Analysis of WhatsApp Groups Usage in Primary Schools during the Covid-19 Pandemic
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Ramli. (2015). “Urgensi Penilaian Hasil Belajar Berbasis Kelas Mata Pelajaran IPS di Madrasah Tsanawiyah” Lantanida Journal, 3(2). http://dx.doi.org/10.22373/lj.v3i2.1657.
Aisyah, Siti. (2018). “Pengaruh Pemanfaatan WhatsApp Terhadap Interaksi Anak dan Orang Tua Peserta Didik SMPN 10 Pontianak” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(5): 1-11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/25638.
Afifah, Dian Septi Nur. (2012). “Interaksi Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD” Pedagogia: Jurnal Pendidikan, 1(2). https://doi.org/10.21070/pedagogia.v1i2.37.
Ali, Irsan Taufik. (2013). “Implementasi Konsep Interaktifitas pada Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Web Multimedia” Jurnal Sains dan Teknologi, 12(1). http://dx.doi.org/10.31258/jst.v12.n1.p%25p.
Alwan, Muhammad. (2018). “Pengembangan Multimedia E-Book 3D Berbasis Mobile Learning untuk Mata Pelajaran Geografi SMA Guna Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh” At-Tadbir: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1). https://doi.org/10.3454/at-tadbir.v1i2.3009.
Assingkily, Muhammad Shaleh & Mikyal Hardiyati. (2019). “Analisis Perkembangan Sosial-Emosional Tercapai dan Tidak Tercapai Siswa Usia Dasar” Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(2): 19-31. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i2.5210.
Assingkily, Muhammad Shaleh & Miswar. (2020). “Urgensitas Pendidikan Akhlak Bagi Anak Usia Dasar (Studi Era Darurat Covid 19)” Jurnal Bunayya, 1(1): 53-68. http://jurnal.stit-al-ittihadiyahlabura.ac.id/index.php/bunayya/article/view/62.
Assingkily, Muhammad Shaleh. (2021). Penelitian Tindakan Kelas (Meneliti dan Membenahi Pendidikan dari Kelas). Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.
Astini, Ni Komang Suni. (2020). “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19” Lampuhyang, 11(2): 13-25. http://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/194.
Cucus, Ahmad & Yuthsi Aprilinda. (2016). “Pengembangan E-Learning Berbasis Multimedia untuk Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh” Explore: Jurnal Sistem Informasi dan Telematika (Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika), 7(2). http://dx.doi.org/10.36448/jsit.v7i2.765.
Fathurahman, Arif. (2020). “Analisis Perubahan Sistem Pembelajaran Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pesawaran Akibat Pandemi Covid-19” Narasi: Jurnal Literasi, Media & Budaya, 1(1). http://journals.itb.ac.id/index.php/narasi/article/view/14455.
Firyal, Rifa Afiva. (2020). “Pembelajaran Daring dan Kebijakan New Normal Pemerintah” LawArXiv Papers. https://osf.io/preprints/lawarxiv/yt6qs/.
Fitri, Nur Laila. (2019). “Pemanfaatan Grup WhatsApp sebagai Media Informasi Proses Belajar Anak di KB Permata Bunda” Al-Hikmah: Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 3(2): 151-166. http://journal.iaialhikmahtuban.ac.id/index.php/ijecie/article/view/80/67.
Huda, Yasdinul & Delsina Faiza. (2019). “Desain Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Smart Classroom Menggunakan Layanan Live Video Webcasting” Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan, 12(1). https://doi.org/10.24036/tip.v12i1.173.
Indaryani, Eka & Dwi Suliworo. (2018). “Dampak Pemanfaatan WhatsApp dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran Fisika” Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25(1). http://seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/229/185.
Junaidah. (2015). “Strategi Pembelajaran dalam Perspektif Islam” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1). https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i1.1488.
Kholik, Cecep Abdul. (2017). “Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Pendidikan di Indonesia” Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 2(6). http://www.jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/130.
Kusuma, Jaka Wijaya & Hamidah. (2020). “Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Platform WhatsApp Group dan Webinar Zoom dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid 19” JIPMat: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i1.5942.
Lubis, Rahmat Rifai, et.al. (2020). "Pembelajaran Al-Quran Era Covid-19: Tinjauan Metode dan Tujuannya pada Masyarakat di Kutacane Aceh Tenggara" Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(2). http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/kuttab/article/view/275.
Maryani, Kristiana. (2020). “Penilaian dan Pelaporan Perkembangan Anak Saat Pembelajaran di Rumah Masa Pandemi Covid-19” Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1). https://doi.org/10.37985/murhum.v1i1.4.
