Internalization of Pancasila Student Profile Values based on Digital Citizenship as Preparation for Industry 4.0 and Implementation of Independent Learning Policy
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Appleby, J., Covington, E., Hoyt, D., Latham, M., & Sneider, A. (2020). Max Weber. In Knowledge and Postmodernism in Historical Perspective. https://doi.org/10.4324/9781315022086-36
Aprily, N. M. (2020). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAIYAH SWASTA (MIS) AZ-ZAHRA KOTA BANDUNG. Dialog, 43(1). https://doi.org/10.47655/dialog.v43i1.341
Asrori, M. A. R. (2016). Peran Pendidikan Karakter Melalui Revolusi Mental untuk Membangun Generasi Bangsa. Jurnal Rontal Keilmuan PPKn, Volume 2/N.
Atieka, T. A., & Budiana, I. (2019). Peran Pendidikan Karakter dan Kreativitas Siswa Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Madani : Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora, 2(2). https://doi.org/10.33753/madani.v2i2.76
Azizah, N. S. (2020). Pengaruh literasi keuangan, gaya hidup pada perilaku keuangan pada generasi milenial. Prisma (Platform Riset Mahasiswa Akuntansi), 01(02).
Azzahra, H. A. (2020). Hambatan Pembelajaran Daring Dalam Membangun Karakter Siswa Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 21(1), 33–38. https://doi.org/10.33830/PTJJ.V21I1.1553.2020
Banyu Biru, R. C., Saepudin, A., & Sardin. (2020). Analisis Literasi Digital Terhadap Pembelajaran Mandiri Di Masa Pandemi Covid-19. IJACE Indonesian Journal Of Adult and Community Education, 2(2).
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2017). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches - John W. Creswell, Cheryl N. Poth -. Sage Publications.
Dwi, B., Amelia, A., Hasanah, U., & Putra, A. M. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).
Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2). https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.368
Hendriana, E. C., & Jacobus, A. (2017). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH MELALUI KETELADANAN DAN PEMBIASAAN. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), 1(2). https://doi.org/10.26737/jpdi.v1i2.262
Indarwati, E. (2020). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah. Media Manajemen Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.30738/mmp.v3i2.4438
Jannah, R. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi UNESA. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI, MANAJEMEN DAN KEUANGAN, 3(2).
K.Yin, R. (2003). Applications of case study research. In Applied Social Research Methods Series (Vol. 34).
Kaushik, V., & Walsh, C. A. (2019). Pragmatism as a research paradigm and its implications for Social Work research. Social Sciences, 8(9). https://doi.org/10.3390/socsci8090255
Maharani, R., Islami, M. A. A. Al, Ramli, R. M., Rahman, W. A., & Agnesia, O. S. (2022). Dampak Era Globalisasi di Pendidikan (Pendidik dan Peserta Didik). Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1), 72–85. https://doi.org/10.30998/FJIK.V9I1.10117
Mahardhani, A. J. (2020). Menjadi Warga Negara yang Baik pada Masa Pandemi Covid-19: Persprektif Kenormalan Baru. Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.24269/jpk.v5.n2.2020.pp65-76
Mahardhani, A. J., Rustiya, S. A., & Adiyaksa, W. (2021). STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SDN 1 WAGIRLOR KABUPATEN PONOROGO. JURNAL NALAR PENDIDIKAN, 9(2), 108–113. https://doi.org/10.26858/jnp.v9i2.23934
Mahardhani, A. J., Wulansari, B. Y., & Ruhardi, R. (2022). Penguatan Pembelajaran Berwawasan Kebangsaan Melalui Metode Insersi Untuk Guru PAUD Di Kabupaten Wonogiri. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 5(1), 61–66. https://doi.org/10.33330/JURDIMAS.V5I1.1208
Muhamad Abdul Roziq Asrori. (2019). Pembinaan karakter anak pada masyarakat perumahan di pinggiran kota. In Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan (Vol. 16).
