USING PUPPET AS MEDIA TO INCREASE THE CHILDREN VOCABULARY

Setiawati Setiawati

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan penggunaan boneka puppet sebagai media untuk meningkatkan kosakata anak. Mengajar anak-anak tidak sama dengan mengajar orang dewasa karena mereka memiliki karakteristik dan motivasi yang berbeda. Mereka juga harus memperhitungkan bahwa mengajar bahasa Inggris untuk anak-anak berbeda dari orang dewasa. Para guru harus mengetahui karakteristik peserta didik nya. Tambahannya, mereka perlu mempersiapkan teknik yang baik dan bahan yang cocok untuk mendapatkan target pengajaran bahasa. Boneka puppet dapat memberikan unsur kegembiraan kepada peserta didik. Dengan memasukkan unsur-unsur lucu, boneka  puppet dimaksudkan untuk  menarik perhatian anak-anak. Penggunaan boneka puppet dapat memotivasi anak-anak agar lebih tertarik dalam  pembelajaran kosa kata, dan menyediakan teknik yang lebih baik untuk pengajaran kosa kata. Penggunaan boneka puppet bisa menjadi cara alternatif untuk mengajarkan kosakata, khususnya untuk meningkatkan kosakata anak. Para guru sebaiknya  berkonsentrasi bahwa pengajaran kosakata adalah sesuatu yang baru dan berbeda dari bahasa asli siswa.

Keywords


Media, Puppet, and Vocabulary

Full Text:

PDF

References


Allen, Virginia. F. 1983. Technique in Teaching Vocabulary. Oxford: Oxford University Press.

Burn, Paul C and Betty L. Broman. 1975. The language Arts in Childhood Education. A Rational for Pedagogy. Cambridge: Cambridge University Press.

Coady and Huckin. 1997. Second Language Acquisition. A Rational for Pedagogy. Cambridge: Cambridge University Press.

Gerlach,V.S. and D.P, Elly. 1980. Teaching and Media, a systematic Approach. New Jersey: Prentice Hall.

Harmer, J. 2001. The Practice of English Language Teaching. Longman : Essex

Hatch, Evelyn and Cheryl Brown. 1995. Vocabulary, Semantics, and Language Education. Cambridge: Cambridge University Press.

Hornby, A.S. 1984. Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English. London: Oxford University Press.

Hiebert, Elfrieda H and Kamil, Michael L. 2005. Teaching and Learning Vocabulary. London: LEA, Inc.

Kimtafsirah. 1998. Media Pembelajaran Pendidikan. Bandung: Depdikbud.

Lewis, J. 1973. Types of Puppet. London: Longman, Group Ltd.

McCharty, Michael. 1990. Vocabulary. Oxford: Oxford University Press.

Murcia, C. 2001. Teaching English as a Second or Foreign Language. London: Thomson Learning.

Napa, Pieter A. 1991. Vocabulary Development Skill. Yogyakarta: Kanisius.

Nunnan, David. 1992. Research Methods in Language Learning. UK: Cambridge University Press.

Rehymer. 1997. Play with a Puppet. New York; Mc. Graw-Hill Book Company.

Wilkins, D. A. 1972. Linguistic in Language Teaching. London: The English Language Book Society. UK.




DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v8i2.22

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Setiawati Setiawati

Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:

    

 


 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.