Humanistic Education and the Concept of "Merdeka Belajar" in Indonesia: A Perspective of the Qur'an
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul, M. R., Rostitawati, T., Podungge, R., & Arif, M. (2020). Pembentukan Akhlak Dalam Memanusiakan Manusia: Perspektif Buya Hamka. PEKERTI, 2(1), 79=99-79=99.
Al-Rasyidin, & Samsul, N. (2005). Filsafat Pendidikan Islam: Pendekatan. Historis, Teoritis, dan Praktis. Ciputat Press.
Aradea, R., & Harapan, E. (2019). Pengaruh Penerapan Teori Belajar Humanistik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kewirausahaan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 90–96. https://doi.org/10.31851/jmksp.v4i1.2479
Aziz, A. R. A. (2016). Konsep Hominisasi dan Humanisasi menurut Driyarkara. Al-A’raf : Jurnal Pemikiran Islam Dan Filsafat, 13(1), 127. https://doi.org/10.22515/ajpif.v13i1.39
Budiningsih, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: . Rineka Cipta.
Jalaluddin. (2003). Teologi Pendidikan. PT. Raja Grafindo Persada.
Juita, D., & M, Y. (2021). The Concept of “Merdeka Belajar” in the Perspective of Humanistic Learning Theory. SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 9(1), 20–30.
Jujun S, & Suriasumantri. (2001). Penelitian Ilmiah, Kefilsafatan, dan Keagamaan; Mencari Paradigma Kebersamaan, Dalam Tradisi Baru Penelitian Agama Islam; Tinjauan Antar Disiplin Ilmu. Yayasan Nuansa Cendekia.
Ma’arif, S. (1991). Pendidikan Islam di Indonesia antara Cita dan Fakta. PT. Tiara Kencana.
Mulkhan, A. M. (2000). Rekonstruksi Pendidikan dan Tradisi Pesantren: Religiusitas IPTEK. Pustaka Pelajar.
Nafiati, D. A. (2015). Dehumanization of Teaching and Learning Activities on Social Science Subject. Dinamika Pendidikan, 10(2), 125–133. https://doi.org/10.15294/dp.v10i2.5098
Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Prenada Media.
Nizar, S. (2002). Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Ciputat Press.
Ramayulis, & Nizar. (2010). Filsafat Pendidikan Islām. Kalam Mulia.
Sahabuddin. (2007). Ensiklopedi Al-Quran: Kajian Kosakata (1st ed.). Lentera Hati.
Saihu, M., & Umar, N. (2021). The Humanization of Early Children Education. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 173–185. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.419
Shibab, M. Q. (n.d.). M. Quraish Shihab, Tafsir Al-Misbah Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Qur‟an, …, volume 12, h. 616. (Vol. 12).
Shihab, M. Q. (n.d.). Tafsir Al Mishbah Jilid 14. Retrieved April 15, 2022, from http://archive.org/details/tafsir-al-mishbah-prof-dr.-m.-quraish-shihab-
Sugiyono. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Tilaar, H. A. R. (2005). Manifesto Pendidikan Nasional, Tinjauan dari Perspektif Postmodernisme dan Studi Kultural. Penerbit Buku Kompas.
Turmuzi, M. (2021). Konsep Pendidikan dan Islam Sebagai Alternatif dalam Memanusiakan Manusia. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan Islam, 19(2), 261–283. https://doi.org/10.35905/alishlah.v19i2.2193
Wahyudi, J. (2006). Nalar Pendidikan Qur’any. Apeiron Philotes.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan Pendidikan Merdeka Belajar (Telaah Metode Pembelajaran). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), Article 1. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/article/view/1121
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2181
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ahmad Mujahid, Mirnawati Mirnawati, Andi Aderus, Firman Firman
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.