KOMITMEN ORGANISASI DAN KINERJA PENDIDIK DALAM DUNIA PENDIDIKAN

Dr. H. Abdullah Syarif SH, MA

Abstract


Kinerja adalah perilaku nyata yang ditampilkan setiap orang sebagai prestasi kerja yang dihasilkan oleh karyawan sesuai dengan perannya dalam perusahaan/organisasi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa kinerja merupakan suatu kondisi yang harus diketahui dan dikonfirmasikan kepada pihak tertentu untuk mengetahui tingkat pencapaian hasil suatu organisasi atau lembaga. Dalam tulisan ini, yang dimaksud dengan organisasi adalah lembaga pendidikan. Sementara, karyawan adalah guru atau dosen. Konsep komitmen organisasi penting bagi karyawan dalam menjalankan tugas sehari-hari di tempat kerja. Bila seorang karyawan memiliki komitmen tinggi terhadap organisasi tentu dia akan menjalankan tugasnya secara profesional, sehingga kualitas karyawan tersebut tercermin dalam perilakunya di tempat kerja. Komitmen merupakan rasa keterikatan dan kesetiaan yang ditujukan oleh seorang karyawan terhadap perusahaan/lembaga. Sementara, kinerja merupakan jawaban dari berhasil atau tidaknya tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Kinerja (prestasi kerja) adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai/karyawan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya. Komitmen guru atau dosen merupakan rasa keterikatan dan kesetian yang ditunjukkan oleh seorang guru atau dosen terhadap institusi pendidikan tempat ia bertugas, sedangkan kinerja adalah jawaban dari berhasil atau tidaknya, baik secara kualitas maupun kuantitas, seorang guru atau dosen terhadap tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh institusi pendidikan kepadanya.
Performance is a tangible behavior that everyone displays as work performance generated by employees in accordance with its role in the company / organization. Thus it can be said that performance is a condition that must be known and confirmed to certain parties to know the level of achievement of an organization or institution. In this paper the author intent with the organization is an educational institution. While the employee is a teacher or lecturer. The concept of organizational commitment is very important for employees in carrying out daily tasks in the workplace. When an employee has a high commitment to the organization of course he will perform their duties professionally, so that the quality of employees is reflected in his behavior in the workplace. Commitment is a sense of attachment and loyalty directed by an employee to a company / institution ". While performance is the answer to the success or failure of organizational goals that have been established. Performance (performance work) is the work of quality and quantity achieved by an employee / employee inperforming tasks in accordance with the responsibilities given to him. The commitment of teachers or lecturers is a sense of attachment and loyalty shown by a teacher or lecturer to the educational institution in which he is in charge, while performance is the answer of the success or failure of both the quality and quantity of a teacher or lecturer to the tasks and responsibilities provided by educational institutions to her.




Keywords


Kinerja pendidik, komitmen karyawan

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ivancevich, et-all. 2008. Organizational Behavior and Management, New York, McGraw-Hill.

John W. Newstrom & Keith Davis. 2007. Organizational Behavior, New York, McGraw-Hill Publishing Company.

Jennifer M. George & Hareth R. Jones. 2005. Understanding and Managing Organizational Behavior, New Jersey, Pearson Prantice Hall.

John Boudreau. 2001. Selecting and Placing Human Resausces Management.

Laurie J. Mullins. 2006. Management and Organizational Behavior, Great Britain, Financial Time Pitmen Publishing Imprint.

Luthans, F,. 2005. Organizational Behavior, New York, McGraw-Hill.

Nurlaila. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia, LepKhair.

Qulquitt, LePine, Wesson. 2009. Organizational Behavior (improving Performance and Commitment in the Workplace, New York, McGraw-Hill.

RM. Steers. 1985. Efektivitas Organisasi, Surabaya, Erlangga.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Dr. H. Abdullah Syarif SH, MA

Attribution-NonCommercial-ShareAlike
CC BY-NC-SA

AL-ISHLAH Journal Indexed by:

Google Scholar