Muslichah, M., Mahardhani, A. J., Azzahra, A. F. N., Safitri, D. E. C., Hardiansyah, H., Amala, I. A., & Nabila, S. N. (2021). Pemanfaatan Video Pembelajaran dengan Mengintegrasikan Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembelajaran Jarak Jauh pada Program Kampus Mengajar di SD Negeri Jatimulyo 02 Kota Malang. Jurnal Kiprah, 9(2), 90–99. https://doi.org/10.31629/KIPRAH.V9I2.3516
Nastiti, F., & Abdu, A. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061
Nuriyati, T., & Chanifudin, C. (2020). Pendidik Millenial di Era Globalisasi. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 1(3), 361–372. https://doi.org/10.46963/ASATIZA.V1I3.118
Pahleviannur, M. R., Grave, A. D., Saputra, D. N., Mardianto, D., & Mahardhani, A. J. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka.
Parker, S. T. (1979). : Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes . L. S. Vygotsky. American Anthropologist, 81(4). https://doi.org/10.1525/aa.1979.81.4.02a00580
Permana, A. (2015). Gejala Alienasi Dalam Masyarakat Konsumeristik. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 1(2). https://doi.org/10.22146/jps.v1i2.23449
Pujiasih, E. (2020). MEMBANGUN GENERASI EMAS DENGAN VARIASI PEMBELAJARAN ONLINE DI MASA PANDEMI COVID-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.136
Rahmi, R. (2020). INOVASI PEMBELAJARAN DI MASA PANDEMI COVID-19. AL-TARBIYAH: Jurnal Pendidikan (The Educational Journal), 30(2). https://doi.org/10.24235/ath.v30i2.6852
Rispantyo, A. T. S. &. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN SEBAGAI INOVASI PENGEMBANGAN DI ERA MEDIA DIGITAL DAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Global Citizen : Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1). https://doi.org/10.33061/jgz.v7i1.3059
Robby, I. S. K., Abdilah, D., & Faiz, A. (2022). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA PANDEMI COVID-19: PROSES PEMBELAJARAN DAN HAMBATAN. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 10(1), 234–239. https://doi.org/10.37081/ED.V10I1.3366
Sari, N. K., & Puspita, L. D. (2019). IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR. JURNAL DIKDAS BANTARA, 2(1). https://doi.org/10.32585/jdb.v2i1.182
Sciulli, D. (2015). Parsons, Talcott (1902-79). In International Encyclopedia of the Social & Behavioral Sciences: Second Edition. https://doi.org/10.1016/B978-0-08-097086-8.61103-0
Sofiasyari, I., Atmaja, H., & Suhandini, P. (2019). Pentingnya Pendidikan Karakter pada Siswa Sekolah Dasar di Era. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS), 2(1).
Sumarti, E., Jazeri, M., Manggiasih, N. P., Masithoh, D., Agama, I., Negeri, I., & Tulungagung, I. (2020). Penanaman Dinamika Literasi pada Era 4.0. Pendidikan, 4(April).
Tammu, Y., & Awaru, A. O. T. (2020). PERILAKU ALIENASI DI SMP NEGERI 6 MAKALE. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, (1). https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i1.14324
Tobi, H., & Kampen, J. K. (2018). Research design: the methodology for interdisciplinary research framework. Quality and Quantity, 52(3). https://doi.org/10.1007/s11135-017-0513-8
Ulum, M. (2022). Optimalisasi Peran Orang Tua/Wali dalam Pendidikan Karakter Siswa pada Masa Pandemi Cobid-19. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 156–170. https://doi.org/10.51878/LEARNING.V2I2.1230
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2020). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1). https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.626
Yuliastuti, Y., & Sari, W. F. (2022). Peran Orang Tua Dan Guru Kelas Dalam Pembentukan Karakter Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Kelas V SD Negeri 11 Sintuk Toboh Gadang Kab. Padangpariaman. Ensiklopedia of Journal, 4(2), 43–47. https://doi.org/10.33559/EOJ.V4I2.1020
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.2871
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Ardhana Januar Mahardhani, Muhamad Abdul Roziq Asrori
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.