Implementation of Islamic Counseling Guidance in Forming Student Character in Madrasah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfanani, B., & Suwandi. (2022). Implementasi Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Negeri. JM-TBI: Jurnal Manajemen Dan Tarbiyatul Islam, 3(2), 109–121.
Amala, A. K., & Kaltsum, H. U. (2021). Peran Guru sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Menanamkan Kedisiplinan bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5213–5220.
Ambarsari, D., Hadiwiranto, & Herawati, A. A., (2021). Korelasi antara Pembelajaran Full Day School dengan Karakter Peduli Sosial Siswa SMP IT Hidayatullah Kota Bengkulu dan Implikasi Bimbingan dan Konseling. Consilia. 5(1), 18-26
Basuki, S. (2006). Metode Penelitian. Wedatama Widya Sastra.
Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches. Sage Publications, Inc.
Danim, Sudarwan. (2010). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta
Denzin, Norman K, & Lincoln, Yvonna S., (2017). The Sage Handbook of Quaitative Research. California: SAGE Publishing
Fitriana. (2021). Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa di SMP 2 Mejono. IAIN Kudus.
Harita, A., Laila, B., & Zagoto, S. (2022). The Role Counseling Guidance Teachers in Forming the Disciplined Character of Students at SMP Negeri 3 Onolalu for the 2021/2022 Academic Year. Counseling for All (Journal of Guidance and Counseling, 2(1).
Hidayat, W., Suryana, Y., & Fauziah, F., (2020). Manajemen Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan UNIGA. 14(2), 346-354
Humaira, T. F., & Prasetya, Y. (2022). Analisis Pengaruh Bimbingan Konseling Islam terhadap Karakter Religius Siswa di Sekolah. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 6(2), 209–222.
Jumari, & Suwandi. (2020a). Evaluasi Program Pendidikan Madrasah Ramah Anak: Tinjauan Teoritis dan Praktis Berbasis CIPP Model. Penerbit Adab.
Jumari, & Suwandi. (2020b). Evaluation of Child-Friendly Schools Program in Islamic School using the CIPP Model. Dinamika Ilmu2, 20(2), 323–341.
Lestari, D. I. (2014). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Membentuk Kepribadian Muslim Siswa di SMP An Nur Bululawang Malang. Universitas Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books
Mahsun, A., & Suwandi. (2019). Implementasi Sekolah Ramah Anak (SRA) dalam Mencegah Tindak Kekerasan terhadap Anak (Studi Kasus di MIN 3 Jombang). Al Ta’dib, 8(2), 112–124.
Moleong, Lexy J., (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Mustika, S., & Neviyarni, N. (2023). Peran Guru Kelas dalam Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling dalam Pembentukan Karakter pada Anak Berkebutuhan Khusus. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 10(3).
Nida, K., & Usiono, A. (2023). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(3), 67–72.
Nurochim. (2013). Perencanaan Pembelajaran Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Prasetia, L., & Putri, M. K. (2018). Implementasi Bimbingan dan Konseling dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 105–108.
Prasetiawan, H. (2016). Konseling Teman Sebaya (Peer Counseling) untuk Mereduksi Kecanduan Game Online. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 1–13.
Rochmah, L., Mareza, & Muslim, A. (2020). Peran Guru Kelas pada Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling dalam Pembentukan Karakter dan Motivasi Berprestasi Siswa di SD Negeri 8 Kranji. JIWP, 6(3), 395–406.
Rosyid, M. F. A., Sugiharto, D., & Wibowo, M. E. (2020). Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Membentuk Karakter Disiplin Siswa. Jurnal Fokus Konseling, 6(2), 86–93.
Siagian, H. (1989). Administrasi Pendidikan Suatu Pendekatan Sistemik. PT. Satya wacana.
Silvia, A. A., & Purwaningrum, S. (2022). Studi Deskriptif Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Membangun Karakter Tanggung Jawab Siswa di SMP Negeri 3 Gamping Sleman Yogyakarta. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 7(1), 31–34.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Sulistiowati, R., Atika, D. B., Prihantika, I., & Melinda, S. D. (2017). Civil Society dalam Program Sekolah Ramah Anak (SRA) untuk Mendukung Kebijakan Kabupaten Layak Anak (KLA). Seminar Nasional Tentang “Membangun Etika Sosial Politik Menuju Masyarakat Yang Berkeadilan,” 321–331.
Suroso, A., & Salehudin, M. (2021). Optimalisasi Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pembentukan Karakter Siswa. Risalah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 7(1), 44–55.
Syahda, A., & Nurlela. (2020). Peranan Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMP Negeri 36 Palembang. Jurnal Wahana Konseling, 3(1), 27–36.
Tupan, T., Rahayu, R. N., Rachmawati, R., & Rahayu, E. S. R. (2018). Analisis Bibliometrik Perkembangan Penelitian Bidang Ilmu Instrumentasi. Baca: Jurnal Dokumentasi Dan Informasi, 39(2), 135. https://doi.org/10.14203/j.baca.v39i2.413
Yin, Robert K., (2014). Case Study Research: Design and Methods. California: SAGE Publications
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.5129
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Khoirotul Idawati, Hanifudin Hanifudin
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.