Analysis of WhatsApp Groups Usage in Primary Schools during the Covid-19 Pandemic

Rahmaini Rahmaini

Abstract


In the Covid-19 pandemic, distance learning is used as a method of teaching rather than learning methodologies. This research aims to investigate the implementation of distance learning through WhatsApp Group (WAG) at Private Madrasah Ibtidaiyah in Bambel Kutacane, Southeast Aceh. This research uses a qualitative approach and gathered data by conducting in-depth interviews and documentation studies (field studies). The result of the research showed that distance learning carried out by madrasah using WAG is practised in three aspects, namely (1) learning, (2) assignment and (3) assessment. Even so, socialisation and debriefing are still needed for teachers to operate online learning effectively and efficiently, both through training organised by external and internal madrasas as well as the willingness of teachers to learn self-taught.

Keywords


Distance Learning, Learning Strategy, WhatsApp Group

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ramli. (2015). “Urgensi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kelas Mata Pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah” Lantanida Journal, 3(2). http://dx.doi.org/10.22373/lj.v3i2.1657.

Aisyah, Siti. (2018). “Pengaruh Pemanfaatan WhatsApp Terhadap Interaksi Anak dan Orang Tua Peserta Didik SMPN 10 Pontianak” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(5): 1-11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/25638.

Afifah, Dian Septi Nur. (2012). “Interaksi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD” Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.37.

Ali, Irsan Taufik. (2013). “Implementasi Konsep Interaktifitas pada Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Web Multimedia” Jurnal Sains dan Teknologi, 12(1). http://dx.doi.org/10.31258/jst.v12.n1.p%25p.

Alwan, Muhammad. (2018). “Pengembangan Multimedia E-Book 3D Berbasis Mobile Learning untuk Mata Pelajaran Geografi SMA Guna Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh” At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1). https://doi.org/10.3454/at-tadbir.v1i2.3009.

Assingkily, Muhammad Shaleh & Mikyal Hardiyati. (2019). “Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar” Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(2): 19-31. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i2.5210.

Assingkily, Muhammad Shaleh & Miswar. (2020). “Urgensitas Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dasar (Studi Era Darurat Covid 19)” Jurnal Bunayya, 1(1): 53-68. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/bunayya/article/view/62.

Assingkily, Muhammad Shaleh. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Meneliti dan Membenahi Pendidikan dari Kelas). Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Astini, Ni Komang Suni. (2020). “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19” Lampuhyang, 11(2): 13-25. http://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/194.

Cucus, Ahmad & Yuthsi Aprilinda. (2016). “Pengembangan E-Learning Berbasis Multimedia untuk Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh” Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), 7(2). http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v7i2.765.

Fathurahman, Arif. (2020). “Analisis Perubahan Sistem Pembelajaran Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pesawaran Akibat Pandemi Covid-19” Narasi: Jurnal Literasi, Media & Budaya, 1(1). http://journals.itb.ac.id/index.php/narasi/article/view/14455.

Firyal, Rifa Afiva. (2020). “Pembelajaran Daring dan Kebijakan New Normal Pemerintah” LawArXiv Papers. https://osf.io/preprints/lawarxiv/yt6qs/.

Fitri, Nur Laila. (2019). “Pemanfaatan Grup WhatsApp sebagai Media Informasi Proses Belajar Anak di KB Permata Bunda” Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2): 151-166. http://journal.iaialhikmahtuban.ac.id/index.php/ijecie/article/view/80/67.

Huda, Yasdinul & Delsina Faiza. (2019). “Desain Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Smart Classroom Menggunakan Layanan Live Video Webcasting” Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.24036/tip.v12i1.173.

Indaryani, Eka & Dwi Suliworo. (2018). “Dampak Pemanfaatan WhatsApp dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika” Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25(1). http://seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/229/185.

Junaidah. (2015). “Strategi Pembelajaran dalam Perspektif Islam” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1). https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i1.1488.

Kholik, Cecep Abdul. (2017). “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Pendidikan di Indonesia” Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6). http://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/130.

Kusuma, Jaka Wijaya & Hamidah. (2020). “Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Platform WhatsApp Group dan Webinar Zoom dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid 19” JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942.

