5E Learning Cycle Model on Students' Learning Outcomes

Khairun Nisa, Syahrul Ramadhan, Harris Effendi Thahar

Abstract


Pendidikan Indonesia yang berkembang saat ini adalah paradigma konstruktivis. Merupakan teori belajar yang menekankan keaktifan siswa untuk mengkonstruksi pengetahuannya. Hal ini menjadi tantangan bagi pendidik untuk menemukan model pembelajaran yang membantu siswa secara aktif memperoleh pengetahuan dengan belajar secara mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji apakah model learning cycle 5E meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat dikatakan layak dalam proses belajar mengajar. Metode penelitian ini dalam mengumpulkan data adalah studi kepustakaan dengan mengumpulkan data yang relevan dari berbagai artikel hasil penelitian yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Learning Cycle 5E membantu siswa untuk berpikir kritis, analitis, kreatif, dan meningkatkan hasil belajar siswa.


Keywords


Literature Study, 5E Learning Cycle Model, Students' Learning Outcomes.

Full Text:

PDF

References


BNSP. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah.

Darwis, D., Fitriani, E., & Styariyani, D. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Learning Cycle 5E Pada Pembelajaran. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 10(1), 9–17.

Fauziddin, M., Mayasari, D., & Rizki, L. M. (2021). Effective Learning for Early Childhood during Global Pandemic. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 515–522.

Hannum, F., Sukarmin, & Cari. (2019). Pengembangan Modul Fisika Berbasis Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Analitis Siswa. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 8(1), 94–109. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v8i1.31824

Jaya, I. K. G. P., & Indrayani, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 34. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.28425

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. In Open Science Framework. osf.io/efmc2

Murati, R. (2015). The Role of The Teacher in The Educational Process. The Online Journal of New Horizons in Education, 5(2), 75–78.

Nasir, M., Jufri, W., & Muhlis. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal Penelitian Pendidikan IPA, 1(2), 12–23.

Ningsih, N., Saadi, P., & Irhasyuarna, Y. (2018). Penerapan Model Learning Cycle 5E Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Koloid di Kelas XI MIA-3 MAN 1 Banjarmasin. Journal of Chemistry and Education, 1(3), 209–217.

Nur, S. S., & Noviardila, I. (2021). Kajian Literatur Pengaruh Model Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Tematik Terpadu. Journal of Education Research, 2(1), 1–5.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, Fahrurrozi, M., & Yustiqvar, M. (2021). Analysis of Students' Critical Thinking Skills in Terms of Gender Using Science Teaching Materials Based on The 5E Learning Cycle Integrated With Local Wisdom. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(2), 187–199. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i2.29956

Rodriguez, S., Allen, K., Harron, J., & Qadri, S. A. (2019). Making and The 5E Learning Cycle. The Science Teacher, 086(05), 50–54. https://doi.org/10.2505/4/tst18_086_05_48

Sani, M. M. R., Agus, M. M., & Seprianus, A. N. (2020). Penerapan Model Siklus Belajar 5E untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Siswa. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 3(1), 15–23.

Sasono, M., Huriawati, F., & Yusro, A. C. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Melalui Pendekatan Konstruktivistik Dengan Metode Five E (5E) Stages Learning Cycle Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains. Momentum: Physisc Education Journal, 1(1), 45–55.

Suciati, Vincentrisia, A., & Ismiyatin. (2015). Application of Learning Cycle Model (5E) learning with Chart Variation Toward Students' Creativity. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 4(1), 56–66. https://doi.org/10.15294/jpii.v4i1.3502

Susilowati, S. M. E., & Anam, K. (2017). Improving Students' Scientific Reasoning and Problem-Solving Skills by The 5E Learning Model. Journal of Biology & Biology Education, 9(3), 506–512. https://doi.org/10.15294/biosaintifika.v9i3.12022

Zikrullah, M., Wildan, & Andayani, Y. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Model Learning Cycle 5E. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(2), 12–22.




DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1868

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Khairun Nisa, Syahrul Ramadan, Harris Effendi Thahar

Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:

    

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.