Blended Learning Model in the Indonesian Language Learning during the Covid-19 Period
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, S., Noviyanti, E., & Triyanto, T. (2020). Bahan Ajar Sebagai Bagian Dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Salaka: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Budaya Indonesia, 2(1).
Al Aslamiyah, T., Setyosari, P., & Praherdhiono, H. (2019). Blended learning dan kemandirian belajar mahasiswa teknologi pendidikan. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 109-114.
Amin, A. K. (2017). Kajian konseptual model pembelajaran blended learning berbasis web untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar. Jurnal Pendidikan Edutama, 4(2), 51-64.
Asmuni, A. (2020). Problematika pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan solusi pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288.
Ausubel, D. P. (1967). Learning theory and classroom practice. Ontario Institute for Studies in Education Bulletin.
Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19:(Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri–Cikarang Barat–Bekasi). Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 208-218.
Bersin, J. (2004). The Blended Learning Book: Best Practices, Proven Methodologies, and Lessons Learned. John Wiley & Sons.
Carman, J. M. (2005). Blended learning design: Five key ingredients. Agilent Learning, 1(11).
Driscoll, M., & Carliner, S. (2005). Advanced web-based training strategies: Unlocking instructionally sound online learning. John Wiley & Sons.
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-ruzz media.
Garrison, D. R., & Kanuka, H. (2004). Blended learning: Uncovering its transformative potential in higher education. The internet and higher education, 7(2), 95-105.
Graham, C. R. (2013). Emerging practice and research in blended learning. Handbook of distance education, 3, 333-350.
Harefa, D., & Telaumbanua, T. (2020). Belajar berpikir dan bertindak secara praktis dalam dunia pendidikan: kajian untuk akademis. Insan Cendekia Mandiri.
Hasanudin, C., Supriyanto, R. T., & Pristiwati, R. (2020). Elaborasi model pembelajaran flipped classroom dan google classroom sebagai bentuk self-development siswa mengikuti pembelajaran bahasa indonesia di era adaptasi kebiasaan baru (akb). Intelegensia: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 85-97.
Idris, H. (2018). Pembelajaran model blended learning. Jurnal Ilmiah Iqra', 5(1).
Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-Model Pembelajaran. Fondatia, 4(1), 1-27.
Kristanto, A., & Mariono, A. (2017). The Development of Instructional Materials E-Learning Based on Blended Learning. International Education Studies, 10(7), 10-17.
Lam, J. (2014, August). The context of blended learning: The TIPS blended learning model. In International Conference on Hybrid Learning and Continuing Education (pp. 80-92). Springer, Cham.
Mahsun. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Pendekatan Teks. Kompas Edu. 27 Februari 2013.
Mansyur, A. R. (2020). Dampak covid-19 terhadap dinamika pembelajaran di indonesia. Education and learning journal, 1(2), 113-123.
Mansyur, U. (2016). Inovasi pembelajaran bahasa indonesia melalui pendekatan proses. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 9(2).
Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif, XXIX prints. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Octavia, S. A. (2020). Model-model pembelajaran. Deepublish.
Piaget, J. (2003). Part I: Cognitive Development in Children--Piaget Development and Learning. Journal of research in science teaching, 40.
Prasetyo, R. I., Supraptono, E., & Utami, A. D. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Remedial Berbasis Web pada Materi Rumus dan Fungsi. Dinamika Pendidikan, 6(2).
Rizkiyah, A. (2015). Penerapan blended learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ilmu bangunan di kelas X TGB SMK Negeri 7 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 1(1/JKPTB/15).
Siahaan, M. (2020). Dampak pandemi Covid-19 terhadap dunia pendidikan. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan, 20(2).
Siki, F. (2019). Problematik Strategi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 71-76.
Sjukur, S. B. (2012). Pengaruh blended learning terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa di tingkat SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(3).
Sugiarti, U. (2012). Pentingnya pembinaan kegiatan membaca sebagai implikasi pembelajaran bahasa indonesia. Basastra, 1(1).
Syarif, I. (2012). Pengaruh model blended learning terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa SMK. Jurnal pendidikan vokasi, 2(2).
Tarnopolsky, O. (2012). Constructivist blended learning approach. In Constructivist Blended Learning Approach. De Gruyter Open Poland.
Wakaimbang, H., & Rusminto, N. E. (2016). Kesantunan Berbahasa dalam Grup Facebook dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Kata (Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya), 4(4 Sep).
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2182
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Cecep Wahyu Hoerudin
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.