsi Dosen Universitas Flores Terhadap Program Merdeka Belajar Kampus Merdek. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 763–777.
Nuryana, Z. (2017). Revitalisasi pendidikan al-Islam dan Kemuhammadiyahan pada perguruan muhammadiyah. Tamaddun: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Keagamaan, 18(1), 1–11.
PP Muhammadiyah, M. P. T. (2013). Pedoman Pendidikan AIK (AL-Islam dan Kemuhammadiyahan Perguruan Tinggi Muhammadiyah. Yogyakarta: Majelis Pendidikan TInggi Pimpinan Pusat Muhammadiyah..
Riyadi, S., Harimurti, R. S., & Ikhsan, J. (2022). Dampak Implementasi MBKM Terhadap Pengembangan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Menuju Research Excellence University. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1018–1029. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1991
Santoso, S. B., Astuti, H. J., Parmono, H., Inayati, N. I., & Hamka, M. (2022). Studi Implementasi MBKM Pada Mahasiswa, Dosen dan Mitra di Tingkat Prodi Manajemen, Akuntansi, dan Teknik Informatika di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Review of Applied Accounting Research, 2(1).
Sintiawati, N., Fajarwati, S. R., Mulyanto, A., Muttaqien, K., & Suherman, M. (2022). Partisipasi Civitas Akademik dalam Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Jurnal Basicedu, 6(1), 902–915. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2036
Syamsuddin, A., Tahir, R., Munir, A., Ali, M. Y., & Mado, I. (2022). Deskripsi Pembekalan Program Pembelajaran Kolaboratif Partisipatif pada Kegiatan Implementasi Kurikulum Kerjasama MBKM. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 5(1), 16–24.
Kholik, A., Bisri, H., Lathifah, Z. K., Kartakusumah, B., Maufur, M., & Prasetyo, T. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Berdasarkan Persepsi Dosen dan Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 6(1), 738–748.
Meke, K. D. P., Astro, R. B., & Daud, M. H. (2021). Dampak Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) pada Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 675–685. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1940
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i4.3336
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Yunita Furi Aristyasari, Muhammad Chirzin, Chusnul Azhar
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


.png)





