Enhancing Islamic Education: The Role of Madrasah-Based Management in Islamic Boarding Schools
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ansori, M. (2020). Pengaruh metode e-learning edmodo model Terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran PAI (Studi Kasus di SMK Al-Qodiri Jember). Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 18(2), 353–371.
Arif, M. (2013). Manajemen Madrasah Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. In Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman (Vol. 8, Issue 2). Jurnal Pengembangan Ilmu Pengetahuan Islam. https://doi.org/10.21274/epis.2013.8.2.415-438
Athifah, S. N. (2022). Pengelolaan Hubungan Madrasah/Pondok Pesantren dengan Masyarakat dalam Penyelenggaraan Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jmp/article/view/30570
Aziz, A. (2018). Meningkatkan kualitas pendidikan. Dalam Media, 10(2), 1–14.
Badrun, B. (2023). The Leadership Role of Tuan Teachers in Developing Islamic Boarding Schools in Lombok. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(4), 6623–6628.
Bashori, B. (2016). Manajemen konflik di tengah dinamika Pesantren dan Madrasah. In Dalam Warisan Muslim. scholar.uinib.ac.id. https://scholar.uinib.ac.id/id/eprint/663/1/16-Manajemen konflik di tengah dinamika Pondok Pesantren dan Madrasah.pdf
Djumransjah, M. (2006). Filsafat Pendidikan. Bayumedia Publishing.
Farhan, L. P., & Hadisaputra, P. (2021). Manajemen Konflik di Pesantren, Madrasah, dan Perguruan Tinggi Islam di Indonesia: Kajian Literatur. In Dialog (Vol. 44, Issue 1). Dialog. https://jurnaldialog.kemenag.go.id
Fathurrochman, I., Sholeha, F., Dhania, R., & Yanti, Y. F. (2022). Manajemen Madrasah Berbasis Nilai Pesantren Di Mts Alhidayah Muara Telang. E-Amal: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1347–1362.
Haningsih, S. (2008). Peran Strategis Pesantren, Madrasah dan Sekolah Islam di Indonesia. In el-Tarbawi (Vol. 1, Issue 1, pp. 27–39). https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol1.iss1.art3
Karina, C., & Rindaningsih, I. (2023). Literature Review: Peran Penting Perencanaan Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Lembaga Pendidikan Islam. PERISAI: Jurnal Pendidikan Dan Riset Ilmu Sains, 2(1), 48–60.
Khotimah, A. K., & Dodi, L. (2022). Manajemen Integrasi Kurikulum Madrasah dan Pesantren di MTs Hidayatus Sholihin Kediri. Al-Makrifat: Jurnal Kajian Islam, 7(1), 144–169.
Maduningtias, L. (2022). Manajemen Integrasi Kurikulum Pesantren Dan Nasional Untuk Meningkatkan Mutu Lulusan Pesantren. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 323–331.
Marimba, A. D. (1998). Pengantar Filsafat Pendidikan. Al- Ma’arif.
Meleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
Mudyahardjo, R. (2002). Pengantar Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.
Mudzakkir, J., & Mujib, A. (2006). Ilmu Pendidikan Islam. JKencana Prenada Media.
Muhadjir, N. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Andi Ofset.
Muhammad Rouf. (2016). Manajemen Kurikulum Integratif Madrasah-Pesantren. In Al-Hikmah: Jurnal Studi Keislaman (Vol. 6, Issue September, pp. 1–21). http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2809327
Mustofa, M. (2021). Manajemen pendidikan Islam di era myodernization pesantren. Manajemen Islam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.
Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Kencana Prenada Media Group.
Oktaviana, M. S., Haromaini, A., & Halimah, N. (2022). Pengembangan Manajemen Pendidikan Islam Di Pondok Pesantren Babus Salam Karawaci Kota Tangerang. Tarbawi: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 5(1), 78–89.
Ratna, Getteng, M. A. R., & Rusli, M. (2023). Manajemen Berbasis Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Pondok Pesantren Darul Huffadh Tuju- Tuju Kajuara Kabupaten Bone Sulawesi Jurnal el-Idarah, Jurnal Pendidikan Manajemen Islam. Jurnal El-Idarah.
Rusli, R., Amin, N., Nurhaydah, N., & Tang, M. (2021). Manajemen Pendidikan Karakter dalam Meningkatkan Hasil Belajar di SD Negeri BontokamaseKabupaten Gowa. In FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan dan Manajemen Islam (Vol. 14, Issue 02, pp. 1981–1997). Gowa. https://doi.org/10.32806/jf.v14i02.5399
Saihu, M. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah, Madrasah, dan Pesantren. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en
Sirojudin, A. (2019). Manajemen Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. In MODELING: Jurnal Program Studi PGMI (Vol. 6, Issue 2). Jurnal Program Studi PGMI. https://doi.org/10.36835/modeling.v6i2.162
Suwarno. (1984). Pengantar Umum Pendidikan. Aksara Baru.
Wahidah, F. (2023). Manajemen Literasi Kitab Kuning Sebagai Program Kompetensi Unggulan di Madrasah Berbasis Pesantren. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 3(2), 141–151.
Yahya, F. A. (2015). PROBLEM MANAJEMEN PESANTREN, SEKOLAH DAN MADRASAH: Problem Mutu dan Kualitas Input-Proses-Output. In el-Tarbawi (Vol. 8, Issue 1, pp. 93–109). https://doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss1.art6
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i2.5153
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Badrun Badrun
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.