Methods for Achieving Cognitive, Affective, and Psychomotor Aspects in Islamic Religious Education Learning: A study at Senior High School in Rejang Lebong
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, A. (2016). Pemanfaatan Science In Box dalam Pembelajaran Berbasis Inkuiri di SMP untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fluida Statis. Jurnal ilmiah pendidikan fisika Al-Biruni, 5(2), 205-212.
Budiman, C. (2007). Menjadi orang tua idaman: rubrik konsultasi psikologi KPOMPAS. Kompass.
Creagh, C., & Parlevliet, D. (2014). Inquiry Orientated Learning in Physics. International Journal of Innovation in Science and Mathematics Education, 22(1).
FATMAWATY HATTA, F. A. T. M. A. W. A. T. Y. (2016). Pengembangan Aspek Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik dalam Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kesu’Kabupaten Toraja Utara (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).
Fatonah, S. (2009). Menumbuhkan kecerdasan majemuk (multiple intelligence) anak dengan mengenal Gaya Belajarnya dalam pembelajaran IPA SD. Al-Bidayah: jurnal pendidikan dasar Islam, 1(2).
Haristo Rahman, M. (2020). Analisis Ranah Psikomotor Kompetensi Dasar Teknik Pengukuran Tanah Kurikulum Smk Teknik Konstruksi Dan Properti. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 53. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.23022
Haryadi, T., & Aripin, A. (2015). Melatih Kecerdasan Kognitif, Afektif, dan Psikomotorik Anak Sekolah Dasar Melalui Perancangan Game Simulasi" Warungku". ANDHARUPA: Jurnal Desain Komunikasi Visual & Multimedia, 1(02), 122-133.
Hmelo-Silver, C. E., Duncan, R. G., & Chinn, C. A. (2007). Scaffolding and achievement in problem-based and inquiry learning: a response to Kirschner, Sweller, and. Educational psychologist, 42(2), 99-107.
Kadir, S. F. (2015). Strategi Pembelajaran Afektif untuk Investasi Pendidikan Masa Depan. Al-Ta'dib, 8(2), 135-149.
Khaidir, E., & Suud, F. M. (2020). Islamic Education in Developing Students ’ Characters At As-Shofa
Minner, D. D., Levy, A. J., & Century, J. (2010). Inquiry‐based science instruction—what is it and does it matter? Results from a research synthesis years 1984 to 2002. Journal of Research in Science Teaching: The Official Journal of the National Association for Research in Science Teaching, 47(4), 474-496.
Muhibbin, S. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muslich, K. M. (2014). Pengembangan model assessment afektif berbasis self assessment dan peer assessment di sma negeri 1. Jurnal kebijakan dan pengembangan pendidikan, 2(2).
National Research Council. (1996). National science education standards. National Academies Press.
Nurbudiyani, I. (2013). Pelaksanaan pengukuran ranah kognitif, afektif, dan psikomotor pada mata pelajaran IPS kelas III SD Muhammadiyah Palangkaraya. Anterior Jurnal, 13(1), 88-93.
Oktavia, D., Bali, M. M. E. I., Rahman, H., Umar, U., Syakroni, A., & Widat, F. (2019). Exploration of Fine Motor Skills through the Application of Paint. In WESTECH (pp. 1–6). European Alliance for Innovation n.o. https://doi.org/10.4108/eai.8-12-2018.2284038
Pohan, N. (2017). Pelaksanaan pembimbingan belajar aspek kognitif, afektif dan psikomotorik siswa di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Medan. At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam dan Humaniora, 1(2), 15-28.
Rahman, N. (2009). Manajemen Pembelajaran; Implementasi Konsep, Karakteristik dan Metodologi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Umum. Cet I Yogyakarta: Pustaka Felicha.
Rijal, S., & Bachtiar, S. (2015). Hubungan antara sikap, kemandirian belajar, dan gaya belajar dengan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Bioedukatika, 3(2), 15-20.
SATRIA, I. (2018). Penilaian sikap afektif sebagai alternatif dalam penilaian mata pelajaran ilmu sosial. At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam, 17(1), 55-66.
Simpson, E. J. (1966). The classification of educational objectives, psychomotor domain.
Winarni, R., Slamet, S. Y., & Syawaludin, A. (2022). Indonesian Textbook Based on Character Education Through Active Learning for the Elementary School Students. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 6(1), 39–47. https://doi.org/10.23887/jisd.v6i1.43470
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i1.2793
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Guntur Gunawan, Putri Rama Yanti, Nelson Nelson
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.