Analysis of the Implementation of Strengthening Character Education Through Pesantren Ramadan
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, A., Kristiawan, M., & Fitriani, Y. (2021). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 2063–2069.
Amalia, L. (2019). implementasi program pesantren kilat dalam mengembangkan kompetensi keagamaan (studi kasus kelas x di smk pgri 2 ponorogo). IAIN Ponorogo.
Amelia, J. (2021). PERAN KETELADANAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SMP NEGERI 07 LUBUK LINGGAU. UIN Fatmawati Sukarno.
Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2), 63–74.
Aulia, L. R. (2016). Implementasi nilai religius dalam pendidikan karakter bagi peserta didik di Sekolah Dasar Juara Yogyakarta. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 5(3), 314–323.
Bararah, I. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 469–482.
Bates, A. (2019). Character education and the ‘priority of recognition.’ Cambridge Journal of Education, 49(6), 695–710. https://doi.org/10.1080/0305764X.2019.1590529
Fajrussalam, H. (2020). Inovasi Pembelajaran Pesantren Ramadhan dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. EduTeach: Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 1–10.
Ghufron, M. N., & Rini Risnawita, S. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Handayani, S. (2020). IMPLEMENTASI PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA SEKOLAH DI SMP NEGERI 9 PALEMBANG. UIN RADEN FATAH PALEMBANG.
Harris, T., Darmawan, A., & Tjahjono, E. (2020). Strengthening Character Education(PPK)Policy Through Five School Days in Gresik Regency (Study on Implementing of Strengthening Character Education(PPK) Middle School Policy). Public Policy and Administration Research, 10(1). https://doi.org/10.7176/PPAR/10-1-04
Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 157. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i2.367
Jumain, J. (2015). Model Pendidikan Di Pesantren Rakyat Al-Amin Sumberpucung Malang. J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2).
Mahaly, S., Ellis, R., & Tuasikal, J. S. M. (2022). Pelaksanaan Pesantren Ramadhan bagi Peserta Didik SMP Al-Hilaal Yainuelo Bersama Prodi Bimbingan Konseling FKIP UNPATTI. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(2), 76–79.
Marpuah, M. (2014). Manajemen Konflik Keagamaan: Kearifan Lokal Dalam Upaya Resolusi Konflik Keagamaan di Sumatera Barat. Turast: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 2(1), 35–52.
Mujahidin, E. (2005). Pesantren Kilat Alternatif Pendidikan di luar Sekolah. Jakarta: Pustaka Al-Kautsar.
Mujahidin, E. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Spiritual Berbasis Pesantren Kilat (Studi Pengembangan Model Pembelajaran Pesantren Kilat yang Inovatif dan Efektif untuk Siswa Sekolah Lanjutan Tingkat Atas). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 1(02).
Muslich, M. (2011). Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.
Nufus, K. Z. H. (2019). Program Pesantren Kilat Bagi Siswa Dalam Membentuk Karakter Religius di SMK Wikrama 1 Jepara. IAIN Kudus.
Nurhasan, M. S., & Fahri, M. (2019). Staregi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa di SMP Negeri 14 Bogor. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 4(2), 537–542.
Nurrahman, A., & Irawan, A. (2020). Analisis Tingkat Karakter Religius Siswa Sekolah Menengah Pertama. Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 12(2), 171–190.
Penyusun, T. (2015). Pedoman Kegiatan Pemberdayaan Keagamaan Peserta Didik SD melalui Pesantren Kilat. Jakarta: Kementerian Agama.
Samani, M., & Hariyanto. (2011). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sarima, S., Asrori, H. M., & Wicaksono, L. (2021). ANALISIS INTEGRITAS DIRI PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 14 P0NTIANAK TAHUN 2020. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(8).
Sarmidi. (2021). Strengthening Character Education in Distance Learning in The Era of Pandemic Covid-19. Proceedings of the 1st International Conference on Character Education (ICCE 2020). Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210204.035
Stevenson, B. (2017). Children’s independence: a conceptual argument for connecting the conduct of everyday life and learning in Finland. Children’s Geographies, 15(4), 439–451. https://doi.org/10.1080/14733285.2016.1271942
Suprio, A. B., Hanurawan, F., & Sutarno, S. (2020). Keterampilan Sosial Siswa Sekolah Dasar Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 121–126.
Suryanti, E. W., & Widayanti, F. D. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Religius. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH), 1(1), 254–262.
Susilo, F., & Ramadan, Z. H. (2021). Analisis Pendidikan Karakter Melalui Budaya Sekolah di Kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1919–1929.
Sutiah. (2018). Model Penyelenggaraan Pesantren Kilat. Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur.
Tafsir, A. (2010). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wibowo, A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Yulian, D. R. R., Hawanti, S., & Wijayanti, O. (2018). Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) Berbasis Kelas melalui Manajemen Kelas di Sekolah Dasar. Jurnal Tematik, 9(2), 109–114.
Zaini, H., & Putri, H. P. (2020). The Students’ Religion Attitude: Study of Pesantren Ramadhan for Senior High School in Padang City. Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 120–132.
DOI: https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i4.2463
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Ahmad Muflih, Achmad Daengs GS, Dawam Multazamy Rohmatulloh, Padjrin Padjrin
Al-Ishlah Jurnal Pendidikan Abstracted/Indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.