Munawaroh, Isniatun. (2005). “Virtual Learning dalam Pembelajaran Jarak Jauh” Majalah Ilmiah Pembelajaran, 2(1). https://www.neliti.com/publications/220000/virtual-learning-dalam-pembelajaran-jarak-jauh.
Narti, Sri. (2017). “Pemanfaatan WhatsApp Sebagai Media Komunikasi Dosen dengan Mahasiswa Bimbingan Skripsi (Studi Analisis Deskriptif pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Bimbingan Skripsi Universitas Dehasen Bengkulu Tahun 2016)” Professional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 4(1). https://doi.org/10.37676/professional.v4i1.448.
Pakpahan, Roida & Yuni Fitriani. (2020). “Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19” JISAMAR: Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, 4(2): 30-36. http://journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/181.
Prajana, Andika. (2017). “Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp dalam Media Pembelajaran di UIN Ar-Raniry Banda Aceh” Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2): 122-133.
Pribadi, Benny A & Edy Sjarif. (2010). “Pendekatan Konstrutivistik dan Pengembangan Bahan Ajar pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh” Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 11(2). http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jptjj/article/view/461.
Purandina, I Putu Yoga & I Made Astra Winaya. (2020). “Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2): 270-290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454.
Purnama, Bambang Eka. (2009). “Pemanfaatan Teknologi Wap Telepon Seluler untuk Media Pembelajaran Jarak Jauh” Journal Speed: Sentra Penelitian Engineering & Edukasi, 1(3). http://dx.doi.org/10.3112/speed.v1i3.1355.
Purwanto, Agus, et.al. (2020). “Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1). https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/397.
Rahmawati, Laili Etika & Dawid Michal Gajewski. (2018). “Urgensi Penilaian dalam Pembelajaran BIPA” Publikasi Ilmiah. http://hdl.handle.net/11617/9904.
Salim, Mohammad Agus. (2017). “Pengembangan Aplikasi Penilaian Ujian Essay Berbasis Online Menggunakan Algoritma Nazief dan Adriani dengan Metode Cosine Similarity” IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education, 2(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/21338.
Septantiningtyas, Niken. (2018). “Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh dengan Aplikasi Google Class Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa” Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2). https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.714.
Sidiq, Ricu. (2019). “Pemanfaatan WhatsApp Group dalam Pengimplementasian Nilai-nilai Karakter Pancasila pada Era Disrupsi” Puteri Hijau: Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(2). https://doi.org/10.24114/ph.v4i2.16304.
Simanjuntak, Sri Yunita & Kismartini. (2020). “Respon Pendidikan Dasar Terhadap Kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 di Jawa Tengah” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.5281/zenodo.3960169.
Soekartawi. (2006). “Blended E-Learning: Alternatif Model Pembelajaran Jarak Jauh di Indonesia” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi. https://journal.uii.ac.id/Snati/article/view/1461.
Sudiyanto, Galih, et.al. (2016). “Implementasi Penilaian Autentik Kurikulum 2013 pada Rapor Online di SMK Negeri 6 Malang” Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 1(1). https://doi.org/10.21831/dinamika.v1i1.11457.
Sudrajat, Tatang, et.al. (2020). “Inovasi Kurikulum dan Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid-19” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 6(3). https://doi.org/10.5281/zenodo.3960178.
Sukrillah, A. et.al. (2017). “Pemanfaatan Media Sosial Melalui WhatsApp Group FEI Sebagai Sarana Komunikasi” Jurnal Komunikatio, 3(2). 95-104. file:///C:/Windows/system32/config/systemprofile/Downloads/919-2519-1-PB.pdf.
Tuwu, Darmin. (2020). “Kebijakan Pemerintah dalam Penanganan Pandemi Covid-19” Journal Publicuho, 3(2). http://dx.doi.org/10.35817/jpu.v3i2.12535.
Utomo, Supri Wahyudi & Moh. Ubaidillah. (2018). “Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp pada Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Mata Kuliah Akuntansi Internasional di Universitas PGRI Madiun” Kwangsan, 6(2): 199-211. https://dx.doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p199--211.
Widjajanti, Djamilah Bondan. (2008). “Strategi Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Masalah” Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika. https://eprints.uny.ac.id/6910/1/P-8%20Pendidikan%20(Djamilah).pdf.
Zamaludin, Isyal, et.al. (2016). “Perancangan Pembelajaran Jarak Jauh (E-Learning) Bahasa Jerman Berbasis WEB” Prosisko: Jurnal Pengembangan Riset dan Observasi Sistem Komputer, 3(2). https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/PROSISKO/article/view/19.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.760
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Rahmaini Rahmaini
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.