Lubis, Rahmat Rifai, et.al. (2020). "Pembelajaran Al-Quran Era Covid-19: Tinjauan Metode dan Tujuannya pada Masyarakat di Kutacane Aceh Tenggara" Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(2). http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/kuttab/article/view/275.

Maryani, Kristiana. (2020). “Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah Masa Pandemi Covid-19” Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.4.

Munawaroh, Isniatun. (2005). “Virtual Learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh” Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(1). https://www.neliti.com/publications/220000/virtual-learning-dalam-pembelajaran-jarak-jauh.

Narti, Sri. (2017). “Pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Komunikasi Dosen dengan Mahasiswa Bimbingan Skripsi (Studi Analisis Deskriptif pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Bimbingan Skripsi Universitas Dehasen Bengkulu Tahun 2016)” Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 4(1). https://doi.org/10.37676/professional.v4i1.448.

Pakpahan, Roida & Yuni Fitriani. (2020). “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19” JISAMAR: Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2): 30-36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.

Prajana, Andika. (2017). “Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp dalam Media Pembelajaran di UIN Ar-Raniry Banda Aceh” Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2): 122-133.

Pribadi, Benny A & Edy Sjarif. (2010). “Pendekatan Konstrutivistik dan Pengembangan Bahan Ajar pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh” Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 11(2). http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/article/view/461.

Purandina, I Putu Yoga & I Made Astra Winaya. (2020). “Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2): 270-290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454.

Purnama, Bambang Eka. (2009). “Pemanfaatan Teknologi Wap Telepon Seluler untuk Media Pembelajaran Jarak Jauh” Journal Speed: Sentra Penelitian Engineering & Edukasi, 1(3). http://dx.doi.org/10.3112/speed.v1i3.1355.

Purwanto, Agus, et.al. (2020). “Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.

Rahmawati, Laili Etika & Dawid Michal Gajewski. (2018). “Urgensi Penilaian dalam Pembelajaran BIPA” Publikasi Ilmiah. http://hdl.handle.net/11617/9904.

Salim, Mohammad Agus. (2017). “Pengembangan Aplikasi Penilaian Ujian Essay Berbasis Online Menggunakan Algoritma Nazief dan Adriani dengan Metode Cosine Similarity” IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 2(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/21338.

Septantiningtyas, Niken. (2018). “Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dengan Aplikasi Google Class Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa” Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2). https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.714.

Sidiq, Ricu. (2019). “Pemanfaatan WhatsApp Group dalam Pengimplementasian Nilai-nilai Karakter Pancasila pada Era Disrupsi” Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(2). https://doi.org/10.24114/ph.v4i2.16304.

Simanjuntak, Sri Yunita & Kismartini. (2020). “Respon Pendidikan Dasar Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Jawa Tengah” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.5281/zenodo.3960169.

Soekartawi. (2006). “Blended E-Learning: Alternatif Model Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. https://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/1461.

Sudiyanto, Galih, et.al. (2016). “Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Rapor Online di SMK Negeri 6 Malang” Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 1(1). https://doi.org/10.21831/dinamika.v1i1.11457.

Sudrajat, Tatang, et.al. (2020). “Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.5281/zenodo.3960178.

Sukrillah, A. et.al. (2017). “Pemanfaatan Media Sosial Melalui WhatsApp Group FEI Sebagai Sarana Komunikasi” Jurnal Komunikatio, 3(2). 95-104. file:///C:/Windows/system32/config/systemprofile/Downloads/919-2519-1-PB.pdf.

Tuwu, Darmin. (2020). “Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Pandemi Covid-19” Journal Publicuho, 3(2). http://dx.doi.org/10.35817/jpu.v3i2.12535.

Utomo, Supri Wahyudi & Moh. Ubaidillah. (2018). “Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp pada Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mata Kuliah Akuntansi Internasional di Universitas PGRI Madiun” Kwangsan, 6(2): 199-211. https://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p199--211.

Widjajanti, Djamilah Bondan. (2008). “Strategi Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah” Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika. https://eprints.uny.ac.id/6910/1/P-8%20Pendidikan%20(Djamilah).pdf.

Zamaludin, Isyal, et.al. (2016). “Perancangan Pembelajaran Jarak Jauh (E-Learning) Bahasa Jerman Berbasis WEB” Prosisko: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 3(2). https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/19.




DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.760

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rahmaini Rahmaini

Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:

    

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.